12 Kue Tradisional Khas Sunda Yang Terkenal Enak

Nesiaverse.com – Tentunya pada setiap daerah yang memiliki kue tradisional yang khas termasuk juga Jawa Barat dan bahkan tidak jarang juga beberapa dari kue tersebut yang dijadikan sebagai buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke tanah parahyangan,  pada artikel kali ini kita akan membahas dengan kue tradisional khas Sunda dan untuk itu simak ulasannya disini.

Dimana di tengah berbagai varian kuliner yang hits dan kekinian semakin inovatif namun jajanan atau kue khas Nusantara tetap memiliki ruang di hati seperti kue tradisional khas Sunda yang memiliki penggemarnya sudah tersebar di berbagai daerah.

Walaupun terkesan tradisional tetapi kue tradisional khas Sunda masih ada hingga sekarang dan menjadi primadona di masyarakat Jawa Tengah maupun luar daerah, apalagi kue tradisional khas Sunda ini yang nikmat dan bikin nagih ada yang rasanya manis ataupun gurih dan asin.

Advertisment

Penasaran ingin tahu dengan apa saja kue tradisional khas Sunda yang wajib kamu coba yang paling enak, untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Kue Tradisional Khas Sunda Yang Terkenal Enak

Advertisment

Jika berbicara terkait kuliner tentu saja Jawa Barat yang menjadi salah satu wilayah penyumpang sajian kuliner populer dan lezat sejak zaman dahulu, dimana seperti contohnya kue tradisional khas Sunda hingga sekarang ini masih eksis walaupun mulai banyak sekali kue-kue yang kekinian tetapi kue tradisional yang tetap diburu oleh para pecinta kuliner.

Berikut dibawah ini daftar kue tradisional khas Sunda yaitu diantaranya sebagai berikut:

Surabi

Serabi adalah kue tradisional khas Sunda yang paling populer dan sering diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke daerah Jawa Barat, kue Serabi yang dibuat dari tepung beras dan santan, dengan proses memasaknya yang sangat tradisional yaitu menggunakan tungku, dengan memiliki rasa yang asin dan gurih sehingga banyak orang yang menyukai kue yang satu ini.

Dimana kue Serabi yang biasa dijual pagi-pagi ini yang sering dijadikan sebagai menu sarapan warga Jawa Barat selain bisa disajikan hanya panas saja namun kue Serabi juga yang bisa divariasikan dengan menggunakan topping oncom dan telur, tidak hanya menghadirkan Surabi rasa asin gurih saja namun Surbi juga yang sudah menghadirkan atau mengembangkan versi rasa yang manisnya.

Kue Burayot

Kue Burayot atau Burayot merupakan salah satu kue tradisional khas Sunda yang memiliki rasa manis dan banyak ditemukan di daerah Garut dengan memiliki ukuran kecil-kecil yang sangat pas dimakan sekali lahap saja, untuk nama kue yang unik ini diambil dari bentuk kue tersebut yang ngaburayot alias menggantung dengan bahan dasar kue dari tepung beras digiling menjadi tepung yang kemudian dicampur dengan kacang tanah dan juga air gula merah hingga dapat dipulung.

Setelah adonan tersebut digoreng kemudian tiriskan dengan cara dijepit, awal mula adanya kue Burayot ini yang berasal dari ketidaksengajaan seorang warga Garut yang memiliki stok gula aren dan tepung beras yang cukup banyak, kemudian dia yang bereksperimen dan muncullah kue Burayot, untuk kue Burayot sendiri yang bisa ditemukan dengan mudah di beberapa wilayah di Garut seperti kecamatan Kadungora, kecamatan Leles atau wilayah Cangkuang.

Kue Gurandil

Kue Gurandil yang biasanya sering disajikan bersama dengan kue tradisional Putri Noong dan Awug yang selanjutnya ada kue Gurandil yaitu kue tradisional khas Sunda dengan rasanya yang manis dan kenyal yang berbahan dasar tepung tapioka atau aci, dengan memiliki ukuran kecil-kecil dan berwarna-warni.

