Makanan Kering Kucing Tahan Berapa Lama?

Nesiaverse.com – Makanan kering kucing tahan berapa lama? Bisanya jenis dry food untuk kucing bisa bertahan berapa lama? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait makanan kering untuk kucing bisa tahan berapa lama.

Sebagai makhluk hidup tentunya membutuhkan asupan makanan untuk menjaga tubuh mereka tetap sehat dan berenergi, begitupun untuk kucing. Kucing merupakan hewan karnivora yang memakan daging-dagingan sebagai sumber utama makanannya, biasanya kucing suka berburu.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan zaman yang sudah modern seperti sekarang sudah banyak menyediakan serta memproduksi jenis-jenis makanan untuk semua makhluk hidup, termasuk untuk kucing dan salah satunya adalah produk makanan kering atau dry food.

Advertisment

Lalu kalau begitu makanan kering kucing tahan berapa lama? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang dry food atau makanan kering kucing bisa tahan berapa lama untuk dikonsumsi atau disimpan. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Makanan Kering Kucing Tahan Berapa Lama?

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu untuk kamu ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu makanan kering kucing dan apa saja manfaat atau keunggulannya untuk kucing. Penting untuk mengetahui hal itu, agar kamu pahami dengan baik terkait seputar jenis makanan kucing.

Dry food atau makanan kering merupakan jenis makanan padat dengan tekstur yang kering untuk kucing. Biasanya makanan kering ini dibuat dengan berbagai macam bentuk yang unik dan lucu, supaya menarik perhatian si kucing yang memakannya agar lebih menyenangkan.

Biasanya dry food ini bisa disimpan selama 6-3 tahun lamanya. Namun, jika sudah dibuka kemasan makanan tersebut ketahanannya akan berubah, jadi kamu harus pastikan dry food kucing tersebut untuk dihabiskan dalam 6 minggu atau bahkan bisa lebih dari 2 bulan lamanya.

Dengan ketentuan kamu menyimpan makanan kering tersebut di wadah yang rapat dan tidak disimpan ditempat yang basah serta pastikan simpan dilemari bersih, sejuk, dan kering. Jadi harus menyimpannya dengan benar kalo pengen lebih tahan lama produk makanan keringnya.

Bahkan jika produk makanannya sudah melewati batas tanggal, masih bisa dimakan lho! Hanya saja mungkin nantinya makanan tersebut tidak seefektif pada awalnya. Nutrisi dan gizinya akan semakin berkurang juga. Selain itu ada batasan toleransinya jika sudah expired.

Hal itu masih ditoleransi jika memang dry food kucing tersebut masih terlihat layak dimakan, biasanya batas toleransi untuk makanan kucing yang sudah lewat tanggal selama makanannya masih tetap bagus, tidak berjamur dan bau busuk, masih aman-aman saja dimakan kucing.

Tapi ingat juga ya, jangan dengan sengaja memberikan makanan yang sudah kadaluarsa. Mungkin jika kamu sesekali kelupaan masih bisa ditoleransi serta kalau makanan kering tersebut disimpan dengan baik sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada makanannya.

Selain itu dry food atau makanan kering kucing mempunyai keunggulannya tersendiri, lho! Selain tahan lebih lama daripada wet food, dry food juga memiliki banyak manfaat untuk kucing. Nah, berikut ada beberapa manfaatnya, diantaranya adalah:

  1. Membantu anak kucing berlatih mengunyah, seiring bertambahnya usia anak kucing pastinya akan mulai tumbuh gigi dan taring, untuk melatih kekuatan gigi mereka serta mengajari mengunyah makanan kering agar anak kucing ini bisa terbiasa dengan hal itu.
  2. Sumber energi untuk kucing karena makanan kering ini cukup padat, sehingga kandungan nutrisinya lebih banyak. Cocok untuk kucing kamu yang mempunyai masalah kekurangan berat badan atau nutrisi supaya si kucing bisa kembali ideal berat badannya,
  3. Bagus untuk kesehatan gigi kucing yang memiliki banyak plak atau karang di giginya, sehingga dengan sering mengunyah makanan kering akan membantu membersihkannya.
  4. Lebih praktis dan cukup tahan lama karena dry food bukan tipe makanan basah yang cenderung cepat basi, jadi tidak mudah berjamur dan tahan lama untuk dikonsumsi.
  5. Memenuhi kebutuhan nutrisi si kucing dengan kandungan gizi dan nutrisi seimbang.

Itulah beberapa penjelasan tentang makanan kering bisa tahan berapa lama, yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya tidak lagi sembarangan memberikan kucing makanan yang sudah kadaluarsa karena alasan masih fresh, masih bagus, atau masih wangi tidak bau apapun.

Pentingnya untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa di setiap kemasan makanan kucing yang selalu kamu beli, baik dry food ataupun wet food untuk menghindari terjadinya masalah dalam pemberian makan yang kadaluarsa kepada kucing nantinya. Good Luck semoga membantu.

kucingmakanan kucing