Kenapa Sering Mengantuk dan Lelah?

Nesiaverse.com – Kenapa terkadang kita merasa sering mengantuk dan lelah? hal tersebut kerap kali menjadi pertanyaan ketika mendapati kondisi tubuh atau badan yang sering kali merasa mengantuk dan lelah secara mendadak. Padatnya aktivitas yang dijalani sehari-hari bisa menjadi salah satu penyebab badan mudah lelah dan mengantuk. Kondisi satu ini juga termasuk ke dalam kondisi yang normal dan umum pada dasarnya. Namun, kamu tetap harus diwaspadai ketika rasa lelah tersebut tak kunjung hilang bahkan setelah beristirahat. 

Jika kamu pernah merasa cepat mengantuk dan lelah, kamu tidak sendirian. Karena banyak sekali orang yang merasakan permasalahan tersebut. Banyak sekali faktor penyebab yang bisa membuat kamu sering mengantuk dan lelah. Namun seperti yang sebelumnya kami jelaskan, bahwa penting mengetahui penyebabnya. 

Kenapa Sering Mengantuk dan Lelah?

Advertisment

Bila kamu masih di usia produktif, namun merasakan badan yang cenderung sering mengantuk dan mudah lelah, maka kamu bisa mencari salah satu penyebabnya. Pasal meskipun hal ini biasa namun bisa menjadi beberapa faktor penyakit yang serius, yaitu seperti gejala beberapa penyakit kronis. Sehingga penting untuk mengetahui kondisi tubuh kenapa sering mengantuk na lelah?

Advertisment

Sering mengantuk dan lelah bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya mulai dari kurang tidur, aktivitas yang padat dan masih banyak faktor penyebab lainnya. Bai tubuh, tidur merupakan suatu kebutuhan yang sama pentingnya seperti makanan dan minuman. Sayangnya tidak sedikit yang mengabaikan kualitas dan kuantitas tidur. Sehingga tidak sedikit yang merasakan ngantuk, lelah hingga berbagai gangguan tidur lainnya. 

Namun, dengan mengetahui penyebab kamu sering mengantuk dan lelah, menjadi salah satu tips yang mampu mengatasi kebiasaan mengantuk dan lelah yang mengganggu itu. Dengan demikian mampu meningkatkan kualitas hidup kamu menjadi lebih baik lagi. 

Nah, langsung saja berikut beberapa penyebab dan faktor yang menyebabkan seseorang sering mengantuk dan lelah. 

Kurang Tidur

Penyebab utama seseorang sering mengantuk dan lelah adalah karena kurang tidur. tidur yang cukup mampu mendukung dan meningkatkan kesehatan secara umum. Dilansir dari halaman Healthline menjelaskan, bahwa selama tidur, tubuh mampu memperbaiki sel-sel yang rusak dan mampu mendukung proses perkembangan hormon di dalam tubuh. 

Sehingga dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka akan membuat kondisi tubuh menjadi terasa lebih segar, waspada hingga bertenaga lebih baik lagi. Dan sebaliknya, jika seseorang mengalami kondisi kurang tidur, maka hal ini dapat membuat tubuh kamu terasa lebih lelah dan cenderung lebih mudah mengantuk keesokan harinya. 

Kekurangan Nutrisi

Selanjutnya penyebab seseorang mengantuk dan lelah dikarenakan kekurangan nutrisi. Dilansir dari Cleveland Clinic mengatakan bahwa seseorang yang kekurangan nutrisi dapat menyebabkan kondisi mengantuk dan rasa lelah berlebihan, khususnya adalah vitamin B12 dan vitamin D. 

Kondisi satu inilah yang merupakan kondisi yang memang umum terjadi dan butuh di periksa ke dokter, sehingga ketika kamu merasakan rasa lelah secara tiba-tiba maka menjadi salah satu penyebabnya adalah kekurangan. Biasanya mengkonsumsi salah satu atau beberapa jenis vitamin mampu memulihkan rasa lelah yang dirasakan dan terhindar dari ngantuk. 

Kekurangan Cairan Tubuh

Seseorang yang kekurangan cairan dalam tubuh akan memberikan efek atau dampak terhadap performa tubuh seseorang. Dilansir dari halaman Healthline, seseorang yang kekurangan cairan tubuh akan mengurangi waktu tidurnya. Hal ini akan membuat tubuh lebih mudah lelah, menurunkan tingkat konsentrasi hingga mampu menyebabkan pusing hingga sakit kepala. 

Selain itu, kamu dapat mengatasinya dengan memenuhi kebutuhan minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan harian lebih baik lagi. Selain berdampak lelah dan mudah mengantuk,kamu akan sering mengalami gejala menguap sebelumnya, dan ini akan berlangsung berulang kali.

Mengonsumsi Kafein Yang Terlalu Banyak

Kebiasaan mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat mengganggu waktu tidur yang berkurang dan meningkatkan rasanagntuk di siang hari. Hal ini sudah dijelaskan dalam Healthline. Sehingga salah satu penyebab kamu mudah mengantuk dan lelah adalah efek samping dari mengkonsumsi kafein secara berlebihan.

Hal ini berlaku pada semua orang, karena sensitivitas kafein sendiri dapat dirasakan oleh beberapa orang lainnya dan mampu mempengaruhi waktu tidur. Sehingga, tubuh akan menjadi lebih mudah lelah dan lebih mudah mengantuk dari sebelumnya. 

Memiliki Riwayat Penyakit Tertentu

Rasa mengantuk dan lelah dapat dirasakan bisa menjadi salah satu penyebab atau gejala dari penyakit tertentu. Dalam Helat Line dikatakan bahwa terdapat beberapa kondisi, misalnya sleep apnea, hipotiroidisme, kanker, sklerosis ganda, gangguan kecemasan, penyakit ginjal, depresi, diabetes, depresi, diabetes dan fibromyalgia. 

Kamu juga harus mengetahui bahwa rasa lelah yang bersifat berkepanjangan ini, merupakan suatu hal yang tidak wajar dan diperlukan pengobatan yang tepat,seperti treatment. 

Stress

Terakhir, adalah stress stress bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sering mengantuk dan mudah lelah, sehingga mempengaruhi kualitas tidur itu sendiri. Dalam Healthline, disebutkan bahwa tidur dengan menggunakan waktu yang cukup mampu menjaga emosi yang positif dan membuat rasa bahagia setelah menghadapi situasi yang membuat seseorang stress.

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan kenapa sering mengantuk dan lelah dalam suatu hal. Dengan mengetahui penyebabnya maka kamu bisa mengatasinya dan menghindarinya dengan dengan baik. Tanpa harus berurusan dengan berbagai risiko kesehatan seseorang.

lelahngantuk