10 Keunikan Burung Merak Yang Bisa Kamu Ketahui

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak kenal dengan burung merak yang sangat anggun dengan memiliki bulu yang indah satu ini, dengan keindahan dimiliki burung merak ini membuatnya memiliki banyak penggemar dan selain itu juga burung merak yang memiliki keunikan lainnya.

Burung merak sendiri merupakan tiga spesies burung yang termasuk ke dalam genus Pavo dan juga Afropavo dari famili ayam hutan (pheasant), Phasianidae, burung merak ini yang memiliki ekor sangat panjang dan juga berhiaskan dengan bentuk bola mata sangat indah menarik untuk dipandang.

Bulu yang dimiliki burung merak ini berwarna cerah bisa membuatnya menarik perhatian setiap orang yang memandangkan, sebenarnya burung merak  yang berasal dari daratan Asia yaitu seperti Indonesia, Pakistan Nepal, India, Burma, Myanmar hingga Afrika Tengah.

Advertisment

Biasanya habitat burung merak yang berada di daerah tropis dan alam liar yaitu seperti hutan berada di dataran rendah dan juga dekat dengan sumber air mengalir untuk memudahkan mereka dalam mencari makan.

Burung merak dengan memiliki bulu berwarna-warni dan juga tarian megah yang dimilikinya menjadi simbol keelokan alam, bahkan burung merak juga memiliki banyak keunikan yang masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Advertisment

Mungkin selama ini kamu hanya bisa melihat burung merak ini di kebun binatang seperti dengan binatang atau hewan lainnya, sekarang sangat penting juga untuk mengetahui dengan beberapa keunikan yang dimiliki burung merak.

Nah untuk kamu yang penasaran dan ingin tahu dengan keunikan dimiliki burung merak, maka untuk mengatasinya bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Keunikan Burung Merak

Burung merak yang menjadi salah satu jenis burung terkenal dengan keindahan bulu ekor yang dimilikinya, burung merak ini ternyata burung endemik India yang sudah di perkenalkan dan juga dibudidayakan di berbagai belahan dunia.

Burung merak yang menjadi simbol agama Hindu sampai keluarga kerajaan India, sedangkan di tempat lain burung merak yang dikagumi karena hiasan bulu ekor berwarna biru dan juga hijau, tetapi bukan karena vokalisasi mereka bernada tinggi.

Dimana menurut Daftar Merah Per Satuan Internasional untuk Konservasi Dalam (IUCN) menyatakan bahwa burung merak biru termasuk ke dalam daftar “hewan yang paling tidak memprihatinkan” dan burung merak hijau termasuk daftar  “terancam punah” dan burung merak Kongo terdaftar “rentan”.

Adapun terdapat beberapa keunikan yang dimiliki oleh burung merak yaitu sebagai berikut:

Memiliki Warna Bulu yang Menakjubkan

Salah satu kata mampu menggambar bulu yang dimiliki oleh burung merak yaitu spektakuler atau menakjubkan, karena memang bulu yang dimiliki burung merak ini berwarna-warni yang sangat menawan dimulai dari warna biru, ungu, hijau sampai kombinasi berbagai warna.

Dengan beragam warna tersebut yang menghasilkan palet pada burung merak yang sangat memukau di alam, pada setiap bulunya yang terasa seperti karya seni alami  dan memberikan sentuhan magic kepada pemandangan alam.

Menjadi Burung Nasional India

Tahun 1963 burung merak India (Pavo cristatus) yang telah ditetapkan menjadi burung nasional India, hal ini sebenarnya mencakup hampir seluruh anak benua India dan juga merupakan hewan spesies paling tidak menimbulkan kekhawatiran.

Dimana menurut IUCN yang menyatakan bahwa burung merak yang mempunyai tradisi penggambaran yang kaya di dalam seni India dan juga budaya agama Hindu, termasuk juga yang dikaitkan dengan dewa dan dewi sampai keluarga kerajaan. Dewa Hindu dan Lord Krishna yang diyakini memakai bulu merak pada mahkotanya.

Memiliki Kecerdasan yang Luar Biasa

Ternyata burung merak juga yang tidak hanya terkenal dengan keindahan bulu ekornya saja namun dikenal juga dengan kecerdasan dimiliki burung merak yang luar biasa dan menakjubkan, dimana burung merak yang mampu belajar berbagai trik.

Bahkan tidak hanya itu saja burung merak juga yang bisa menirukan suara manusia atau bahkan bunyi-bunyian yang lainnya, dengan kecerdasan dimiliki burung merak ini  yang bisa membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan yang dapat berubah dan memecahkan berbagai masalah untuk bisa mendapatkan makanan.

Menjadi Simbol Keberuntungan serta Kebajikan

Untuk berbagai budaya yang ada di seluruh dunia sudah melihat burung merak ini sebagai simbol keberuntungan serta kebajikan, untuk beberapa tradisi didalamnya burung merak ini yang dianggap sebagai pembawa pesan baik dan juga bulu burung merak yang digunakan dalam upacara keagamaan.

