6 Lauk Pauk Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Nesiaverse.com – Ibu hamil harus memperhatikan nutrisi makanan, salah satunya adalah memilih jenis lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, selama masa kehamilan berlangsung.

Selain itu dengan mengetahui dan mengkonsumsi lauk pauk yang sehat, tentunya kamu dapat memenuhi nutrisi dan kebutuhan gizi seimbang selama masa kehamilan berlangsung. Dengan begitu akan meningkatkan kualitas kesehatan baik pada ibu hamil maupun bayinya.

Kamu perlu mengetahui kebutuhan makanan selama masa hamil berlangsung, dan tidak boleh disamakan dengan kebutuhan makan orang biasa, karena kebutuhan nutrisi pada ibu hamil sendiri adalah khusus. Dimana menu makanan yang baik untuk ibu hamil harus dipertimbangkan sebagai salah satu faktor kesehatan ibu dan janin.

Advertisment

Lauk Pauk Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Advertisment

Ketika hamil, maka kamu harus memastikan untuk mendapatkan nutrisi yang baik dan cukup bagi tubuh,salah satunya adalah mengonsumsi lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil. Kehamilan sendiri tentunya merupakan salah satu momen yang paling ditunggu, khususnya oleh para pasangan suami istri yang sudah menikah atau baru menikah.

Hal ini guna menjaga tumbuh kembang janin secara maksimal, tentunya sebagai ibu kamu perlu mengetahui dan menjalani pola hidup yang sehat. Ibu hamil sendiri membutuhkan asupan nutrisi yang jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan oleh wanita pada umumnya.

Karena demi kesehatan janin did alma kandungannya, sang ibu harus memberikan nutrisi dan juga otomatis akan semakin bertambah. Sehingga jika ibu hamil kekurangan nutrisi hal ini akan berdampak negatif pada perkembangan janin sendiri.

Kurangnya nutrisi juga dapat memicu berbagai macam komplikasi hingga membuat gangguan kesehatan pada ibu hamil. Maka, kamu dianjurkan untuk memperhatikan mengenai asupan atau kebutuhan lauk pauk yang s ehta untuk ibu hamil. Sehingga kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat.

Nah, langsung saja berikut beberapa jenis lauk pauk sehat yang dapat dikonsumsi untuk ibu hamil. Sehingga nantinya bisa kamu jadikan referensi untuk menu makanan setiap harinya dna divariasikan lagi.

Telur

Di Posisi pertama sebagai lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil adalah telur. Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yangs anagta baik dan cocok dikonsusmi oleh ibu hamil. Selain itu telur juga dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan protein dengan baik. 

Sebagai asupan protein yang dibutuhkan untuk sumber energi ibu hamil, telur juga dapat membantu untuk meminimalkan resiko terjadinya komplikasi kehamilan, kemudian tentunya baik untuk perkembangan otak dari janin. Sehingga telur direkomendasikan jadi lauk pauk yang sehat bagi ibu hamil. 

Ikan Laut

Selain telur, lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil lainnya adalah ikan laut. Ikan laut menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil Karena ikan laut memiliki kandungan kolesterol yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan daging merah. 

Selain itu konsumsi ikan laut ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam ikan laut juga memiliki kandungan omega-3 yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan saraf otak, tubuh dan juga mata janin. 

Tentunya, dalam mengkonsumsi ikan laut tidak sekedar itu saja, pasalnya, ikan laut ini dapat membantu untuk mengurangi resiko keguguran, bayi yang lahir prematur hingga bayi cacat lahir. Maka konsumsi ikan laut dianjurkan bagi ibu hamil, tentunya dengan memperhatikan cara pengolahan dan porsi. 

Jenis ikan yang direkomendasikan sebagai lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil adalah ikan kod, ikan sarden, ikan tuna dan ikan lainnya. Pastikan kamu tidak mengkonsumsi ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi secara berlebihan. 

