Kenapa Sariawan Kena Garam Perih?

Nesiaverse.com – Mungkin banyak yang masih belum tahu dan bertanya-tanya mengenai kenapa sariawan kena garam perih? Nah pada artikel kali ini kita akan membahasnya dan untuk kamu yang penasaran dengan jawabannya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Sariawan merupakan salah satu masalah yang banyak orang menganggapnya sepele tetapi ternyata sariawan ini yang cukup mengganggu, karena pada area dalam rongga mulut yang mengalami sariawan yang akan terasa perih pada saat terkena makanan maupun minuman yang tertentu.

Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu bahkan sariawan juga yang bisa membuat kamu kehilangan nafsu makan dan juga jadi malas berbicara, sariawan sendiri adalah luka atau peradangan terjadi pada gusi bibir dan juga rongga mulut yang akan menimbulkan nyeri, pembengkakkan dan juga rasa yang tidak nyaman.

Advertisment

Apalagi jika sariawan yang sedang dialami termasuk jenis sariawan mayor alias sariawan dengan memiliki ukuran lebih dari 1 cm dan untuk jumlahnya biasanya dapat lebih dari 3, mungkin kamu pernah mendengar dengan berkumur air garam yang dapat membantu untuk mengatasi sariawan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa ternyata garam ini yang memiliki manfaat untuk membantu mengatasi sariawan yang sangat ampuh, tetapi kenapa sariawan kena garam perih? Untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak ulasannya disini.

Advertisment

Kenapa Sariawan Kena Garam Perih?

Dimana menurut Dr. Herwanto, Sp.A dari RS Mitra Keluarga Kalideres yang menjelaskan bahwa anggapan bahwa dengan berkumur air garam bisa mengatasi sariawan yang sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena air garam yang bersifat antiseptik didalamnya.

Sehingga tidak heran untuk sebagian atau beberapa orang yang sering menggunakan air garam tersebut untuk pertolongan pertama pada saat mengalami sariawan atau sakit gigi, Dr. Heranti juga yang mengatakan tidak ada salahnya jika untuk pertolongan pertama kali dan tidak ada obat di rumah dengan berkumur air garam.

Tetapi tidak disarankan untuk berkumur air garam yang dijadikan sebagai pengobatan sariawan terus-menerus, dimana sifat antiseptik yang terkandung di dalam garam yang memang bisa membantu untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

Lalu kenapa sariawan kena garam perih? Hal ini dikarenakan sifat antiseptik pada garam tersebut, karena kandungan tersebut yang ternyata dapat membuat rongga mulut menjadi kering dan juga bisa menyebabkan perih pada saat digunakan untuk berkumur.

Untuk hal ini mungkin anak yang lebih besar dan dewasa yang dapat menahan rasa perih ditimbulkan pada saat sariawan terkena air garam, tetapi untuk anak anak hal ini akan lebih kecil kemungkinan akan memberikan respons yang berbeda.

Bahkan selain itu juga kebanyakan dari kita lebih cenderung tidak mengetahui takaran garam yang pastinya untuk digunakan berkumur, untuk itu kamu perlu berhati-hati jangan sampai salah dalam menggunakan air garam tersebut dalam mengatasi sariawan.

Adapun untuk beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pertolongan pertama pada saat mengalami sariawan minor atau sariawan berukuran kurang dari 1 cm dan biasanya cenderung akan sembuh dengan sendirinya yaitu sebagai berikut:

  • Untuk sariawan yang disertai dengan nyeri maka bisa dengan mengkonsumsi obat anti nyeri dalam bentuk paracetamol bisanya bebas dijual di apotik pastikan untuk menyesuaikan jenis obat dengan usia penderita untuk remaja dan juga dewasa dapat menggunakan obat yang berbentuk kumur.
  • Melakukan pengobatan alami menjadi opsi penanganan pertolongan pertama seperti dengan mengoleskan lidah buaya, tetapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan serta menghindari mengoleskan lidah buaya ke dalam rongga mulut yang belum dibersihkan.
  • Selalu menjaga kebersihan mulut sehingga tidak terjadi infeksi pada sariawan tersebut.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan kenapa sariawan kena garam perih? Jawabannya karena terdapat sifat antiseptik di dalam garam yang bisa menyebabkan rasa perih, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

garamsariawan