8 Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih

Nesiaverse.com – Makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih dianggap menjadi mitos di kalangan calon ibu. Selain itu masih banyak ibu yang mengharapkan melahirkan bayi yang sehat dengan kondisi terbaik, salah satunya memiliki kulit yang putih bersih. 

Namun, apakah makanan mempengaruhi kulit dari bayi ini adalah benar mitos dan kalian mengenai jenis makanan ibu hamil agar berkulit putih ini berdasarkan ilmu pengetahuan atau tidak. Karena beberapa kalangan percaya, bahwa apa jenis makanan yang dapat membantu bayi berkulit putih.

Banyak ibu hamil yang menginginkan anaknya lahir cantik dan ganteng, dimana salah satu kriterianya adalah memiliki kulit yang putih dan bersih. Namun, apakah benar makanan ini dapat mempengaruhi kulit bayi yang akan lahir? Simaklah ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Advertisment

Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih

Advertisment

Makanan ibu hamil dapat mempengaruhi agar bayi berkulit putih? Apakah hal ini mitos dan bagaimana menurut pandangan ilmu pengetahuan?

Menurut dokter dari North Miami Beach, Florida Dr, Naheed Ali, dirinya menjelaskan bahwa makanan ibu hamil yang dapat mengubah kulit bayi menjadi putih ini merupakan mitos belaka. Korean kulit bayi sendiri ditentukan oleh faktor genetik, bukan sumber makanan.

Tidak ada cara yang terbukti bisa mengubah warna kulit bayi satu membuatnya menjadi putih. Karena warna kulit bayi sendiri ditentukan oleh faktor genetika kedua orang tua. Sehingga tidak dapat diubah melalui pola makan ataupun cara lainnya. Hal ini dijelaskan oleh Ali, yang mana dilansir dari Mom junction

“Setiap upaya yang dilakukan dapat berpotensi mengundang bahaya bagi kesehatan ibu dan bayinya ” lanjutnya. Meskipun begitu, ada beberapa jenis makanan untuk ibu hamil yang dipercaya dapat membuat kulit bayi menjadi putih. 

Sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya kamu melakukan konsultasi terhadap ahlinya atau dokter. Berikut beberapa jenis makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih yang dipercaya oleh masyarakat hingga hari ini. 

Air Kelapa

Di posisi pertama, makanan untuk ibu hamil yang dipercaya dapat membuat kulit bayi berwarna putih ini adalah air kelapa. Air kelapa ini dapat dikonsumsi selama masa kehamilan, memiliki kandungan elektrolit dan asam amino yang bertindak untuk antioksidan bagi tubuh. 

Memiliki kandungan elektrolit di dalamnya inilah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menjaga tekanan darah selama masa kehamilan. Konsumsi air kelapa juga dapat membantu untuk mengatasi permasalahan sembelit. 

Dengan mengkonsumsi air kelapa selama masa kehamilan, dipercaya mampu membuat kulit bayi menjadi putih dan bersih. Namun, sejauh ini belum ada studi maupun uji yang dapat membuktikan astia dari air kelapa terhadap kulit bayi, apakah ini hanya mitos atau fakta. 

Buah Alpukat

Berikutnya makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih yang dipercaya masyarakat berasal dari jenis buah-buahan, yaitu alpukat. Buah satu ini dipercaya mampu membantu memutihkan kulit bayi, namun sejauh ini belum ditemukan penelitian yang dapat membuktikannya. 

Namun, buah alpukat sendiri dapat dikonsumsi selama masa kehamilan, karena kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E. Dimana kedua vitamin ini termasuk golongan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan.

Selain itu, buah alpukat juga kaya akan kandungan yang mampu menjaga sistem imun sekaligus membantu produksi dari kolagen. Sehingga secara tidak langsung buah satu ini memang baik untuk menjaga kesehatan kulit ibu ketika hamil. 

Buah Jeruk

Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C dan termasuk bahan penting untuk membantu menjaga kesehatan kulit ibu selama masa kehamilan. Namun bukan bagi kulit bayi dan memutihkannya, meskipun begitu banyak yang mempercayai bahwa buah ini dapat memutihkan bayi. 