Gurandil yang memiliki rasa yang sangat manis dan gurih menjadi kue favorit kebanyakan orang dan disajikan juga bersama dengan parutan kelapa, kue Gurandil yang sudah banyak dijual di pasar-pasar dan biasanya kue Gurandil ini kurang tahan lama dalam suhu ruang sehingga harus kamu harus langsung mengkonsumsinya.

Kue Nagasari

Kue tradisional khas Sunda yang lainnya yaitu ada Nagasari menggunakan bahan bakunya buah pisang yang dibuat dari tepung beras, gula, santan, garam dan juga tepung sagu, selanjutnya adonan yang diberi potongan pisang di tengahnya dan kue ini dikukus menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Dengan menggunakan daun pisang yang akan memberikan aroma khas dan ternyata kue Nagasari ini yang tidak hanya ada di Jawa Barat saja tetapi bisa ditemukan di daerah lainnya seperti Jepara dan juga Makassar.

Kue Colenak

Biasanya memang untuk jajanan pasar berasal dari Jawa Barat sering memanfaatkan singkong dan juga gula merah sebagai bahan pembuatannya salah satunya ada kue Colenak yang singkatan dari “dicocol enak”, dimana makanan manis ini berasal dari Bandung pertama kali dikenal pada tahun 1930 oleh Aki Murdi dan hingga sekarang produk colenak ini yang masih hits dan banyak orang yang mencarinya.

pembuatannya berasal dari peuyeum yang diolah dengan cara dibakar kemudian menyantapnya bersamaan dengan cocolan gula merah cair dan juga parutan kelapa, walaupun untuk tapai singkong yang sedikit gosong tetapi untuk sebagian orang bagian tersebut adalah bagian ternikmat dan untuk harga colenak ini dijual kisaran Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Kue Ongol-ongol

Selain kue Gurandil ada juga kue Ongol-ongol yang termasuk ke dalam daftar kue tradisional khas Sunda wajib kamu coba yang berasal dari Jawa Barat bagian utara sekitar Indramayu dan Cirebon, dimana kue Ongol-ongol ini yang berbentuk kubus kecil yang terbuat dari campuran tepung singkong dan tepung hunkwe yang dimasak dan dibiarkan mengenyal.

Selanjutnya kue Ongol-ongol ini yang kemudian dibalut dengan gula merah cair atau kinca dan diberi parutan kelapa agar semakin nikmat, kue Ongol-ongol berwarna kecoklatan ini yang kenyal merupakan warisan perang dari serbuan tentara Mongol pernah menyerang tanah Jawa pada tahun 1200-an.

Misro dan Combro

Untuk kue Misro dan Combro ini yang sering mudah ditemukan pada saat membeli gorengan dan keduanya yang terbuat dari bahan Singkong yang dihaluskan, keduanya juga memiliki tampilan yang memang mirip tetapi yang membedakannya yaitu dari rasa untuk misro yang berisikan gula merah cair di dalamnya dan pada saat digigit langsung lumer dalam mulut sedangkan untuk combro yang berisikan oncom pedas dan keduanya paling nikmat disajikan selagi masih hangat dengan ditemani minum teh.

Kue Putri Noong

Untuk masyarakat tanah Pasundan yang pastinya sudah tidak asing lagi dengan kue tradisional khas Sunda dengan kue Putri Noong dengan memiliki rasa yang manis dan gurih teksturnya yang kenyal, dimana kue Putri Noong ini yang terbuat dari singkong diparut yang dicampur dengan parutan kelapa, gula, daun pandan, pewarna makanan dan juga garam, kemudian adonan tersebut yang diberikan potongan pisang dan digulung memanjang setelah itu dikukus hingga matang.