Sayuran Hijau

Setelah ikan laut, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau, yang menjadi salah satu menu makanan wajib yang dikonsumsi oleh ibu hamil ketika mengandung. Hal ini dikarenakan kandungan dari sayur hijau yang memiliki manfaat baik bagi kehamilan. 

Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan pada masa kehamilan. Selain itu sayuran hijau juga kaya akan kandungan serat, yang mana dibutuhkan guna melancarkan sistem pencernaan ibu hamil.

Ibu hamil memang rentan mengalami konstipasi atau kondisi di masa kesulitan untuk buang air besar. Sehingga dengan mengkonsumsi sayuran hijau, maka sistem pencernaan nya akan terbantu.

Kamu dapat mengkonsumsi sayuran hijau untuk dijadikan lauk pauk, diantaranya adalah sawi hijau, kangkung, kale, asparagus, kacang panjang, sosin dan masih banyak sayuran hijau lainnya. Selain itu perbaikan cara pengolahan yang baik. 

Tahu

Selanjutnya, kamu dapat mengonsumsi tahu sebagai salah satu lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil. Tidak hanya memiliki harga yang murah dan mudah didapatkan, karena tahu juga baik dikonsumsi sebagai lauk pauk yang s ehta untuk ibu hamil. 

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik dikonsumsi bagi tubuh ibu hamil. Selain itu kandungan mineral didalam tahu ini cukup penting dalam membantu pembentukan organ vital sang janin. 

Tahu juga sangat mudah diolah dan dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan. Sehingga kamu tidak akan pernah bosan mengkonsumsi tahu, sebagai lauk pauk yang sehat. Pastikan Saja kamu mengolahnya dengan baik dan sehat, sehingga nutrisi yang kamu butuhkan terpenuhi. 

Daging Unggas

Selanjutnya, lauk pauk yang sehat dan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil adalah daging ungga, daging unggas ini merupakan ayam ataupun kalku. Yang mana keduanya memiliki kandungan lemak yang baik dan juga cenderung memiliki kolesterol yang rendah. 

Selain itu dalam daging unggas sendiri memiliki kandungan vitamin B3 yang tentunya bermanfaat dan berguna untuk mendukung sistem imunitas sang ibu ketika masa hamil berlangsung. 

Dalam daging unggas seperti ayam dan kalkun, memiliki kandungan asam folat. Asam folat ini sangat berguna untuk mendukung proses perkembangan otak bagi janin di dalam perut ibu. Selain itu kamu dapat memperhatikan cara pengolahan yang baik dan tepat.

Pastikan dalam mengolah daging unggas ini kamu melakukannya dengan cara yang higienis atau sehat disertai pengolahan yangs ehat juga. Jangan mengolahnya dengan cara yang salah, kami menganjurkan untuk mengolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang saja. 

Biji Gandum

Terakhir, jika kamu belum pernah mengkonsumsi quinoa atau biji gandum, maka bisa menjadikannya sebagai rangkaian lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil. Kamu dapat mengkonsumsi quinoa atau biji gandum ini untuk menu makanan juga. 

Dalam satu cangkir quinoa atau biji gandum, memiliki kandungan 8 gram protein, 5 gram serta hingga 3 gram zat besi. Kandungan lainnya di dalam quinoa atau biji gandum ini adalah magnesium, kalium, kalsium hingga seng. 

Kamu dapat menikmati quinoa dengan cara mengolahnya dengan dimasak selama 20 menit saja, kemudian dapat dicampurkan dengan ubi jalar, kacang hitam hingga buah-buahan juga. Selain itu kamu dapat mengolahnya menjadi bubur dengan campuran susu seperti mengkonsumsi oatmeal. 

Nah, demikian beberapa jenis lauk pauk yang sehat dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan memperhatikan menu-menu tersebut maka akan mudah bagi kamu untuk bisa tetap menutrisi tubuh, menutrisi janin dan mendapatkan rasa lezat dari makanan dengan pengolahan yang baik dan sehat.

ibu hamillauk pauk