8 Khasiat Air Perasan Bengkoang

Nesiaverse.com – Sari atau air perasan dari bengkoang memiliki khasiat tersendiri, yang tentunya baik bagi kesehatan dan kecantikan. Sehingga banyak yang mengonsumsi atau menggunakannya. 

Manfaat dari bengkoang untuk kesehatan tubuh, wajah dapat menjadi salah satu sorotan utama di dalam dunia nutrisi dan kesehatan. Memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi dan beragam,  bengkoang menjadi bahan makan yang lezat. 

Memiliki rasa sedikit manis dan sering dijadikan rujak, bengkuang atau bengkoang ini termasuk dalam kelompok umbi-umbian yang mudah ditemui di Indonesia. Meskipun umbi-umbian satu ini berasal dari Meksiko namun dapat tumbuh di Indonesia karena musim panasnya. 

Advertisment

Selain menyegarkan, bengkoang juga dikenal dari manfaatnya untuk kesehatan. Nah, manfaat dari bengkoang ini dapat mengatasi berbagai permasalahan mencegah penyakit kronis, sembelit khususnya jika mengkonsumsi air perasan bengkoang yang kaya akan manfaat dan khasiatnya. 

Khasiat Air Perasan Bengkoang 

Advertisment

Bengkuang merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki bentuk yang bulat hingga lonjong. Bengkoang ini memiliki warna kulit yang coklat gelap hingga hitam, dan memiliki daging putih atau kuning muda disertai rasa manis yang lembut. 

Manfaat dari bengkoang ini berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, yang bermanfaat bagi kesehatan. Nah, kandungan nutrisi tersebut adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, besi dan serat didalamnya. 

Bengkoang juga kaya akan kandungan antioksidan dan senyawa anti inflamasi yang bekerja dan membantu untuk mencegah penyakit sekaligus memperkuat sistem imunitas dan kekebalan tubuh seseorang. 

Manfaat bengkoang bagi khasiat sendiri sering ditemukan dalam masakan Afrika dan Asia yang dapat disaksikan dalam berbagai macam cara pengolahan. Dimana kamu dapat menjadikan bengkoang sebagai campuran salad, isi dumpling hingga menjadi jus. 

Bengkoang juga dapat dikonsumsi dalam bentuk konsentrat atau suplemen, guna mendukung sistem kekebalan tubuh dan bekerja untuk memperbaiki kesehatan secara keseluruhan. Begitupun dengan khasiat air perasan dari bengkoang. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat pertama dari sari bengkoang adalah dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat bengkoang kesehatan jantung ini menjadi sumber nutrisi bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan dalam sari bengkoang terdapat kandungan 37 gram karbohidrat, 2 gram protein, 5 gram serat hingga kandungan mineral dan protein yang didapatkan oleh tubuh. 

Selain itu, bengkoang juga kaya akan kandungan potasium dan manga yang tentunya penting bagi kesehatn tulang, metabolisme, fungsi jantung dan kesehatan tulang dengan baik. 

Karena manfaat bengkoang ini dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan baik. Dengan begitu kamu dapat mengkonsumsinya sebagai pendukung peningkatan kesehatan jantung. 

Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat selanjutnya dari konsumsi air perasan bengkoang adalah dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Dimana manfaat bengkoang juga terkait dengan kesehatan otak. 

Dimana bengkoang memiliki kandungan senyawa unik yang dikenal dengan diosgenin yang bekerja meningkatkan pertumbuhan neuron dan meningkatkan fungsi otak dengan baik. 

Kemudian, di dalam satu studi yang dilakukan selama 12 minggu, orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak bengkoang ini mendapatkan skor yang jauh lebih tinggi pada tes fungsi otak, jika dibandingkan oleh kelompok lainnya. 

Meringankan Gejala Menopause

Manfaat dari sari atau air perasan bengkoang ini dapat membantu untuk meringankan gejala menopause. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan selama 30 hari lamanya. 

Dalam studi tersebut, terdapat 24 wanita pasca menopause dan beralih dari makanan pokok nasi menjadi bengkoang 2 atau 3 kali dengan total 390 hari per harinya. Dimana tingkat estron dan estradiol di dalam daerah masing-masing adalah 26% dan 27%.

