15 Makanan dan Minuman Untuk Sakit Tenggorokan

Nesiaverse.com – Penyakit sakit tenggorokan mungkin salah satu penyakit biasa tetapi jika kita mengalami sakit tenggorokan jika tidak langsung diobati pastinya akan sangat mengganggu, untuk itu jika kamu sedang mengalaminya maka ada beberapa makanan dan minuman untuk sakit tenggorokan yang perlu kamu ketahui.

Pada saat mengalami sakit tenggorokan mungkin pada saat akan makan yang umumnya akan membuat menelan menjadi terasa sakit, namun bukan berarti kamu menahan diri tidak makan terus-meneru karena tubuh yang membutuhkan asupan nutrisi setiap saatnya dan solusinya yaitu kamu dapat memilih makanan dengan baik dan benar.

Terdapat beberapa makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi pada saat mengalami sakit tenggorokan dan bahkan bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit, atau mungkin bahkan bisa mempercepat untuk proses pemulihan.

Advertisment

Pada dasarnya radang tenggorokan atau sakit tenggorokan ini yang akan menyiksa dan membuat berbagai aktivitas terganggu apalagi dalam menelan berbagai makanan yang akan terasa tidak nyaman, sulit dan sakit, sehingga dengan begitu kamu perlu mengetahui beberapa makanan dan minuman untuk sakit tenggorokan di bawah ini.

Makanan dan Minuman Untuk Sakit Tenggorokan

Advertisment

Sakit tenggorokan yang bisa terjadi yang paling umum yaitu bagian dari respon kekebalan tubuh yang terhadap dengan infeksi virus atau bakteri, dan respon kekebalan tubuh alami ini yang bisa menyebabkan pembengkakan dan peradangan di selaput lendir tenggorokan.

Sebenarnya perlu kamu ketahui jika tidak ada makanan yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan, tetapi mungkin dengan beberapa makanan dibawah ini yang dapat membantu meredakan iritasi dan juga pembengkakan pada tenggorokan dan bahkan bisa mempercepat penyembuhannya.

Dimana secara umum untuk makanan yang bisa dikonsumsi oleh para penderita sakit tenggorokan yaitu dengan memakan makanan  yang bernutrisi, memiliki tekstur yang lembut dan juga memiliki efek yang menenangkan, adapun makanan untuk sakit tenggorokan yaitu sebagai berikut.

Air Putih

Untuk para penderita sakit tenggorokan yang selalu dianjurkan untuk sering minum air putih dengan minum air putih yang bisa membantu dalam penyembuhannya, dimana hidrasi tubuh yang baik yang bisa membantu untuk proses penyembuhan peradangan dan pastikan perhari minum air putih sebanyak 8 gelas.

Sup Ayam

Makanan untuk sakit tenggorokan yaitu ada sup ayam yang hangat, dimana dalam sup ayam yang terdapat nutrisi yang akan memberikan sensasi yang nyaman pada tenggorokan, selain itu juga untuk sup yang berisikan ayam dan sayuran yang mampu untuk mengurangi gejala sakit tenggorokan dengan memiliki sifat anti inflamasi untuk membantu membersihkan saluran udara.

Sayuran

Selanjutnya makanan untuk sakit tenggorokan yaitu sayuran yang dimasak sampai teksturnya menjadi lunak dan lembut yang akan membantu kamu untuk mengurangi nyeri pada saat menelan, dimana beberapa sayuran yang bisa kamu konsumsi yaitu ada kentang, brokoli, wortel dan juga yang lainnya dan sayuran ini yang menjadi pilihan makanan pada saat kamu sedang sakit tenggorokan.

Pisang

Buah pisang menjadi salah satu makanan untuk sakit tenggorokan yang bisa kamu konsumsi dimana buah pisang ini yang memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat nyaman di tenggorokan dan menyehatkan, dan kamu bisa menjadikan buah pisang sebagai cemilan atau bisa juga dibuat jus.

Buah pisang yang mempunyai nutrisi yang bermanfaatkan untuk tubuh dimana kandungan nutrisi dari buah pisang ini yaitu diantaranya ada karbohidrat, kalsium, vitamin C, tembaga dan juga yang lainnya yang sangat baik dikonsumsi untuk para penderita sakit tenggorokan.

Jus Kunyit

Minuman untuk sakit tenggorokan yaitu ada yang dari rempah-rempah yaitu Jus Kunyit yang bisa digunakan sebagai campuran dengan teh atau herbal yang berbasis susu, dimana kunyit ini yang dipercaya bisa membantu untuk meredakan sakit tenggorokan karena di dalam kunyit yang mempunyai sifat penyembuhan, antiinflamasi dan jug antiseptik.

