5 Makanan Manusia Yang Boleh Dimakan Kucing

Nesiaverse.com – Apa saja makanan manusia yang boleh dimakan kucing? Bagus dan sehat untuk si kucing makan. Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait makanan manusia apa saja yang boleh dimakan si kucing.

Pada dasarnya makanan kucing dan manusia tidak begitu jauh berbeda, hanya saja prosesnya dan cara pengolahannya beda. Namun, bahan dasarnya sama seperti daging-dagingan dan campuran lainnya. Banyak produk makanan kucing yang menggunakan bahan dasar daging.

Biasanya produk makanan kucing diolah menjadi beberapa jenis seperti Dry food (makanan keringnya) dan Wet food (makanan basahnya). Begitupun dengan cemilannya banyak diproduksi dan banyak sekali macamnya serta tersedia dengan berbagai varian rasanya.

Advertisment

Selain itu kucing juga bisa memakan makanan manusia juga, lho! Lalu apa saja dong makanan manusia yang boleh dimakan kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi mengenai hal tersebut. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Makanan Manusia Yang Boleh Dimakan Kucing

Advertisment

Sebelum itu perlu untuk kamu ketahui terlebih dahulu mengenai makanan manusia apa saja yang tidak boleh dimakan si kucing, jadi tidak boleh sembarangan memberikannya walaupun makanan itu sangat bergizi dan bagus untuk manusia, tapi tidak dengan kucing.

Makanan yang biasa kamu makan seperti tempe, nasi, keju, coklat, serta makanan yang mengandung penyedap rasa ternyata tidak boleh kamu kasih ke kucing, lho! Memang makanan tersebut sangat bagus untuk kesehatan manusia, namun untuk kucing malah sebaliknya.

Termasuk nasi, walaupun nasi menjadi sumber karbohidrat yang bagus untuk manusia, berbeda dengan kucing. Kucing lebih membutuhkan sumber protein dibanding karbohidrat, jadi jika kamu beri makan kucing dengan nasi tidak akan mempengaruhi pertumbuhannya.

Malahan jika diberikan terus menerus hanya akan membuatnya muntah-muntah hingga diare. Nah, jika kamu ingin memberinya makanan yang biasa kamu makan dan boleh juga untuk diberikan pada si kucing, berikut adalah daftar makanan manusia yang boleh dimakan kucing:

Daging Lokal

Daging lokal seperti daging ayam, sapi, dan kambing ternyata boleh diberikan untuk kucing. Selain kucing juga hewan karnivora, daging adalah sumber makanannya dengan protein yang tinggi serta serat yang bagus untuk pertumbuhannya.

Hanya saja bisa kamu berikan jika proses pengolahannya tidak dengan menggunakan penyedap rasa atau bumbu-bumbu yang biasa dijadikan penyedap rasa ketika kamu makan. Karena tidak bagus dan tidak dianjurkan untuk kucing kamu makan.

Ikan Laut atau Ikan Tawar

Kucing dikenal karena menyukai ikan, baik itu ikan air laut maupun ikan air tawar. Ikan sangat bagus untuk si kucing makan karena mengandung banyak protein dan taurin yang dibutuhkan si kucing. Sama halnya dengan ikan air tawar juga boleh kamu beri seperti ikan mujair.

Produk makanan kucing pun banyak menggunakan bahan utama seperti ikan tuna, salmon, mackerel, ikan kembung, dan ikan laut lainnya, dengan menggunakan ikan yang masih fresh dan segar.

Telur

Telur memiliki banyak protein yang bagus untuk si kucing, hanya saja jangan terlalu sering juga memberikannya. Cukup hanya sesekali juga, karena mau bagaimanapun telur tidak bisa dijadikan makanan utamanya walaupun sama-sama mengandung protein.

Selain itu kamu juga tidak boleh memberikan telur mentah atau setengah matang kepada si kucing. Hindari juga mengolah telur dengan cara digoreng menggunakan minyak, karena tidak sehat untuk si kucing, cukup direbus saja.

Sayuran

Walaupun kucing ini merupakan hewan karnivora atau pemakan daging, ternyata ada juga beberapa sayuran yang boleh kamu berikan kepada si kucing. Selain itu banyak juga produk makanan kucing yang menggunakan bahan tambahan sayuran. Berikut sayuran yang boleh kamu beri, diantaranya:

  1. Bayam, bisa memberikan vitamin dan mineral yang cukup kepada si kucing, tapi hanya diberikan dalam jumlah yang rendah saja jangan terlalu banyak.
  2. Brokoli, memiliki serat yang dapat membantu kucing buang air besar secara teratur dan meredakan sakit perut.
  3. Wortel, menjadi sumber vitamin serta mineral yang baik serta sumber vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata si kucing.

Buah-Buahan

Memang sangat jarang kucing memakan buah, karena kucing sendiri termasuk hewan karnivora. Namun, ada beberapa buah yang boleh kamu berikan pada si kucing, diantaranya adalah:

  1. Pisang, merupakan buah yang mengandung banyak kalium dan serat larut yang bagus untuk kucing, hanya saja boleh diberikan dalam jumlah yang rendah.
  2. Jagung, biasanya sering diolah menjadi tepung jagung sebagai bahan tambahan dalam produk makanan kucing. Selain itu jagung juga boleh kamu berikan kepada kucing karena mengandung protein, vitamin, mineral dan serat.
  3. Labu, merupakan salah satu buah yang boleh dimakan si kucing untuk membantu dikala kucing kamu sedang mengalami diare serta bijinya pun boleh kamu berikan sebagai obat untuk pencernaan si kucing.

Namun, perlu diingat untuk memberikannya dalam jumlah yang sedikit jangan berlebihan dan terlalu sering. Apalagi dijadikan sumber utama makanannya, karena kucing lebih membutuhkan asupan makanan dari daging-dagingan.

Itulah beberapa makanan manusia yang boleh dimakan kucing, perlu untuk kamu ketahui agar tidak sembarangan memberinya makanan manusia apa saja. Dengan mengetahui hal itu kamu bisa tau makanan apa saja yang boleh kamu berikan pada si kucing yang biasa kamu makan.

Pastikan untuk tidak memberikan kucing makanan mentah yang belum diolah sama sekali seperti daging dan ikan mentah. Selain itu hindari juga memberinya makanan siap saji yang menggunakan banyak penyedap rasa yang biasa kamu makan. Good Luck semoga membantu.

kucingmakanan kucing