Apakah Boleh Kucing Makan Ikan Mentah?

Nesiaverse.com – Ikan adalah makanan yang paling disukai oleh kucing, baik itu ikan laut ataupun ikan air tawar. Karena kucing membutuhkan kandungan baik yang terdapat pada ikan supaya nutrisinya bisa terpenuhi. Dengan begitu kucing bisa mendapatkan berbagai nutrisi.

Biasanya kucing makan ikan mentah hasil dari buruan mereka, kebanyakan kucing liar setelah mereka berburu memang suka memakannya dalam keadaan masih mentah. Adapun kucing juga suka olahan ikan seperti produk makanan kucing yang menggunakan bahan utama ikan.

Namun, apakah memakan ikan mentah itu bagus untuk kucing? Apa saja sih manfaat dan efek negatifnya dari memakan ikan mentah untuk kucing? Walaupun kucing suka memakan hewan buruan secara mentah-mentah, tetap saja kita juga harus perhatikan kemungkinan buruknya.

Advertisment

Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai ikan mentah untuk kucing secara menyeluruh baik dari segi manfaatnya, kandungannya, adapun dampak negatifnya agar dapat kamu pahami dengan baik secara jelas. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Apakah Boleh Kucing Makan Ikan Mentah?

Advertisment

Ikan merupakan makanan yang disukai oleh kucing dan bagus untuk dikonsumsi kucing setiap harinya. Bahkan berbagai produk makanan kucing pun banyak yang menggunakan bahan utama ikan, biasanya lebih banyak menggunakan ikan laut seperti tuna atau ikan salmon.

Menurut beberapa peneliti, bahwasannya ikan itu menyebarkan aroma atau bau yang sangat menyengat bagi kucing. Makanya kucing suka sekali dengan ikan karena bau amis pada ikan itulah yang menarik perhatian kucing, dan bahkan daging ikan itu baunya jauh lebih tajam.

Seperti yang kamu ketahui kalau kucing sendiri memiliki indera penciuman yang cukup tajam dibandingkan dengan manusia, bahkan 9-11 kali lipat lebih kuat penciumannya. Mereka bisa mencium aroma ikan dari jauh, makanya kadang suka ada kucing pas kamu lagi masak ikan.

Banyak sekali jenis ikan yang bagus untuk kucing konsumsi dan menyehatkan seperti tuna, salmon, sarden, kod, tongkol, atau bahkan lele. Tapi, ada juga beberapa jenis ikan yang tidak  boleh kucing konsumsi seperti ikan gabus, nila, dan tenggiri karena terdapat banyak merkuri.

Jika dikonsumsi setiap hari oleh kucing akan sangat berbahaya dan bisa membuat kucing keracunan. Jadi sebisa mungkin hindari ikan-ikan tersebut, adapun beberapa kucing juga tidak begitu menyukai ikan dan lebih menyukai olahan daging ayam atau daging lokal lainnya.

Selain itu dalam mengolah ikan harus diperhatikan juga sebelum kamu memberikannya pada si kucing. Hindari mengolah ikan dengan cara digoreng menggunakan minyak dan tambahan penyedap rasa atau bumbu masakan, karena akan membahayakan kesehatan kucing nantinya.

Adapun jika kucing makan ikan mentah sebaiknya dihindari, walaupun mungkin sering kali kamu melihat kucing liar memakan ikan hasil buruannya secara mentah-mentah. Buat kamu yang ingin mengetahui lebih jelasnya lagi seputar ikan untuk kucing bisa baca di bawah ini:

Manfaat Ikan Untuk Kucing

Manfaat ikan untuk kucing sangatlah melimpah, di setiap kandungannya mampu membantu kucing dalam menjaga kesehatan tubuhnya secara menyeluruh. Tapi, walaupun begitu tetap saja kamu harus seimbangkan asupan nutrisi dan gizinya dari makanan yang lain selain ikan.

Supaya lebih seimbang dan saling mensupport satu sama lain serta asupan nutrisinya bisa jauh lebih lengkap. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi kucing kesayangan jadi sakit atau kekurangan nutrisi, karena semua nutrisinya sudah terpenuhi dari ikan dan makanan lain.