Kentang Tumbuk

Makanan untuk sakit tenggorokan yaitu ada kentang tumbuk dimana kulit kentang yang mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin C, magnesium dan juga antioksidan yang mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, untuk mengkonsumsi kentang tumbuk ini yang pastikan terlebih dahulu mendinginkannya hal ini untuk menghindari iritasi atau sakit tenggorokan yang berlanjut.

Jus Delima

Buah delima yang di dalam terdapat nutrisi yang bisa membantu untuk menurunkan infeksi dan juga mengurangi peradangan di tenggorokan, jus delima bisa menjadi salah satu minuman untuk sakit tenggorokan yang bisa kamu konsumsi karena buah delima yang mengandung antioksidan polifenol yang bisa melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas serta melindungi sel di tubuh dari kerusakan.

Madu

Masu merupakan salah satu pemanis alami dan menjadi makanan untuk sakit tenggorokan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu dalam melawan infeksi dan juga membantu mempercepat penyembuhan luka di tenggorokan, kamu bisa dengan mencampurkan madu dengan minuman teh atau sebagai pemanis dalam makanan namun perlu kamu ketahui untuk anak-anak di bawah 12 bulan yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

Telur Orak-Arik

Telur orak-arik yang cocok dikonsumsi oleh penderita sakit tenggorokan dan kamu bisa sarapan dengan telur orak-arik karena memiliki tekstur yang lembut sehingga nyaman di tenggorokan, yang dimana telur yang memiliki sumber protein yang baik dan untuk memperbaiki jaringan pada tubuh.

Camilan Beku

Makanan untuk sakit tenggorokan selanjutnya ada camilan beku seperti es loli dan juga sorbet yang menggunakan bahan dasar buah, di mana makanan tersebut ternyata yang baik dikonsumsi oleh penderita sakit tenggorokan yang akan membantu untuk meredakan nyeri dari akibat peradangan.

Kamu bisa dengan memilih cemilan beku dengan berbahan dasar alami dan juga segar seperti buah dan pastikan tidak mengkonsumsi cemilan dengan memiliki bahan pemanis buatan, kamu juga bisa dengan membuatnya sendiri dengan mudah di rumah agar lebih sehat dan juga higienis.

Jeli

Jeli merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh orang-orang karena memiliki tekstur yang mudah ditelan dan juga mengandung gelatin dengan sumber protein yang sangat baik sehingga cocok dikonsumsi untuk para penderita sakit tenggorokan, tetapi pastikan selalu memilih jeli yang memiliki kandungan gula yang sedikit agar aman dikonsumsi untuk penderita diabetes dan untuk memastikan jeli rendah gula maka kamu bisa dengan membuatnya sendiri dirumah.

Yoghurt dan Smoothies

Makanan untuk sakit tenggorokan selanjutnya kamu bisa dengan mengkonsumsi yoghurt dan juga smoothies yang mempunyai tekstur yang lembut sehingga sangat baik dikonsumsi untuk para penderita sakit tenggorokan, dimana kedua makanan ini yang bisa membantu dalam menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam tubuh dan juga bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada saat menelan makanan.

Teh Hangat

Dengan meminum teh hangat yang mampu untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan akan terasa menjadi lebih nyaman, dimana jika berkumur menggunakan larutan teh hijau yang bisa meredakan sakit tenggorokan setelah melakukan operasi karena teh hijau yang mempunyai sifat anti inflamasi yang akan membantu dalam menurunkan peradangan.

Teh Akar Marshmallow

Minuman untuk sakit tenggorokan selanjutnya ada Teh Akar Marshmallow atau Althea officinalis yang memiliki kandungan zat seperti lendir yang mampu untuk melapisi dan juga meredakan sakit tenggorokan, dimana untuk memanfaatkan akar marshmallow ini kamu bisa dengan menambahkan sedikit akar kering marshmallow ke dalam cangkir yang berisi air mendidih dan menjadi seduhan.

Minuman Jahe

Terakhir ada jahe yang merupakan rempah-rempah yang bisa menjadi salah satu minuman untuk sakit tenggorokan yang bisa kamu konsumsi dengan diolah dalam berbagai bentuk seperti teh atau yang lainnya, walaupun jahe ini yang memiliki  rasa yang pedas namun bisa membantu untuk mengatasi sakit tenggorokan hal ini karena jahe yang mempunyai sifat anti inflamasi yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan juga rasa nyeri.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan dan minuman untuk sakit tenggorokan yang bisa kamu konsumsi dan mampu untuk menyembuhkan dan meredakan sakit tenggorokan yang sedang dialami, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

makanan untuk sakit tenggorokanminuman untuk sakit tenggorokansakit tenggorokan