Kue Putri Noong sesuai dengan namanya dalam bahasa Sunda putri Noong ini yang memiliki arti yaitu putri yang mengintip hal tersebut karena bentuknya yang seperti mata yang sedang mengintip, ada juga yang menamakan kue ini dengan kue kacamata dan jajanan ini yang biasanya bisa ditemukan di penjual kue tradisional bersama nagasari, awug, ongol-ongol dan juga sebagainya dengan memiliki harga sekitar Rp 5.000 seporsi.

Kue Ali Agrem

Kue Ali Agrem yang memiliki tampilan hampir sama dengan donat yang merupakan salah satu kue tradisional khas Sunda wajib kamu coba dengan dibuat dari campuran tepung ketan, tepung beras dan juga gula merah kemudian diaduk hingga tercampur dan dibentuk bulat seperti cincin atau donat, jika sudah lalu goreng hingga matang kecoklatan dan bahkan kue Ali Agrem ini yang seringkali disebut sebagai kue cincin dan bahkan sering disuguhkan pada saat ada perayaan hari besar.

Dimana kue Ali Agrem yang biasanya sering ada pada saat acara pernikahan adat Sunda hingga Hari Raya Idul Fitri, bahkan tidak hanya sekadar kudapan manis saja ternyata kue Ali Agrem ini yang memiliki filosofi dan doa jika mereka menyediakan kue tersebut dalam acara pernikahan maka akan mendapatkan rumah tangga yang langgeng dan rasa manis legit dari kue Ali Agrem ini yang akan membuat siapa saja yang memakannya akan ketagihan.

Kue Bandros

Dimana Bandros dijadikan penamaan untuk bus wisata di Bandung namun Bandros ini jajanan yang populer juga dari Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras, santan, kelapa parut dan juga daun suji yang dimasak dengan menggunakan cetakan khusus setengah lingkaran, untuk kue tradisional khas Sunda Bandros yang satu ini tersedia dalam dua jenis yaitu ada versi manisnya dan ada juga versi gurihnya.

Untuk kue Bandros yang manis penjual kebanyakan yang hanya dengan menambahkan atau menaburkan gula di permukaan kuenya saja, kue Bandros ini yang dijual dengan harga yang murah meriah sekitar Rp 5.000 dan kamu sudah bisa mendapatkan sekitar 12 biji kue Bandros.

Kue Kremes

Dengan memanfaatkan ubi jalar sebagai bahan baku kue ini yang termasuk ke dalam daftar kue tradisional khas Sunda dan biasanya kue Kremes yang sering dijajakan di pinggir jalan atau di jual di toko oleh–oleh khas Sunda Jawa Barat, dimana ubi jalar yang dipotong-potong dan dibentuk bulat kemudian digoreng sampai menguning keemasan hingga matang.

Kue Kremes ini yang memiliki tekstur kue yang crunchy dengan cita rasa yang gurih dan manis bersatu pada saat dimakan, dimana kue Kremes juga yang ternyata bisa kamu temui di daerah lainnya seperti Sumatera dengan memiliki nama yaitu kue Balam dan juga di Jawa Tengah dan Jawa Timur bernama kue carang.

Jalabria

Kue tradisional khas Sunda selanjutnya yaitu ada Jalabria yang terkadang kue yang satu ini sering disebut sebagai donatnya Jawa Barat akan tetapi kue Jalabria ini dibedakannya dengan segi warna yang coklat gelap dengan ukurannya yang lebih kecil, kue Jalabria juga sering diburu oleh masyarakat atau bahkan wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat.

Untuk bahan baku pembuatan kue Jalabria yaitu dari tepung ketan hitam, kelapa parut, air dan juga garam dan kemudian seluruh bahannya yang dicampur dan dibalut dengan lapisan gula merah cair, selanjutnya jalabria di goreng hingga matang sampai teksturnya keras, dengan memiliki rasa manis yang legit sangat paling nikmat di santap selagi masih hangat.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa daftar kue tradisional khas Sunda bisa kamu ketahui dan kamu coba nikmati yang sangat enak dan manis, gurih asin ada disana, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

kuekue khas sundakue tradisional sunda