5 Makanan Penambah ASI Untuk Ibu Hamil

Nesiaverse.com – Agar tubuh tetap sehat dan ASI untuk ibu tetap terjaga, kamu membutuhkan makanan penambah ASI untuk ibu hamil yang bisa memberikan asupan nutrisi yang tepat selama masa kehamilan.

Menjelang kelahiran, ibu hamil harus segera menyiapkan air susu untuk buah hati ketika saat lahir tiba, umumnya ibu hamil akan memproduksi ASI sejak kehamilan menginjak 6 bulan.

Nah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memperlancar proses IMD (inisiasi menyusui dini) adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat memperlancar ASI.

Advertisment

Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa deretan makanan penambah ASI untuk ibu hamil yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Makanan Penambah ASI Untuk Ibu Hamil

Advertisment

Kebutuhan nutrisi makanan untuk ibu hamil harus segera dipenuhi sebelum bayi akan dilahirkan, sehingga perkembangan ASI nantinya akan optimal.

Untuk menambah ASI untuk ibu hamil membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat, kalsium, protein asam folat dan zat besi yang bisa ditemui pada makanan penambah ASI untuk ibu hamil berikut ini.

Sayuran Hijau

Kamu dianjurkan mengkonsumsi sayuran hijau. Hal ini dikarenakan sayuran hijau dianggap mampu merangsang peningkatan kualitas dari ASI.

Sayuran hijau mampu mendukung produksi kualitas ASI, misalnya sayur bayam karena memiliki kandungan vitamin A serta asam folat yang baik bagi kamu yangs edang menyusui. 

Mengkonsumsi Biji Fenugreek

Kamu dapat mengkonsumsi biji fenugreek yang diyakini merupakan salah satu booster bagi ASI secara alami. Tanaman satu ini dikenal karena kelabat yang umum tumbuh di Mediterania.

Selain itu biji fenugreek juga sudah banyak ditemukan di Indonesia, sehingga kamu dapat mengkonsumsinya untuk meningkatkan kualitas ASI bagi si kecil. 

Mengonsumsi Buah

Makanan yang sehat akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh, salah satunya buah-buahan. Makanan yang dapat meningkatkan kualitas ASI adalah buah.

Hal ini dikarenakan buah memiliki kandungan mineral serta vitamin yang tinggi. Selain baik dan mampu meningkatkan sistem imunitas ibu, mengkonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan kualitas ASI juga. 

Mengkonsumsi Telur

Kamu membutuhkan protein untuk melancarkan proses produksi ASI, salah satu sumber protein yang baik untuk mendukung proses produksi ASI adalah telur.

Kamu dapat mengonsumsi telur untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari ASI bagi si kecil. Sehingga kebutuhan si kecil terpenuhi, dari segi nutrisi sehingga dapat mendukung tumbuh kembang anak dengan baik. 

Bawang Putih

Siapa sangka jika mengkonsumsi bawang putih dapat mendukung kualitas ASI menjadi lebih baik lagi. Mengkonsumsi bawang putih saat menyusui terbilang aman.

Hal ini dikarenakan bawang putih sendiri merupakan salah satu rempah yang sehat bagi tubuh. Selain itu bawang putih memiliki mata untuk membuat ASI menjadi lebih berkualitas. Maka, kamu layak mencoba mengkonsumsi bawang juga.

 Demikian diatas merupakan deretan makanan penambah ASI untuk ibu hamil yang bisa membantu dalam mengoptimalkan produksi ASI dalam masa kehamilan, sehingga jika si bayi sudah lahir, asupan ASI untuk si bayi akan optimal.

asiibu hamilmakanan penambah asi