Kuning Telur Untuk Kucing Direbus Atau Mentah?

Nesiaverse.com – Apakah memberikan kuning telur untuk kucing direbus atau mentah? Mana cara yang tepat untuk menyajikannya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin tahu cara mana yang tepat untuk memberikan telur pada kucing.

Memberikan telur untuk kucing memang harus diperhatikan dalam proses memasaknya agar tidak salah. Bagaimana tidak? Karena dalam proses itulah yang akan menentukan baik atau tidaknya untuk si kucing. Walaupun telur salah satu makanan manusia yang boleh dimakan si kucing.

Tapi tetap saja jangan terlalu sering memberikannya, baik dalam keadaan matang maupun mentah. Karena telur bukan sumber makanan utama si kucing, sekalipun telur itu memiliki banyak kandungan protein yang dibutuhkan si kucing dan diperlukan untuk tubuh si kucing.

Advertisment

Lalu kalau begitu dalam memberikan kuning telur untuk kucing harus direbus dulu atau mentah? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang keduanya secara menyeluruh, baik itu direbus ataupun mentah. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Kuning Telur Untuk Kucing Direbus Atau Mentah?

Advertisment

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu tentang manfaat kuning telur untuk kucing itu apa saja dan efek samping telur untuk kucing itu seperti apa. Penting untuk kamu kenali lebih dulu seputar telur untuk kucing, agar tidak sembarangan memberinya.

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani dan bergizi tinggi serta rasanya juga sangat enak. Selain itu telur juga merupakan salah satu makanan manusia yang boleh dimakan atau kamu berikan kepada si kucing, karena protein di dalamnya bagus untuk kebutuhan si kucing.

Selain itu putih telur juga mengandung protein utuh tanpa lemak, jadi tidak masalah untuk kamu berikan kepada si kucing serta kuning telur memiliki banyak protein dan lemak, cocok untuk kamu yang ingin menggemukkan si kucing dengan cepat supaya tidak kurus kering.

Manfaat kuning telur untuk kucing hamil sangatlah bagus, kuning telur dapat merangsang pembentukan sel darah merah pada si kucing. Sehingga bagus sekali ketika kucing akan mendekati masa melahirkan supaya tidak kekurangan darah saat persalinan.

Walaupun telur memiliki banyak kandungan protein yang dibutuhkan oleh si kucing, tapi tidak menjadi alasan untuk selalu kamu berikan setiap harinya pada si kucing. Karena hal yang berlebihan pastinya tidaklah baik untuk siapapun, termasuk untuk kucing juga sama.

Disarankan juga saat ingin memberikan telur kepada kucing harus dalam keadaan matang, jangan mentah. Kamu bisa merebusnya terlebih dahulu agar lebih sehat, pastikan tidak digoreng menggunakan minyak karena minyak tidak bagus untuk kesehatan tubuh si kucing.

Jangan sesekali memberinya dalam keadaan masih mentah karena bakteri salmonella yang terdapat pada kuning telur mentah akan membuat si kucing menyebabkan gastroenteritis atau septikemia yang merupakan kondisi dimana si kucing mengalami gangguan pada darah.

Karena bakteri tersebut dapat masuk ke dalam aliran darah si kucing serta menyebabkan terjadinya keracunan darah. Selain itu zat atau enzim Avidin yang terdapat pada putih telur mentah dapat menyebabkan si kucing kehilangan kemampuan tubuh untuk menyerap biotin.

Biotin atau vitamin B yang seharusnya terserap oleh tubuh si kucing, malah akan membuatnya menjadi tidak bisa menyerap vitamin B dengan baik. Sehingga dapat menyebabkan si kucing kehilangan vitamin B di tubuhnya dan membuat si kucing menjadi kejang-kejang sampai mati.

Maka dari itu hindari memberikan makan kucing dengan kuning telur mentah, pastikan kamu merebusnya terlebih dahulu baru kamu berikan untuk si kucing. Cukup berikan sesekali saja dalam keadaan atau kondisi tertentu yang mengharuskan si kucing makan telur rebus.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kuning telur untuk kucing bagusnya direbus atau mentah agar kamu mengetahui mana yang tepat dan mana yang salah dalam penyajiannya untuk si kucing. Supaya kamu tidak sembarangan memberi makan kucing dengan telur setiap harinya.

Usahakan untuk tidak sering memberikan kucing telur, baik itu kuningnya saja maupun putih telurnya saja dalam keadaan matang maupun mentah. Karena akan menyebabkan kucing diare bahkan sampai mengidap penyakit serius lainnya. Good Luck semoga membantu.

kucingkuning telur