Makanan Burung Unta di Alam Liar

Nesiaverse.com – Setiap satwa atau hewan pastinya memiliki makanan kesukaannya masing-masing termasuk juga burung unta,  lalu apa saja makanan burung unta? Untuk mengetahuinya bisa simak ulasan dibawah ini.

Umumnya burung yang kita kenal sebagai satwa dengan memiliki kemampuan terbang, namun berbeda dengan burung unta mereka termasuk jenis unggas pelari walaupun mereka memiliki sayap namun tidak bisa terbang.

Burung unta yang berasal dari padang sabana gurun Afrika Utara dengan memiliki postur badan yang tinggi dengan ukurannya bisa mencapai 8 kaki atau setara dengan 2,5 meter, dengan berat sekitar 100 hingga 156 kilogram.

Advertisment

Bagian kelapa dan leher burung unta tidak berbulu sedangkan tubuhnya memiliki bulu yang lebat, bagian leher yang panjang menjadi hewan yang satu ini lebih mudah untuk melihat posisi musuh sehingga dapat menghindar dengan secepat mungkin.

Dinamakan burung unta dikarenakan memiliki leher yang panjang seperti halnya hewan unta maka dari itu antara bagian kepala serta besar tubuh sangat berbeda jauh, burung unta ini termasuk burung terbesar masih hidup hingga sekarang ini.

Advertisment

Walaupun burung unta tidak bisa terbang tetapi burung yang satu ini memiliki ciri khas dari gerakannya yaitu berlari, bahkan burung tersebut bisa dikatakan satu-satunya jenis burung hebat saat berlari.

Karena burung unta memiliki ukuran tubuh yang sangat besar sehingga burung unta tersebut yang dapat dijadikan sebagai hewan tunggangan, serta digunakan dalam perlombaan pacuan burung unta di Arab Saudi dan Afrika Utara.

Burung unta biasanya bereproduksi dengan cara bertelur dan ukuran telurnya sekitar 15 cm, hal yang paling menarik dari burung unta yaitu pengeraman telur burung unta dilakukan oleh indukan betina di siang hari dan dilakukan oleh indukan jantan di malam harinya.

Selain itu juga burung unta termasuk jenis hewan bertubuh besar yang menyukai air tetapi mereka bisa bertahan hidup cukup lama tanpa menyentuh air, untuk kamu yang penasaran dengan makanan burung unta maka bisa simak penjelasan dibawah ini.

Makanan Burung Unta

Burung unta yang bisa dengan mudah dijumpai di kawasan Afrika Tengah dan Afrika Selatan terutama pada daerah padang rumput atau savana, sekarang ini jumlah populasi burung unta tidak terlalu banyak dan persebaran paling banyak dapat dijumpai hampir di seluruh daratan Afrika.

Untuk makanan burung unta sendiri dimana burung unta ini yang termasuk ke dalam jenis hewan omnivora memakan berbagai macam bahan makanan seperti dedaunan, akar, biji-bijian, bunga, serangga, kadal, mamalia kecil dan juga reptil.

Singa, cheetah dan hyena merupakan predator utama burung unta, namun untuk di Indonesia burung unta yang berbadan besar ini biasanya akan diberi makan berupa kacang-kacangan atau dedak.

Terdapat lima spesies ostrich hidup di Afrika Timur, Tengah dan Selatan, variasi dari burung unta yang akan menentukan warna dan juga ukurannya, didalam satu kawasan burung jantan akan lebih dominan hal ini karena ditunjukan karakteristik jantan akan mengiringi betina dan anak-anaknya.

Dimana telah ditemukan cangkang telur burung unta berupa artefak dari Afrika Selatan dijadikan sebagai hiasan dan juga tempat minum, sehingga ini menandakan bahwa manusia sudah mengenal burung unta sejak 60 ribu tahun silam.

Pada zaman romawi kuno burung unta tersebut merupakan makanan para bangsawan sedangkan untuk bulu burung unta yang digunakan untuk aneka macam hiasan, perburuan burung unta yang terus berlanjut sampai abad ke 19 sehingga membuat burung unta hampir punah.

Pada abad 19 yang mulai melakukan budidaya burung unta pertama kali di Afrika Selatan bertujuan untuk menjaga kelestariannya, dimana peternak yang menangkap anakan burung unta di alam liar yang kemudian anakan burung unta di besarkan dan di panen bulunya setiap 7-8 bulan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan makanan burung unta dan juga fakta unik lainnya dengan burung unta bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

burung untamakanan burung unta