Dimana kadar estron dan estradiol di dalam darah juga membantu untuk menurun selama menopause. Dimana mampu meningkatkan kadar estrogen sehingga akan meringankan gejala dari menopause yang dialami. 

Memiliki Sifat Anti Kanker

Manfaat dari buah bengkoang juga dapat menjadi salah satu anti kanker. Bengkoang ini menyediakan beberapa antioksidan yang memiliki sifat anti kanker, dimana kamu bisa mendapatkan manfaat darinya. 

Dalam sebuah penelitian pada hewan yang rutin mengkonsumsi bengkoang, maka secara signifikan mengurangi pertumbuhan tumor pada usus besarnya. Nah, efek inilah yang dikaitkan dengan sifat antioksidan dari bengkoang. 

Dimana sifat antioksidan dari bengkoang ini merupakan manfaat bengkoang yang menunjukkan jika umbi-umbian mampu melindungi tubuh dari serangan kanker dengan baik. 

Manfaat dari bengkoang ini bisa kamu dapatkan dari sari atau air hasil perasan bengkoang atau mengkonsumsinya secara utuh. Dengan begitu kamu tidak akan menyia-nyiakan kandangan yang kaya akan manfaat di dalamnya. 

Mengontrol Gula Darah

Manfaat selanjutnya dari bengkoang adalah untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Hal satu ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang menyangkut pautkan tikus.

Dalam sebuah penelitian, ada tikus yang diberikan bubuk bengkoang atau ekstrak air bengkoang dari perasan bengkoang. Dimana menuangkan bahwa terjadinya penurunan kadar gula darah dengan baik. 

Dalam studi lainnya juga menunjukkan bahwa tikus yang diberi air atau ekstrak bengkoang dalam jumlah tinggi masukkan ansu makan yang berkurang. Adanya penurunan berat badan dan mampu mengontrol gula darah lebih baik, jika dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Mengurangi Berat Badan

Berikutnya manfaat dari sari atau air perasan bengkoang ini dapat membantu untuk kamu yang tengah menjadi program diet. Karena air dari bengkoang ini dapat diandalkan untuk mengurangi berat badan dengan baik. 

Bengkoang kaya akan kandungan serta, sehingga hal inilah yang membuat orang cepat kenyang ketika mengkonsumsinya. Selain kandungan serat, bengkuang memiliki ekstrak bengkoang yang akan mengurangi nafsu makan. 

Maka, secara otomatis kamu akan bisa menurunkan berat badan dan mendukung program diet dengan baik. Karena bengkoang juga termasuk mudah diolah, sebagai salah satu pangan camilan yang sehat. 

Kamu dapat mengkonsumsi bengkoang ini dengan cara dibuat sebagai rujak buah, dibuat sebagai salad hingga cemilan sehat lainnya yang dapat dimakan dengan nikmat, tanpa menghilangkan nutrisinya. 

Penurunan Kolesterol

Manfaat dari bengkoang yang sudah terbukti sebagai pengendali kolesterol dengan baik. Sehingga mengkonsumsi perasan dari bengkoang akan mengatasi permasalahan kolesterol dengan baik. 

Dimana dalam sebuah studi, yang terdapat wanita yang mengkonsumsi 18 ons atau 390 gram bengkuang per hari, selama 30 hari maka mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah hingga 6% tingginya. 

Dapat Mengurangi Peradangan

Bengkoang memiliki kandungan antioksidan dalam manfaat bengkoang juga dapat membantu untuk mengurangi peradangan yang terjadi. Pada kasus peradangan kronis yang terkait dengan peningkatan kondisi serius.

Kondisi serius yang dimaksud berupa penyakit seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Sehingga mengkonsumsi makanan anti peradangan seperti bengkoang ini dapat membantu mengelola peradangan kronis dengan baik. 

Kamu bisa mendapatkan manfaat anti peradangan atau anti inflamasi dari bengkoang, dengan cara perasan air nyalah yang dapat dikonsumsi . Nantinya kamu bisa mendapatkan manfaat lainnya bagi kesehatan. 

Nah itulah pembahasan mengenai khasiat atau manfaat dari air perasan bengkoang bagi kesehatan. Masih banyak khasiat dari air bengkoang untuk kesehatan bahkan kecantikan juga. 

Pastikan saja kamu mengkonsumsinya dengan cara pengolahan yang baik dan tepat. Selain itu pastikan kamu mengonsumsi dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

bengkuang