Makanan Burung Jalak Bali

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tahu dan tidak asing dengan burung jalak bali terutama untuk para pecinta burung, namun tidak banyak orang juga yang belum tahu dengan makanan untuk burung jalak bali dan untuk mengetahuinya bisa simak ulasan dibawah ini.

Dimana tepatnya pada saat Hari Konservasi Alam Nasional yang telah melepas liarkan ratusan burung jalak bali ke habitat aslinya di Kawasan Taman Nasional Bali Barat, aktivitas ini menjadi upaya dalam pemulihan burung jalak bali atau curik bali.

Burung jalak bali atau memiliki nama latin Leucopsar rothschildi merupakan salah satu jenis burung hias yang berasal dari Bali, burung jalak bali ini memiliki ciri khasnya yaitu berwarna putih kecuali di bagian ujung ekor dan juga sayapnya yang berwarna hitam.

Advertisment

Sedangkan di bagian pipi burung jalak bali ini yang tidak terdapat bulu, berwarna biru cerah dan kakinya berwarna keabu-abuan, untuk burung jalak bali jantan maupun betina yang sama-sama mempunyai jambul agar bisa membedakannya yang bisa dilihat dari jambul milik jalak bali jantan yang lebih tegak dibanding betina.

Dimana Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya yang menyebutkan bahwa pemulihan populasi jalak bali di Taman Nasional Bali Barat yang sudah terdapat sebanyak 452 ekor per April 2022, untuk proses pemulihan populasi jalak bali yang harus terus menerus diupayakan terlebih lagi burung jalak bali ini termasuk ke dalam jenis satwa dilindungi.

Advertisment

Nah untuk kamu yang penasaran dengan apa saja makanan jalak bali, maka untuk mengatasinya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Makanan Burung Jalak Bali

Burung jalak bali ini yang memiliki salah satu karakter yang unik yaitu periang dan jenis burung jalak bali ini yang biasanya suka berkicau dan juga lincah bermain, oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memelihara jenis burung yang satu ini.

Dengan hal ini juga yang menyebabkan populasi burung jalak bali yang menjadi merosot atau semakin sedikit dan bahkan hampir punah, untuk posisi burung jalak bali dalam rantai makanan yang tergolong sebagai predator.

Burung jalak bali yang merupakan hewan omnivora yang memakan satwa yang lainnya seperti ulat dan juga bagian tumbuhan lain seperti nektar, selain itu untuk beberapa jenis makanan burung jalak bali lainnya ada jangkrik, pisang kepok, kroto dan yang lainnya.

Untuk jenis burung jalak bali ini yang bereproduksi secara monogai alias berkembangbiak hanya dengan satu pasangan dan mereka tergolong burung yang setia, jalak bali yang pada umumnya akan kawin di musim hujan.

Dimana jenis burung jalak bali jantan ini yang akan menarik perhatian burung jalak bali betina yang mereka suka dengan cara menganggukan kepalanya sembari dengan berkicau, jika sudah demikian burung jalak bali jantan yang akan menghampiri betina tersebut dan jambulnya yang akan menjadi mekar.

Jika burung jalak bali betina yang tertarik juga maka ia akan menggantikan dengan posisi yang berhadapan, jika sudah kawan maka dua sejoli tersebut yang akan membuat sarang dan mereka yang termasuk pasangan menjaga privasi.

Bahkan tidak hanya itu saja burung jalak bali jantan juga yang tidak akan segan untuk mengusir siapa saja yang mengganggu teritorinya, hal ini karena di sana yang terdapat pasangan dan juga anak-anaknya.

Jenis burung jalak bali selain setia namun mereka juga terkenal kompak dalam membesarkan anak-anaknya, mereka yang akan saling bekerja sama untuk membuat sarang dan bergantian pada saat mencari makan serta mengerami telur-telurnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan makanan jalak bali yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

burung jalak balimakanan burung jalak bali