Apakah Makan Apel Sebelum Tidur Bikin Gemuk?

Nesiaverse.com – Ada yang bertanya mengenai apakah makan buah Apel sebelum tidur bikin gemuk? Untuk mengetahui hal tersebut kamu bisa dengan mencoba menyimak ulasan di bawah ini agar lebih memahaminya.

Buah Apel yang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki warna kulitnya yang merah jika sudah matang, dengan memiliki daging yang termasuk ke dalam golongan pome yaitu anggota keluarga rosaceae.

Dimana untuk bagian-bagian buah tersebut yang terdiri dalam kulit (pericarp) hati (core), daging buah (mesokarp), biji dan juga rongga biji (endocarp), buah Apel juga yang ternyata dapat memberikan dampak yang baik untuk tubuh yang dimulai dari dagingnya hingga kulitnya.

Advertisment

Dengan mengkonsumsi buah Apel ini secara rutin yang akan merasakan jika tubuh menjadi lebih sehat, hal ini dikarenakan buah Apel yang kaya akan kandungan antioksidan, serat makan dan juga flavonoid di dalamnya yang akan membantu dalam mengurangi risiko terjadinya diabetes, kanker dan bahkan hingga jantung.

Namun apakah dengan makan buah Apel pada malam hari atau sebelum tidur yang dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk, untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah.

Advertisment

Apakah Makan Apel Sebelum Tidur Bikin Gemuk?

Terdapat banyak faktor yang menentukan jika makan Apel sebelum tidur bikin gemuk? Sebenarnya hal ini bisa saja terjadi jika makan buah Apel dalam porsi yang banyak, tetapi hal ini yang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi buah Apel yang bisa menyebabkan berat badan menjadi meningkat.

Untuk menghindari peningkatan berat badan maka kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Apel sebelum tidur dengan porsi kecil atau tidak berlebihan yang dapat menyebabkan asupan kalori yang berlebih, dimana dengan mengkonsumsi buah Apel sebelum tidur yang dimana semestinya tidak akan menjadi gemuk.

Sekarang ini masih belum ada studi yang khusus meninjau efek dari mengkonsumsi buah sebelum tidur pada malam hari, karena pada dasarnya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bisa mempengaruhi berat badan menurun.

Dimana sudah banyak yang mengkonsumsi banyak buah dan juga sayuran secara rutin yang cenderung tidak mengalami gemuk atau penambahan berat badan, malah justru berat badannya yang menjadi berkurang selain menurunkan berat badan juga dapat menurunkan risiko terjadinya obesitas sampai 17% dan juga bisa merasa kenyang lebih lama.

Mengkonsumsi Buah Apel Pada Malam Hari

Secara umum pada malam hari atau sebelum tidur dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang ternyata bisa mengganggu siklus tidur seseorang sehingga tidak nyenyak, tetapi jika mengkonsumsi buah pada malam hari yang akan cenderung tidak akan mengganggu tidur jika dibandingkan dengan memakan makanan yang lainnya dengan tinggi kalori.

Untuk makanan yang tinggi kalori diantaranya yang sering digunakan sebagai cemilan sebelum tidur yaitu ada puding, keik, keripik kentang, atau makanan olahan yaitu seperti sosis, susu kental manis, dan juga keju, dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori yang akan membuat kamu menjadi sulit untuk tidur hal ini karena menstimulasi kerja dalam sistem pencernaan.

Dimana nantinya pencernaan yang akan menjadi lebih aktif dalam memecahkan makanan didalam tubuh sehingga dengan begitu akan membuat tubuh masih siaga dan menjadi sulit masuk ke dalam fase tidur atau istirahat, tetapi untuk buah yang cenderung rendah kalori atau tidak tinggi kalori sehingga dengan mengkonsumsi buah sebelum tidur yang tidak akan terlalu berpengaruh dengan kerja sistem pencernaan.

Sehingga dengan mengkonsumsi buah Apel sebelum tidur yang boleh-boleh saja namun kamu juga perlu untuk menjaga posisinya tetap kecil jangan sampai berlebihan, hal ini bertujuan untuk menghindari lonjakan gula darah dan juga kelebihan kalori.

Manfaat Makan Buah Apel Sebelum Tidur

Dengan mengkonsumsi buah Apel pada malam hari sebelum tidur yang ternyata dapat memberikan manfaatnya yang baik untuk tubuh, untuk itu berikut beberapa manfaat dari makan buah Apel sebelum tidur yaitu sebagai berikut.

Menangkal Radikal Bebas

Buah Apel yang mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan untuk memerangi atau menangkal radikal bebas didalam tubuh, dimana penelitian yang menunjukan jika peradangan dan juga stres oksidatif yang bisa membahayakan durasi tidur sehingga dengan mengkonsumsi buah Apel sebelum tidur yang sangat baik untuk tubuh

Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Apel yang merupakan salah satu sumber serat yang baik dengan mengandung karbohidrat dengan GI yang rendah sehingga dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang minimal, hal ini yang dapat membantu untuk menurunkan gangguan insomnia dengan mengkonsumsi buah Apel yang akan membantu mengatasi masalah tidur sehingga tidur menjadi nyenyak.

Menimbulkan Rasa Kantuk

Dengan makan buah Apel sebelum tidur pada malam hari yang akan membantu menimbulkan rasa kantuk sehingga mudah tidur dengan nyenyak, dimana otak memproduksi melatonin yang secara alami pada saat hari yang mulai gelap dan hal ini yang akan membantu untuk merilekskan tubuh serta menimbulkan rasa kantuk yang menjadi persiapan untuk tidur malam.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai apakah makan buah Apel sebelum tidur bikin gemuk? Dimana hal ini tidak akan membuat badan menjadi gemuk jika mengkonsumsinya dengan porsi yang kecil tidak berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

apelapel bikin gemuk