6 Penyebab Maaf Untuk Sementara ATM Tidak Dapat Memproses Transaksi Ini

Nesiaverse.com- Pernahkan kamu menerima notifikasi “Maaf untuk sementara ATM tidak dapat memproses transaksi ini” dan apakah penyebab munculnya?

Tulisan keterangan tersebut pastinya pernah kamu lihat ketika hendak melakukan transaksi seperti menarik uang secara tunai. Nah, tulisan ATM tidak dapat memproses transaksi ini memiliki beberapa faktor penyebab. 

Sehingga bagi kamu yang baru pertama kali melihat keterangan atau notifikasi Maaf ATM tidak dapat memproses transaksi tidak perlu panik. Namun, kamu harus menyimak artikel kami hingga selsia, sehingga dapat membuka wawasan kamu terkait keterangan atau notifikasi tersebut. 

Advertisment

Dengan begitu kedapnnya, kamu dapat mengetahui kenapa keterangan atau notifikasi tersebut muncul dan bagaimana cara untuk tetap melakukan transaksi tersebut. 

Penyebab Maaf Untuk Sementara ATM Tidak Dapat Memproses Transaksi Ini

Advertisment

Maaf sementara ATM tidak dapat memproses transaksi umumnya keterang ini terjadi ketika kamu tidak di debet karena sistem bank tidak melakukan proses pendebetan, untuk transaksi dengan status gagal. 

Namun, hal ini bisa juga terjadi karena nasabah melakukan penarikan tunai, namun uang tidak keluar dari mesin tetapi dana nasabah di rekening sudah terdebet, atau saat nasabah melakukan transfer dana sudah di debet, namun saat dicek kepada penerima dana belum masuk ke rekening tujuan. 

Kegagalan dalam transaksi sendiri dikategorikan menjadi 2, bisa karena kegagalan pada sistem dan kegagalan non-sistem juga. 

Kegagalan pada sistem, misalnya adalah ketika proses transaksi koneksi Bank terputus, sehingga akan gagal melanjutkan proses ke ATM bersama. 

Sementara kegagalan non-sistem umumnya terjadi karena faktor pelanggan atau nasabah,seperti kesalahan dalam input PIN atm saldo yang tidak mencukupi, biasanya ada keterangan tersebut. 

Jika hal tersebut terjadi, maka apa yang harus dilakukan oleh nasabah? Tentunya untuk menyampaikan laporan terkait kegagalan transaksi kepada bank penerbit kartu. 

Saat lapor, nasabah seharusnya menyiapkan buku tabungan, kartu identitas, kartu ATM serta informasi pendukung mengenai transaksi yang gagal tersebut. 

Setelah kamu menyampaikan laporan, maka kamu cukup menunggu sesuai SLA masing-masing bank untuk menyelesaikan permasalahan kegagalan dalam bertransaksi tersebut. 

Transaksi yang tidak dapat diproses oleh mesin ATM BCA/BRI/BNI/BTN/Mandiri lainnya terjadi ketika menarik uang dan melakukan transaksi ke bank lainnya.

Selain itu, fasilitas ini pasti didapatkan nasabah setelah membuka rekening tabungan atau ATM di bank-bank tersebut. Karena ada fasilitas ini, maka nantinya nasabah dapat melakukan aktivitas transaksi di mesin ATM mulai dari tarik tunai, setor tunai, pembayaran tagihan dan lainnya.

Nah, langsung saja, berikut penyebab munculnya keterangan Maaf untuk semenyara ATM tidak dapat memproses transaksi ini. 

“Maaf Untuk Sementara ATM Tidak Dapat Memproses Transaksi Ini” Karna Saldo Kurang

Penyebab paling umum munculnya keterangan maaf untuk sementara ATM tidak dapat memproses transaksi ini adalah karena saldo kamu yang kurang. 

Ketika saldo kamu tidak mencukupi dalam rekening, hal ini penyebab yang sering terjadi. Sehingga kamu harus memastikan terlebih dahulu terkait jumlah saldo, khususnya untuk melakukan transaksi tarik tunai. 

Kamu dapat melakukan pemeriksaan saldo melalui mesin ATM, aplikasi perbankan, ataupun internet banking sebelum mencobanya lagi. 

Namun, jika kondisinya saldo kamu masih banyak dan melebihi nominal penarikan atau transaksi, maka penyebabnya bukanlah hal satu ini. 

Salah Memasukan PIN

Selanjutnya, jika kamu salah memasukan PIN tau Personal Identification Number, bahkan lebih dari 3 kali berturut-turut, makalah ini akan menyebabkan kartu ATM kamu terblokir. 