Buah jeruk dinilai memiliki kontribusi dalam membuat kulit bayi menjadi putih, namun selama belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan manfaatnya maka hal ini masih kotor. Namun, banyak yang mengkonsumsinya karena penilaian tersebut. 

Jeruk sendiri buah yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan, karena memiliki kandungan 90% air yang dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan didalam tubuh. 

Kacang Almond

Dilansir dari Live Science, kacang almond termasuk salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan serat, kalsium,vitamin E, riboflavin serta niasin jika dibandingkan jenis kacang pada umumnya. Dalam beberapa studi atau penelitian bahkan menunjukkan bahwa kacang almond ini merupakan cemilan yang baik untuk jantung.

Kacang almond ini bisa menjadi camilan terbaik karena dapat menjaga kesehatan jantung bahkan selama masa kehamilan. Dengan mengkonsumsi kacang almond selama masa kehamilan sendiri belum memiliki bukti dapat mendukung dan membuat kulit bayi putih.

Namun, kacang almond bisa digunakan sebagai pengganti scrub wajah, karena fungsinya untuk membuang sel-sel kulit mati yang menempel di kulit. Maka, dengan menggunakan masker kacang almond maka wajah akan glowing. 

Tomat

Tomat terdiri dari 95% air dan 5% karbohidrat beserta dengan serat, buah satu ini memiliki keuangan mikronutrien di dalamnya. Yang mana kandungan mikronutrien ini diperlukan selama masa kehamilan. 

Dengan mengonsumsi tomat ketiak hamil, tentunya dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kulit ibu hamil. Kandungan likopen dari buah satu ini ternyata dapat melindungi kulit dari sinar matahari. 

Hingga sejauh ini, memang belum ada penelitian yang membuktikan jika mengonsumsi tomat ketika hamil berpengaruh dan mendukung kulit bayi menjadi putih, bahkan sejak dalam kandungan ibu. 

Bengkuang

Bengkoang memiliki kandungan vitamin E, vitamin C dan vitamin B6, selain itu terdapat tiamin, riboflavin, kalsium, fosfor, zinc, kalium dan asam pantotenat di dalamnya. Bengkuang dipercaya sebagai salah satu jenis makanan yang dapat membuat kulit bayi menjadi putih. 

Bengkuang ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit ibu selama masa kehamilannya. Namun, belum ada bukti ilmiah jika bengkuang ini dapat membuat kulit bayi menjadi putih. Di Indonesia, bengkuang telah banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan, misalnya masker, pelembab dan and body. 

Putih Telur 

Selanjutnya makanan ibu hamil yang dipercaya dapat membantu agar bayi berkulit putih adalah putih telur. Dikutip dari Healthline, putih telur merupakan makanan rendah kalori dan tinggi protein. Putih telur memiliki 90% kandungan air dan 10% protein. 

Putih telur sendiri seringkali dijadikan masker wajah, guna menjaga kesehatan kulit. Ibu dapat menggunakan masker ini untuk merawat kulit agar kencang, namun bukan untuk membuat kulit bayi menjadi putih. 

Konsumsilah putih telur ketika sedang hamil, merupakan suatu hal yang aman. Namun, kamu tetap harus memperhatikan porsi dari konsumsi putih telur satu ini, harus matang sehingga terhindar dari kontaminasi bakterinya. 

Buah Beri

Buah beri merupakan salah satu jenis buah yang kaya antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas. Buah satu ini dipercaya dapat membantu membuat kulit bayi menjadi putih. Memiliki kandungan air. karbohidrat dan vitamin C serta serat membuat buah beri kaya akan manfaat. 

Namun, sama dengan jenis makanan sebelumnya, bahwa buah beri ini tidak dapat mengubah kulit bayi menjadi putih. Namun, kandungan antioksidan dari buah beri memang dikenal sebagai fenolik yang baik untuk kesehatan kulit, khususnya dalam hal ini untuk ibu hamil. 

Demikian ulasan mengenai beberapa jenis makanan ibu hamil yang dipercaya dapat membantu agar bayi berkulit putih. 

Maka, kesimpulannya hal tersebut masih menjadi mitos, karena belum ada studi atau bukti ilmiah terkait jenis makanan yang menentukan warna kulit bayi, karena itu didasari oleh faktor genetik.

ibu hamilmakanan ibu hamil