Lebih Baik Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga?

Nesiaverse.com – Kegiatan olahraga harus diseimbangi dengan nutrisi yang baik, namun masih banyak yang bingung lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga? pertanyaan dan dilema tersebut memang terjadi secara umum. Bagi kamu yang tidak mengetahuinya alangkah baiknya menyimak dan mengikuti artikel kami berikut ini.

Mengingat nutrisi merupakan suatu hal yang penting dan sangat berkaitan ketika kamu berolahraga, Meskipun begitu semua kembali pada preferensi setiap orang masing-masing. Nah, jika kamu ingin mengetahui manakah yang lebih baik antara makan sebelum atau sesudah olahraga, kamu bisa menyimak pembahasan lengkapnya dalam artikel kami berikut ini. 

Lebih Baik Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga?

Advertisment

Jika kamu sedang menjalani program diet mana yang lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga? mengingat olahraga sendiri merupakan suatu hal yang penting untuk kamu lakukan ketika tengah menjalani diet. Namun, tentunya kamu membutuhkan nutrisi yang mana kamu harus mengetahui waktu ideal untuk makan, sebelum atau sesudah olahraga. 

Advertisment

Makan Sebelum Berolahraga

Di Belgia sebuah riset dilakukan dimana meneliti perubahan berat badan orang yang makan sebelum olahraga, yang mana menghasilkan kesimpulan bahwa apa yang kamu makan sebelum olahraga sangatlah memiliki pengaruh terhadap berat badan kamu. karena mengkonsumsi makanan sebelum olahraga sendiri mampu mengganggu sistem pencernaan, diantaranya membuat sakit perut. 

Maka, bisa disimpulkan bahwa makan sebelum berolahraga sendiri bukanlah waktu ideal atau waktu yang tepat untuk kamu lakukan. sementara ketika kamu memilih makan setelah olahraga maka kamu mampu memaksimalkan pembakaran kalori loh. 

Makan Setelah Berolahraga

Banyak yang berpikir bahwa olahraga dengan perut kosong mampu melakukan pembakaran kalori dan lemak pada tubuh dengan baik,namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena jika olahraga dalam perut kosong kamu akan mengalami kekurangan energi atau lemas.Karena nantinya kamu tidak bisa berolahraga dengan baik juga. 

Ketika kamu berolahraga dengan perut kosong dan tidak berenergi maka proses pembakaran lemak atau kalori tubuh sendiri tidak akan bekerja dengan baik. Tubuh sendiri membutuhkan waktu untuk melakukan pencernaan makanan. Meskipun begitu, makan setelah olahraga justru dianjurkan.

Karena waktu pembakaran kalori akan jauh lebih baik lagi, dimana kamu dianjurkan makan setelah olahraga yaitu 15 hingga 30 menit setelah melakukan olahraga. Waktu tersebut merupakan waktu ideal untuk mengganti energi tubuh yang sebelumnya di bakar dan digunakan dalam tubuh. 

Nutrisi dan Gizi Makanan Saat Berolahraga

Pastikan kamu mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat yang mengganti glikogen dalam tubuh. Selain itu makanan dengan sumber protein yang mampu membangun massa otot perlu kamu perhatikan juga. Sebuah riset di The Colorado State University Extension bahkan mengklaim bahwa makan yang baik adalah yang dilakukan setelah melakukan olahraga. 

Dimana makanan yang dikonsumsi sendiri terdiri dari karbohidrat dan sedikit lemak dalam protein. Maka, kini kamu bisa menentukan waktu ideal makan setelah berolahraga dengan porsi dan gizi yang disesuaikan. Dengan begitu nantinya olahraga kamu akan bekerja dan berfungsi dengan baik. 

Karena bagaimanapun nutrisi dibutuhkan dalam tubuh, semua zat dan gizi diperlukan guna mempertahankan fungsi tubuh. Maka, alangkah baiknya mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan yang akan mempengaruhi peningkatan serta penurunan berat badan. Atau sekedar mempertahankan berat badan sendiri.

Kamu juga bisa memanfaatkan kalkulator kebutuhan kalori yang mampu membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan kalori harian yang didasarkan pada berat badan hingga tinggi badan kamu. Nah, itulah pembahasan mengenai waktu ideal untuk makan ketika kamu melakukan olahraga. Semoga informasi dalam artikel kali ini bermanfaat dan membantu.

olahraga