Dengan keunikan yang dimiliki oleh burung merak yang satu ini tentu saja bisa kamu ketahui, dengan keberuntungan tersebut yang bisa memberikan dimensi spiritual pada keberadaan satwa burung merak di mata masyarakat disana.

Memiliki Tarian yang Elegan untuk Menarik Perhatian Pasangan

Selanjutnya keunikan yang dimiliki burung merak yaitu memiliki tarian sangat elegan untuk bisa menarik perhatian pasangannya, dengan gerakan elegan dan tarian yang bersamaan dengan gemerincing bulu yang membentuk pertunjukan tersebut menjadi sangat luar biasa.

Dimana untuk tarian tersebut yang tidak hanya tontonan indah saja, namun tarian tersebut yang menjadi salah satu bagian yang sangat penting dari upaya di dalam mempertahankan kelangsungan hidup spesies burung merak tersebut.

Pejantan Bisa Mengirim Sinyal Acak pada Betina

Burung merak yang merupakan hewan cukup cerdas, dalam sebuah jurnal The American Naturalist yang menyebutkan bahwa burung merak jantan yang dapat mengirim sinyal acak atau memanggil sang betina pada saat ingin kawin.

Dimana panggilan tersebut yang dapat menarik banyak burung merak betina untuk mendekat dan sinyal acak tersebut seringnya palsu untuk memikat betina, burung merak jantan yang akan terlihat sangat berpengalaman pada saat kawin dan akan lebih hebat dari burung merak jantan lainnya demi bisa menarik lebih banyak burung merak betina di sekitarnya.

Memiliki Habitat yang Luas

Ternyata burung merak yang tersebar luas di berbagai tempat atau habitat dimulai dari hutan hujan tropis bahkan sampai padang rumput terbuka, hal ini tentu saja termasuk ke dalam salah satu keunikan yang dimiliki oleh burung merak.

Dengan fleksibilitas tersebut yang membuat burung merak ini menjadi spesies yang kuat, tangguh dan juga bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan, dengan keberadaan mereka pada berbagai tempat yang bisa memberikan dampak positif pada ekosistem lokal.

Mempunyai Spesies Albino Sangat Indah

Tidak sama seperti burung merak dari kebanyakannya, ternyata terdapat juga burung merak dengan memiliki bulu putih secara menyeluruh atau spesies albino, hal ini sebagai hasil pembiakan sangat selektif dan burung merak putih ini yang mengalami mutasi genetik disebut leucism.

Dengan mutasi ini yang mengakibatkan burung merak kehilangan pigmentasi untuk beberapa sel penghasil pigmen, sehingga dengan begitu burung merak dengan jenis ini yang biasa disebut dengan burung merak albino dan juga mutasi tersebut tidak menyebabkan perubahan pada warna mata.

Memiliki Seksualitas yang Tinggi

Burung merak yang dikenal sebagai hewan sosial hidup di dalam kelompok besar, mereka yang akan membentuk ikatan kuat dengan sesama anggota, berbagai tugas dan juga saling melindungi satu sama lainnya.

Dengan adanya keberadaan sosial ini tentunya akan memberikan perlindungan yang ekstra sampai dengan memperkuat komunitas mereka di alam liar, hal ini menjadi salah satu keunikan yang dimiliki burung merak.

Burung Merak Tidak Lahir dengan Memiliki Bulu yang Indah

Terakhir keunikan burung merak ternyata burung merak ini yang tidak lahir dengan memiliki bulu yang indah dan lemak, untuk bisa mendapatkan bulu yang indah membutuhkan waktu cukup lama dan pada saat mereka sudah dewasa maka mereka bisa memiliki bulu yang sangat indah dan mewah.

Dimana hal ini yang disebut juga dengan peachick yaitu burung merak jantan yang tidak mempunyai bulu indah sampai berusia tiga tahun. pada saat kecil yang akan sangat sulit untuk membedakan burung merak jantan dan betina karena mereka akan terlihat sangat mirip dan identik.

Sampai pada usia sekitar 6 bulan maka burung merak ini yang barulah pejantan yang akan memiliki perubahan warna pada bulunya menjadi sangat indah, sehingga dengan begitu bulu  yang indah pada burung mereka membutuhkan sedikit waktu untuk bisa berkembang.

Dengan adanya beragam keunikan dan juga keindahan yang dimiliki oleh burung merak yang sangat banyak ini, sehingga kita sebagai manusia yang tentu saja memiliki tanggung jawab dalam melindungi dan juga menjaga keseimbangan ekosistem tersebut.

Berbagai cara yang bisa kamu coba lakukan dimulai dengan cara atau upaya bersama dalam melakukan pelestarian dan juga pendidikan, maka kita bisa memastikan bahwa kecantikan dan keindahan yang dimiliki burung merak ini  yang akan terus menerus menghiasi alam dna juga akan memberikan inspirasi untuk generasi yang akan mendatang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa keunikan yang dimiliki oleh burung merak bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

burung merakkeunikan burung merak