Madu Berbusa Amankah Dimakan?

Nesiaverse.com – Seringkali ketika membeli sarang madu dan ternyata madunya berbusa. Madu berbusa amankah dimakan? Memang saat melihatnya membuat kita jadi enggan untuk memakannya, karena takutnya madu tersebut palsu atau ada campuran zat kimia berbahaya.

Sehingga membuat tampilan madu tersebut terlihat berbusa, tidak enak dipandang apalagi dimakan. Penting sekali untuk kamu ketahui seperti apa tampilan madu asli dan palsu, karena dari itu kita dapat memastikan apakah madu tersebut murni bukan sintetis atau buatan.

Begitupun dengan adanya ciri-ciri madu berbusa, bisa saja itu juga menandakan keaslian atau kepalsuan madu. Sebab madu yang palsu biasanya dicampur dengan glukosa atau gula tambahan yang dapat membahayakan tubuh kamu jika terlalu sering dikonsumsi setiap hari.

Advertisment

Lalu kalau begitu madu berbusa amankah dimakan? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait madu yang berbusa secara menyeluruh, apakah aman dikonsumsi atau malah sebaliknya. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Madu Berbusa Amankah Dimakan?

Advertisment

Madu merupakan bahan alami yang memiliki rasa manis dengan tekstur kental yang dihasilkan oleh lebah dari nektar atau sari-sari bunga dan tumbuhan lainnya. Bukan sekedar cairan manis, tetapi madu juga mempunyai banyak manfaatnya teruntuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Kandungan yang terdapat pada madu pun sangat beragam, diperkaya akan mineral dan mengandung 7 vitamin B kompleks di dalamnya. Madu juga memiliki beberapa zat penyusun, yaitu glukosa, fruktosa, sukrosa, dan beberapa enzim seperti diastase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase, dan lipase, dimana enzim tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Enzim diastase merupakan enzim yang dihasilkan oleh lebah pada saat pematangan madu, dan enzim ini juga yang menentukan pola gula pada madu karena berperan dalam mengkonversi polisakarida menjadi monosakarida, serta sebagai indikator dalam penilaian kualitas madu.

Semakin bagus kualitas madu, khasiat dan manfaatnya pun akan semakin efektif kita dapatkan. Nah, perlu untuk kamu ketahui seperti apa ciri-ciri madu murni dan madu yang palsu, supaya tidak salah dalam memilih produk madu. Berikut adalah perbedaan cirinya, yaitu:

  • Madu asli lebih kental dan tidak mudah menetes
  • Tidak lengket dibandingkan madu yang palsu terasa lebih lengket
  • Memiliki aroma khas nektar bunga, tidak berbau manis seperti gula
  • Tidak mudah larut dalam air, dibandingkan madu palsu cenderung larut dalam air
  • Tidak berbuih saat dipanaskan, kalau madu palsu cenderung berbusa

Mungkin ada beberapa orang yang masih keliru dan beranggapan kalau madu berbusa itu menandakan sudah basi dan tidak layak dimakan atau dikonsumsi. Namun, faktanya madu murni atau asli tidak bisa basi serta tidak memiliki tanggal kadaluarsa, jika disimpan dengan baik. Hanya saja jika memang disimpan terlalu lama, khasiat kandungannya tidak lagi sama.

Sebenarnya ada beberapa pendapat mengatakan, jika cara penyimpanan madu salah dan jadi berbusa bahkan berair itu menandakan sifat antimikrobanya telah hilang, sebaiknya dibuang dan tidak untuk dimakan. Adapun pendapat lain mengatakan kalau madu berbusa itu dikarenakan gas yang terkandung di dalamnya masih terdapat enzim diastase, menandakan bahwa madu tersebut asli.

Enzim diastase menciptakan gas dan busa pada madu murni, karena enzim tersebut akan aktif dalam keadaan tertentu seperti terguncang atau disimpan di tempat tertutup dan akhirnya gelembung atau busa tersebut meletup-letup. Biasanya enzim diastase terdapat pada madu mentah atau murni yang masih belum di proses apalagi di tambahkan bahan-bahan lainnya.

Jadi jangan heran atau khawatir saat membuka produk madu tiba-tiba ada busa meletup-letup, hal itu menandakan ciri khasnya madu murni atau raw honey yang tidak melalui proses pasteurisasi setelah panen dan tentu saja boleh dimakan. Beda lagi kalau madu yang sudah menjalani proses penyaringan atau pasteurisasi tidak mengeluarkan gas.

Itulah beberapa penjelasan mengenai madu berbusa amankah dimakan atau dikonsumsi. Mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya tidak lagi salah mengartikan madu berbusa yang tidak layak dikonsumsi dan menandakan kalau kualitas madi tersebut sangat buruk atau palsu.

Pentingnya untuk membeli madu di toko atau penjual yang terpercaya, supaya mendapatkan madu murni berkualitas. Takutnya kalau beli di sembarangan tempat sudah di campur-campur bahan lainnya yang membuat keaslian madu tersebut hilang. Good Luck semoga membantu.

madumadu berbusa