Kenapa Kucing Mendengkur Saat Dielus?

Nesiaverse.com – Kenapa kucing mendengkur saat dielus? Apa yang dirasakan oleh kucing saat kita elus tapi malah mendengkur? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait kenapa kucing bisa mendengkur saat kita elus-elus.

Kucing adalah hewan yang seringkali membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya, karena kucing ini hewan yang mempunyai ukuran tubuh yang sedang, mungil, banyak bulunya, gemes, dan tingkah-tingkah randomnya membuat semua orang terhibur dengan kelucuannya.

Seringkali kucing juga selalu bermanja-manja dengan pemiliknya, bahkan banyak sekali orang yang membuat candaan seperti kucing adalah majikan dan majikan adalah ibunya hihi. setiap kali kamu memanjakan kucing di pangku lalu dielus-elus, kucing bereaksi dan mendengkur.

Advertisment

Lalu kalau begitu kenapa kucing mendengkur saat dielus? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang alasan atau penyebab kucing mendengkur saat kamu elus atau saat dimanja melalui kontak fisik. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Kenapa Kucing Mendengkur Saat Dielus?

Advertisment

Hewan mamalia karnivora satu ini memang banyak sekali digemari orang-orang hampir di seluruh dunia. Bahkan kucing sendiri memiliki banyak jenis atau rasnya yang memiliki keunikan tersendiri dan ciri khasnya masing-masing yang mampu menarik perhatian orang.

Fakta yang jarang kamu ketahui ternyata memelihara kucing ini memiliki banyak manfaatnya, lho! Mungkin untuk kebanyakan orang memelihara kucing itu bikin stress, karena pada dasarnya tidak begitu suka kucing. Tapi buat kamu yang senang memelihara kucing perlu nih, buat kamu ketahui manfaat dari memelihara kucing. Nah, berikut adalah manfaatnya:

  • Sebagai teman dikala kesepian
  • Self healing disaat sedang stress dan suntuk
  • Membentuk pribadi yang penyayang dan bertanggung jawab
  • Baik untuk kesehatan mental kamu

Hal yang paling mencolok dari kucing sendiri yaitu karena tingkahnya yang random banget dan menggemaskan bisa bikin kamu meleleh. Fakta menarik lainnya ternyata kucing memiliki emosional dan dapat merasakan sedih, senang, bahagia, puas, nyaman dan marah.

Selain itu kucing juga sangat manja sekali pada pemiliknya, apalagi buat kucing yang memang cenderung tidak ingin ditinggal dan selalu membuntuti kamu kemana-mana. Terkadang mereka juga selalu tiba-tiba bertingkah yang tidak bisa kamu mengerti, seperti saat kamu sedang memanjakan kucing dengan mengelus tubuhnya dan mereka malah mendengkur.

Tentunya kucing sering mendengkur, baik saat mereka tidur di dekat kamu ataupun saat kamu elus tubuh mereka dengan lembut. Hal itu menunjukkan atau menandakan bahwa kucing sedang merasa senang, bahagia, dan tenang sehingga membuatnya terasa nyaman saat berada di dekat kamu serta kucing senang dengan kehadiran kamu.

Mereka sedang berada dalam masa-masa kebahagiaan, tidak stress, serta menandakan bahwa tubuh dan mental mereka sehat. Selain itu kucing juga dapat merasakan kasih sayang kamu ketika mengelus-elus tubuhnya dengan begitu hangat dan lembut membuat kucing disayangi.

Tentu saja itu adalah pertanda baik untuk kucing, karena kamu yang selalu merawatnya dengan baik, memberikan makan yang enak, sering mengajaknya bermain bersama, di perlakukan penuh dengan kasih sayang, wajar saja kucing jadi sangat menyukai kamu.

Mereka juga selalu mendengkur ketika berada di dekat kamu walaupun tanpa kamu elus-elus, bahkan saat tidur bareng kamu juga mereka seringkali mendengkur. Itu hal yang wajar karena kucing memang sedang merasa nyaman untuk tidur, beristirahat, dan jauh dari stress.

Namun, ada juga alasan lainnya saat kucing mendengkur itu biasanya mereka sedang hamil dan sebentar lagi mereka akan melahirkan. Setiap tidur mereka akan lebih sering mendengkur sebagai tanda kalau kucing lagi tidur lelap untuk mempersiapkan hari esok melahirkan.

Itulah penjelasan singkat kenapa kucing mendengkur saat dielus oleh kamu, mungkin perlu untuk kamu ketahui apa penyebab atau alasan kucing seperti itu. Supaya kamu juga dapat mengenali perasaan kucing ketika sedang senang, jadi kamu bisa perlakukan mereka seperti itu.

Penting memberikan kasih sayang kepada kucing peliharaan kamu di rumah, untuk kesehatan mentalnya. Tidak hanya dirawat untuk kesehatan fisiknya saja, tapi mental juga sangat perlu agar mental kucing sehat serta tidak merasa stress dan depresi. Good Luck semoga membantu.

kucingkucing mendengkur