Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga?

Nesiaverse.com – Kenapa kucing tidak masuk surga? Memangnya dalam agama Islam kucing tidak akan bisa masuk surga? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait alasan mengapa kucing tidak bisa masuk surga di akhirat nanti.

Kucing banyak sekali digemari atau disukai banyak orang dan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Karena kucing adalah hewan yang sangat menggemaskan dengan tingkahnya yang lucu, cukup membuat kamu jadi terhibur dengan segala tingkah lakunya yang random banget.

Bahkan dari zaman nabi dahulu kucing ini sudah ada dan Nabi Muhammad S.A.W sendiri memelihara kucing yang diberi nama Muezza, tepat pada saat Perang Uhud memeliharanya. Hal itu membuat banyak orang berasumsi kalau kucing bisa masuk surga, tapi ternyata tidak.

Advertisment

Lalu kalau begitu kenapa kucing tidak masuk surga? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang alasan kucing tidak masuk surga padahal Nabi sendiri memelihara kucing dengan begitu baik penuh kasih sayang. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga?

Advertisment

Kucing merupakan hewan suci yang jauh dari kata najis, bahkan tubuh, keringat, sisa makanan, serta air liur kucing semuanya suci. Air liurnya bersifat membersihkan, bahkan jauh lebih bersih dari manusia. Seperti itulah keistimewaan kucing sebagaimana menurut agama Islam.

Dalam Islam ada beberapa hadist yang mengatakan bahwa kucing merupakan hewan pelindung yang dapat melindungi pemiliknya dari berbagai aura negatif. Adapun dari berbagai sumber yang mengatakan kalau kucing bisa menyerap energi buruk yang ada di sekitar kita.

Bahkan kucing memiliki banyak keistimewaan dalam Islam bagi manusia yang penyayang dan menolong atau memelihara kucing dengan baik. Selain itu memelihara kucing memiliki banyak manfaat menurut Islam, seperti apa manfaatnya? Berikut ada beberapa manfaatnya, yaitu:

  1. Sebagai sahabat atau teman untuk mengurangi rasa kesepian dikala tidak ada seorang pun yang dapat menemani kamu saat berada dalam keterpurukan, sedih, dan gundah.
  2. Melatih seseorang untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan penyayang.
  3. Secara tidak langsung mengajari seseorang untuk selalu ingat bersedekah walau sedikit.
  4. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama makhluk hidup.
  5. Mendapatkan ridha dan ampunan dari tuhan yang maha kuasa yaitu Allah S.W.T.
  6. Sebagai bekal dan timbangan amal kebaikan kelak di akhirat nanti saat yaumul hisab.
  7. Mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Nabi Muhammad S.A.W.

Bukan berarti kucing tidak dapat masuk surga, hanya saja adanya perbedaan antara manusia dan hewan serta surga bukanlah suatu tempat sembarangan seperti halnya dunia atau bumi yang menjadi tempat beradanya semua mahluk hidup seperti hewan, tumbuhan dan manusia.

Menurut agama Islam kucing memang tidak masuk ke surga ataupun ke neraka, mengapa? Karena kucing dan manusia sangat berbeda, walaupun sama-sama mahluk hidup tapi kucing tidak dapat beribadah layaknya manusia yang dapat menjalani ibadah sholat 5 waktu kepada Allah S.W.T sedangkan kucing tidak bisa.

Segala amal perbuatan kucing tidak akan dihitung saat yaumul hisab nanti, selain itu surga merupakan tempat suci bagi para manusia-manusia sholeh yang taat ibadah sedangkan kucing bukan makhluk yang memiliki akal layaknya manusia yang dimana syarat baligh adalah berakal.

Meskipun begitu ketika seseorang masuk surga, mereka bisa memanggil kucing peliharaannya ke surga saat merindukan sosok kucing kesayangan yang pernah kita pelihara. Selain itu kucing juga bisa menjadi boomerang untuk seseorang yang memperlakukan mereka dengan kasar.

Bahkan kucing bisa menjadi alasan seseorang bisa masuk ke neraka, dengan alasan pernah melakukan hal buruk terhadap kucing, menyiksa dan menganiaya kucing semasa hidupnya. Sebaliknya kucing juga bisa menjadi alasan seseorang masuk surga karena kebaikannya.

Ketika semasa hidupnya seseorang itu melakukan perbuatan baik terhadap kucing dengan memelihara dan merawat mereka dengan penuh kasih sayang. Amalan seperti itu termasuk pahala dan akan dicatat dalam amal kebaikan untuk menolong kita pada yaumul hisab nanti.

Itulah beberapa penjelasan kenapa kucing tidak masuk surga yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, siapa tau kamu sendiri masih berpikiran bahwa hewan atau kucing itu bisa masuk ke surga seperti manusia. Karena pada kenyataannya akhirat dan dunia itu berbeda untuk kucing.

Walaupun begitu kamu bisa mencari pahala sebanyak mungkin dengan memelihara kucing, memperlakukan mereka seperti makhluk hidup lainnya dan menolong kucing dalam kesulitan. Tidak ada salahnya saling menolong sekalipun itu adalah hewan. Good Luck semoga membantu.

kucing