Nah, jika hal tersebut terjadi, maka kamu harus menghubungi bagian layanan pelanggan bank yang kamu gunakan, atau segera mengunjungi cabang bank untuk membuka kembali kartu ATM yang diblokir, dan mengatur ulang PIN.

Kartu Kadaluarsa

Kamu harus memastikan membawa kartu ATM yang masih berlaku masa aktifnya, karena kartu ATM yang kadaluarsa tidak akan berfungsi di mesin ATM. 

Jika kartu ATM kamu telah kadaluarsa, maka kamu perlu menghubungi pihak bank guna mendapatkan kartu penggantinya. 

Kartu Terblokir

Sama seperti bank lainnya yang mana dapat memblokir atau mencabut kartu ATM kamu, jika ada aktivitas yang mencurigakan atau terjadi pada rekening kamu. 

Kesalahan dalam memasukan PIN menjadi salah satu pemicu dimana kartu ATM kamu tidak berfungsi. Kemudian akan muncul keterangan maaf untuk semnetara ATM tidak dapat memeproses transaksi ini. 

Maka, kamu harus menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengunjungi kantor cabang atau melakukan verifikasi melalui customer service. 

Gangguan Jaringan atau Koneksi

Koneksi dan jaringan yang buruk atau adanya gangguan pada jaringan bank dapat menyebabkan kegagalan dalam proses transaksi di mesin ATM. Kemudian muncul keterangan maaf untuk sementara ATM tidak dapat memproses transaksi ini. 

Maka, kamu dianjurkan untuk mencoba lagi beberapa saat. Namun, jika kamu mengalami kegagalan secara terus menerus, maka kamu dapat mencoba ke ATM lainnya. 

“Maaf Untuk Sementara ATM Tidak Dapat Memproses Transaksi Ini” Karna Kerusakan Pada Chip ATM

Terakhir, kemungkinan penyebab munculnya ketrangan maaf untuk smenetara ATM tidak dapat memproses trnaski ini adalah karena adanya kerusakan pada chip ATM. 

Kerusakan pada chip ini bisa karena kotor atau karena penyimpanan yang tidak tepat. Hal ini juga dapat menyebabkan kamu tidak bisa melakukan transaksi atau tarik tunai di ATM. 

Jika kamu mengalami kendala dan mengetahui faktor penyebabnya diatas, maka akan mudah bagi kamu untuk melakukan langkah selanjutnya dan cara untuk mengatasinya. 

Karena jika kamu tidak dapat melakukan transaksi tentunya akan menghambat aktivitas keuangan atau transaksi yang kamu perlukan. 

Nah, untuk kasus ATM yang tidak dapat mengeluarkan uang untuk sementara, umumnya tidak akan mengurangi saldo para nasabah. 

Jikalau rekening kurang terbaca sebagai transaksi, umumnya akan dua transaksi langsung yaitu debit dan kredit sebesar dengan nominal penarikan uang yang gagal.

Oleh karena itu, untuk memastikan jika ATM tidak dapat mengeluarkan uang dan saldo kamu tidak berkurang, maka dianjurkan untuk melakukan pengecekan saldo di ATM kamu tersebut. 

Nah, kamu dianjurkan untuk melakukan cek saldo ini melalui mesin ATM maupun menggunakan aplikasi mobile banking yang kamu gunakan. 

Salah satu tanda mesin ATM kehabisan uang juga anaya tulisan atau keterangan tidak dapat mengeluarkan uang untuk semenatra. 

Hal itulah kenapa ATM Mandiri, BCA, BNI, BRI, BTN, BSI dan lainnya tidak dapat menarik tunai pada saldo yang ada. 

Nah, jika ATM tidak dapat digunakan, maka kamu dapat mencoba cair ATM terdekat lainnya. Sehingga dapat melakukan transaksi keuangan atau penarikan tunai lainnya. 

Jika kamu mengalami permasalah secara terus menerus ketika mencoba melakukan transaksi tarik tunai dari ATM , maka sangat penting untuk menghubungi langsung layanan pelanggan bank. 

Karena nantinya mereka akan memberikan bantuan lebih lanjut dan memeriksa rekening kamu, guna memastikan semuanya dalam kondisi baik dan aman.

Demikian pembahasan mengenai beberapa faktor penyebab munculnya keterangan atau notifikasi Maaf sementara ATM tidak dapat memproses transaksi ini. 

Dengan begitu kamu tidak akan panik atau khawatir lagi setelah mengetahui faktor penyebabnya, kemudian di lain waktu kamu bisa lebih waspada dan berhati-hati lagi. 

atm