Nah, berikut ada beberapa manfaat ikan untuk kucing secara menyeluruh, diantaranya adalah:

  • Membantu memenuhi asupan protein harian.
  • Menjaga kesehatan mata si kucing agar lebih tajam dan jernih.
  • Memelihara kesehatan bulu kucing agar lebih sehat, lebat, berkilau serta bagus juga untuk kesehatan kulitnya dan mencegah dari peradangan kulit.
  • Mengurangi resiko penyakit ginjal dan jantung.
  • Memperkuat otot dan jaringan tubuh si kucing.
  • Mendukung perkembangan otak si kucing, terutama untuk kitten.
  • Membantu memperbaiki metabolisme tubuh si kucing.
  • Membantu kucing agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

Sepenting itulah peran ikan untuk kesehatan tubuh kucing, makanya kamu harus rutin memberikan olahan ikan atau kamu juga bisa membeli produk makanan kucing seperti wet food yang terbuat dari ikan tuna dan ikan salmon atau campuran dari ikan dan daging ayam.

Kandungan Baik Pada Ikan Untuk Kucing

Ikan dikenal dengan memiliki kandungan taurin yang dibutuhkan oleh kucing, karena kucing tidak bisa memproduksi taurin sendiri maka dari itu perlu sekali untuk memberikan ikan pada kucing setiap harinya supaya tidak kekurangan asupan taurin yang sangat penting bagi kucing.

Taurine merupakan asam amino esensial yang sangat penting untuk membantu fungsi normal otot jantung, memperbagus penglihatan kucing, reproduksi pada anak kucing, serta membentuk garam empedu yang dapat membantu pencernaan si kucing agar tetap lancar.

Selain kandungan taurin, masih banyak lagi kandungan nutrisi baik lainnya yang terdapat pada ikan. Seperti berikut di bawah ini yaitu:

  • Asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu, kulit kucing, otak, saraf, dan imun tubuh kucing.
  • Mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, D, B6, B12, dsb. Membantu menjaga kesehatan tulang, memperlancar metabolisme, sebagai peningkat hormon pertumbuhan, serta mencegah kucing dari kurang darah atau anemia.
  • Kandungan sodium, potasium, dan klorida yang berperan untuk mengatur fungsi sel, mengatur asam dan basa tubuh si kucing, serta menyeimbangkan cairan dalam tubuhnya.
  • Kaya akan mineral, fosfor, potasium dan selenium yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan si kucing serta meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.
  • Terdapat kandungan biotin yang mampu menjaga berat badan kucing tetap ideal.
  • Dilengkapi dengan DHA-EPA yang baik untuk memelihara kesehatan jantung kucing.

Dampak Negatif Makan Ikan Mentah Untuk Kucing

Salah satu makanan yang perlu kucing hindari adalah ikan mentah. Walaupun kucing suka memakan ikan mentah-mentah, ternyata hal itu tidak direkomendasikan dan sangat berbahaya bagi kesehatan serta pencernaan si kucing. Bahkan menurut berbagai ahli nutrisi hewan, ikan mentah mengandung thiaminase yang dapat merusak atau memecah vitamin pada kucing.

Adapun kucing mengkonsumsi ikan mentah dapat mengalami keracunan dan kejang-kejang akibat dari bakteri salmonella dan E coli yang terdapat pada ikan mentah. Tidak hanya itu saja, tapi beberapa parasit seperti cacing pun dapat masuk ke tubuh kucing melalui ikan mentah.

Hal itu bisa menyebabkan kucing muntah-muntah, diare, kekurangan vitamin B, bahkan resiko terburuknya adalah kematian. Tapi harus kamu ingat juga, selain ikan mentah kucing juga tidak boleh memakan daging mentah dan telur mentah, bahaya dan gejalanya hampir sama.

Maka dari itu usahakan untuk mengolahnya terlebih dahulu atau memasak ikannya terlebih dahulu sampai matang agar lebih enak dan sehat. Selain itu hindari pemberian bumbu dan penyedap rasa pada ikan yang telah kamu masak untuk diberikan kepada kucing serta hindari menggoreng ikan dengan minyak karena kandungan minyak untuk kucing sangat berbahaya.

Supaya lebih praktis kamu bisa membeli produk makanan kucing kalengan yang sudah siap saji di berbagai petshop. Biasanya banyak makanan basah untuk kucing yang sudah tersedia di pasaran dengan menggunakan bahan utama ikan laut seperti tuna dan ikan laut lainnya.

Itulah beberapa penjelasan terkait kucing makan ikan mentah, mungkin perlu untuk kamu ketahui agar dapat memahami seperti apa kemungkinan buruk atau resikonya jika kucing makan ikan mentah. Dengan begitu kucing kamu bisa terhindar dari berbagai bahaya penyakit.

Usahakan untuk tidak membiarkan kucing memakan makanan apapun itu yang masih mentah, terutama ikan dan daging mentah. Jika kucing kamu mengalami masalah yang serius akibat memakan ikan mentah, segera bawa kucing ke dokter hewan. Good Luck semoga membantu.

ikankucing