Kenapa Saat Lari Perut Bagian Kanan Sakit?

Nesiaverse.com – Kenapa saat sedang olahraga lari, perut bagian kanan terasa sakit? jika kamu pernah mengalami sakit perut dibagian kanan bawah, khususnya ketika lari kondisi ini juga disebut sebagai kalikiben. Tentunya rasa nyeri di bagian kanan ini membuat aktivitas olahraga kamu terganggu dan tidak bisa mendapatkan manfaat dari berlari secara maksimal. 

Padahal aktivitas berlari di pagi hari menjadi salah satu olahraga yang baik dan direkomendasikan. Ketika kamu mengalami rasa sakit di area kanan, tentunya hal ini akan membuat aktivitas terganggu, tidak jarang mengeluarkan keringat dingin karena sakit sekali rasanya. Hal apa sajakah yang dapat menimbulkan sensasi nyeri pada bagian kanan perut bawah ? dan bagaimana cara untuk mengatasinya. 

Kenapa Saat Lari Perut Bagian Kanan Sakit?

Advertisment

Lari merupakan salah satu aktivitas fisik dan masuk ke dalam cabang olahraga. Aktivitas lari menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang memiliki manfaat yang luar biasa. Jika kamu melakukannya secara rutin maka akan merasakan manfaatnya secara optimal. Pernahkan kamu sedang melakukan aktivitas lari kemudian bagian perut area kanan terasa sakit? tentunya kamu ingin mengetahui penyebabnya? kenapa saat lari perut bagian kanan sakit bukan?

Advertisment

Beberapa ahli mengatakan, bahwa salah satu penyebab perut sakit ketika berlari berkaitan secara langsung dengan mekanisme berlari itu sendiri, mulai dari makanan hingga masalah hormon. Ketika kamu berlari dengan waktu yang lama, maka aliran di dalam darah akan diarahkan ke sistem pencernaan. Hal ini akan dialihkan ke sistem kardiovaskuler, jantung dan pembuluh darah. Hal ini akan mengganggu dan mengiritasi proses pencernaan pada seseorang. 

Gerakan lari yang mengguncangkan tubuh ke atas dan bawah menjadi dapat memicu limbah di saluran pencernaan mengalami desakan di sekitar usus dan asam lambung yang langsung naik. Sehingga hal itu dapat memicu rasa nyeri jika kamu lari setelah makan maupun minum

Selain itu lari juga dapat membuat tubuh mengalami proses pelepasan hormon kortisol dari kelenjar adrenal, yang akan memberikan efek peningkatan euforia dna energi. Hormons atu ini mamapu emmengaruhi sistem pencernaans eseornagd engan baik. 

Dalams beuah penelitian terdahulu yang dilansir drai jurnal Sport Medicine, yang aman mengatakan jika perut mengalami kram hal ini adalah kondisi yang terjadi karena adanya kontraksi otot secara intens dan menyakitkan. Berikut beberapa hal yang dapat memicu rasa sakit perut .

  • Gangguan keseimbangan air dan garam ketika melakukan aktivitas berlari
  • Otot yang kelelahan akibat aktivitas refleks tulang khududnya dari belakang.

Setelah mengetahui penyebab kenapa saat alir perut bagian kanan sakit, maka penting untuk mencegah dan mengatasi permasalahan sakit perut dibagian kanan terus. Tidak hanya apra telet dna elari saja, sakit perut saat lari justru umumnya dirasakan orang biasa. Ada berbagai cara yang ampuh untuk mengatasi permasalahan sakit perut bagian kanan saat lari. 

Dikutip dari halaman Sport Medicine, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar perut tidak sakit ketika sedang lari, hal ini merupakan bentuk pencegahan. Nah, langsung saja beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi perut bagian kanan nyeri. 

  • Pertama, mulailah dengan menghindari pola makan dan minum dalam jumlah yang besar, minimal 2 hams sebelum olahraga
  • Menghindari minuman dengan kandungan senyawa hipertonik
  • Memperbaiki postur tubuh,terutama di area dada
  • Mampu menopang organ perry dengan meningkatkan keluarnya tubuh inti dan menggunakan sabuk yang lebar. 

Pemanasan

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan performa serta berlari adalah dengan melakukan pemanasan. Hal ini juga dilakukan untuk merangsang aliran darah dna mempersiapkan otot untuk bekerja. Sehingga bisa menjadi salah satu cara efektif yang dapat membantu untuk mencegah kram atau sakit perut sata ataupuns etelah akativitas olahraga berlangsung. 

Merubah Pola Makan

Perubahan pola makan dapat meningkatkan performa sata berlari Kam dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah gula dan rendah karbohidrat. Hal ini dilakukan guna untuk mengurangi permasalahan di saluran pencernaan ketika berolahraga.

Selain itu kamu dianjurkan untuk makan dan minum tidak berlebihan ketika akan berlari atau kegiatan olahraga lainnya. hindari konsumsi minum air putih dalam jumlah banyak di tengah-tengah waktu lari, hal ini menjadi salah satu penyebab kenapa saat lari perut bagian kanan sakit. 

Konsumsi Probiotik

Probiotik merupakan salah satu bentuk makanan ataupun suplemen yang dianjurkan dikonsumsi guna mengatasi permasalahan perut sakit dibagian kanan. Probiotik ini memiliki peran untuk menjaga kesehatan usus dan mencegah sekaligus mengobati gangguan pada sistem pencernaan, salah satunya ketiak akan lari pagi. 

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

hidrasi yang baik dilakukan sebelum, selama dan setelah aktivitas olahraga. Hal ini dapat membantu mencegah dan mengatasi kram atau sakit perut di bagian kanan. Sebab kita kekurangan cairan saat berolahraga, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi yang jika dibiarkan lebih lama mampu membuat volume darah berkurang. 

Hal satu ini akan mengakibatkan sedikit darah yang mengalir pada sistem pencernaan guna membantu proses pembakaran. Sehingga mampu memperburuk keadaan sakit perut hingga krma ketika sedang berlari. 

Semnetara minum air putih atau elektrolit yang cukup, mampu menjadi solusi untuk tubuh agar tetap terhidrasi. hindarilah minum terlalu banyak, karena mampu memperburuk kondisi sakit perut atau kram. 

Latihan

Terakhir, latihan yang dilakukan secara teratur, dapat mencegah terjadinya kram perut, khususnya pada jenis aktivitas olahraga yang berat. Sehingga tuhan tidak akan kaget harus berlari atau menjalani jenis olahraga yang berat. Mnegurnagi intensitas dna durasi wkatu lari ammapu emnjadis alahs atu solusi untuk embatsi permasalahan sakit eprut bagian kanan. 

Demikian pembahasan mengenai kenapa saat lari perut bagian kanan kerap ali sakit dan cara untuk mengatasinya. Sakit perut ketika lari merupakan hal umum yang terjadi. Maka, penting untuk mengetahui cara mengatasinya.

lariperut sakit