Kuku Rapuh Tanda Penyakit Apa?

Nesiaverse.com – Masih banyak orang yang meremahkan atau menyepelekan penyakit kuku, sebenarnya penyakit kuku yang tidak boleh dianggap sepele walaupun terlihat ringan lalu kuku rapuh tanda penyakit apa? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Kuku menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam menunjang penampilan terutama untuk para wanita, sehingga tidak heran jika kebanyakan wanita yang memiliki hobi mengecat kuku menjadi cantik dengan warna-warni sesuai keinginan.

Kuku selain menjadi bagian yang penting dalam menunjang penampilan, namun kuku juga yang bisa menandakan adanya penyakit atau infeksi bakteri cedera, tidak hanya itu pertumbuhan kuku juga yang dapat memberikan informasi mengenai dengan kondisi kesehatan tubuh kamu.

Advertisment

Seperti misalnya kuku jari yang sehat umumnya akan tumbuh kira-kira sekitar 3,5 mm dalam per bulannya, hal ini tentu saja dipengaruhi oleh asupan nutrisi obat-obatan, penyakit, trauma dan juga proses penuaan tubuh.

Pada dasarnya penyakit yang terlihat biasa dan ringan biasa saja hal tersebut menjadi pertanda adanya penyakit serius apalagi jika dibiarkan begitu saja tidak ditangani langsung, sehingga dengan begitu sangat penting untuk selalu memperhatikan kondisi kuku dan juga mengenai dengan beragam penyakit bisa menyerang kuku.

Advertisment

Dimana dengan seiringnya pertambahan usia kuku yang tentu saja akan menjadi lebih tebal atau bahkan justru bisa juga lebih rapuh serta mengalami perubahan warna, umumnya perubahan tersebut tidak berbahaya dan bisa ditangani dengan perawatan yang sederhana.

Tetapi jika perubahan dialami pada penyakit kuku kamu dan kondisinya yang tidak bisa dibiarkan begitu saja tentu saja harus mendapatkan penanganan medis, bahkan untuk kasus lebih parahnya lagi penyakit kuku bisa mengindikasikan adanya gangguan kesehatan serius.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan kuku rapuh tanda penyakit apa? Maka di bawah ini kita akan membahas mengenai dengan tanda penyakit dari perubahan kuku yang berkaitan dengan indikasi penyakit serius perlu kamu waspadai.

Oleh karena itu yuk simak ulasan dibawah ini dengan baik dan seksama.

Kuku rapuh Tanda Penyakit Apa?

Tidak sedikit orang yang mengalami kukunya rapuh, pecah-pecah atau kering walaupun sudah diobati dengan berbagai cara bisa jadi hal ini merupakan indikasi dari efek samping hipotiroidisme, tetapi umumnya untuk kuku lembek dan juga rapuh ini yang dialami oleh mereka yang sering berenang, selalu berada di lingkungan rumah kering, menggunakan aseton yang terlalu sering.

Sehingga dengan begitu akibatnya kuku yang mengalami kekurangan asupan vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C, untuk penyebab lainnya yang mungkin terjadi yaitu dikarenakan terlalu sering terpapar zat kimia di dalam produk pembersih seperti sabun pencuci piring dan deterjen atau akibat penuaan.

Jika kuku jari menebal, rapuh dan berwarna kuning maka penyebab utamanya yaitu infeksi jamur, sementara untuk indikasi penyakit ditunjukkan oleh kuku yang menguning yaitu penyakit tiroid, psoriasis, diabetes atau masalah pernapasan (sinusitis atau bronkitis kronis).

Masalah kuku ini yang masih bisa kamu atasi dengan menggunakan krim pelembab tangan, walaupun tekstur kuku yang keras namun kuku merupakan organ tubuh yang bisa dengan mudah menyerap cairan layaknya kulit.

Sehingga jika kuku kering atau rapuh maka bisa dengan mencoba mengaplikasikan pelembab tangan mengandung hyaluronic acid, glycerine atau bisa juga shea butter, selain itu bisa juga dengan mengkonsumsi pil biotin, suplemen non resep menunjang pertumbuhan kuku yang sehat.

Tidak hanya itu saja terdapat beberapa tanda perubahan kuku berkaitan dengan indikasi penyakit serius lainnya yaitu:

  • Kuku kuning dipengaruhi faktor penuaan dan juga penggunaan kuteks terlalu sering, akibat merokok meninggalkan noda kekuningan di permukaan kuku jari.
  • Kuku garis putih horizontal indikasi penyakit seperti gejala dari keracunan arsenik, malaria, penyakit hodgkin, kusta atau lepra, atau keracunan karbon monoksida.
  • Kuku clubbing disebabkan jaringan bawah kuku menebal dan ujung  jari membengkak dan membesar, jika kondisi ini ada yang aneh maka bisa dikaitkan dengan penyakit sirosis, kanker atau paru-paru dan paling parah penyakit ditunjukan dari clubbing yaitu penyakit jantung, ginjal, hati dan AIDS.
  • Kuku berwarna putih ujungnya kemerahan atau gelap diakibatkan dari sirosis hati, anemia tipe defisiensi zat besi, hipertiroidisme, reaksi kemoterapi, malnutrisi, gagal jantung atau ginjal.
  • Kuku putih dan kecoklatan diperkiraan hingga 40%  tanda mengidap gagal ginjal.
  • Kuku sendok dengan lempeng permukaan kuku menjorok ke dalam dan ujungnya bertumbuh ke arah luar, kondisi ini bisa jadi mengidap anemia tipe defisiensi zat besi, penyakit jantung, hemokromatosis, lupus, penyakit raynaud atau penyakit hipotiroidisme.
  • Kuku menghitam karena ada dibawah kuku ada darah diakibatkan luka atau cedera, namun jika warna hitam ini ada langsung di atas permukaan kuku diikuti pertumbuhan kuku menyakitkan maka pertanda dari penyakit melanoma, kanker kulit paling mematikan.
  • Kuku berlekuk atau berlubang kecil atau lekukan tidak rata menjadi tanda psoriasis, alopecia areata, eksim atau arthritis reaktif.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan kuku rapuh tanda penyakit apa? Jawabannya kondisi ini yang bisa jadi indikasi dari efek samping hipotiroidisme, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

kukukuku rapuh