7 Kebiasaan Makan Bikin Diet Gagal

Nesiaverse.com – Pernahkah kamu merasa jika diet kamu tidak ada kemajuan? maka kamu bisa mulai memeriksa 7 kebiasaan makan yang bikin diet kamu gagal. Ketika kamu ingin menurunkan berat badan, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat hal ini berguna agar diet kamu berhasil dan memuaskan juga. Namun, diet bukanlah perkara yang mudah. 

Diet untuk menurunkan berat badan tidak hanya tentang mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh saja. Namun, kamu juga harus memahami cara mengatur jumlah dan porsi makan yang tepat sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. Karena ketidak seimbangan inilah yang dapat menjadi bumerang dalam program diet kamu gagal dan tidak menghasilkan apapun.

7 Kebiasaan Makan Bikin Diet Gagal

Advertisment

Keberhasilan diet umumnya didukung oleh banyak hal, diantaranya adalah pola makan dan pola hidup yang baik. Hal tersebut melingkupi asupan makanan, aktivitas harian seperti olahraga , pengelolaan stress yang baik. Sehingga kamu dapat menurunkan berat badan secara maksimal. Meskipun ada beberapa kebiasaan makan yang bikin gagal diet, kamu harus mengetahuinya sejak dini. 

Advertisment

Saat menjalankan program diet memang banyak sekali godaan yang terjadi, sehingga memancing untuk menggagalkan diet kamu. Tanpa kamu sadari mungkin ada beberapa kebiasaan makan yang membuat diet kamu gagal. Nah, berikut ini kami sudah merangkum 7 kebiasaan makan yang bikin program diet kamu gagal. 

Berganti Gaya Olahraga

Dalam menjalankan program diet, olahraga merupakan salah satu kunci utama yang harus kamu lakukan secara rutin. Ketika kamu melakukan kegiatan olahraga dibutuhkan komitmen yang kuat untuk menurunkan berat badan. Ketika kamu melakukan kegiatan olahraga dengan mengganti programnya secara terus menerus, hal ini dapat memicu proses pembakaran lemak atau kalori dalam tubuh yang tidak konsisten. 

Ketika kamu tidak melihat perubahan pada tubuh padahal aktivitas yang dilakukan sudah maksimal, rasa kecewa pasti ada. Namun, harus segera kamu cari asal muasalnya. : Berubahnya dari satu kegiatan latihan olahraga ke yang lain memang terdengar bagus secara teori. Namun, pada akhirnya hal inilah yang dapat membuat kekacauan dalam proses penurunan berat badan secara konsisten. Hal tersebut diungkapkan dalam halaman Eat This Not That!. 

Aturan praktis yang baik adalah dimana memberikan program latihan olahraga selama satu bulan. Klaudia lihatlah adakah perubahan atau kemajuan yang terjadi. Jika tidak ada kemajuan maka kamu bisa mengukurnya dengan cara lain. Kamu dapat menyelesaikan atau meningkatkan jumlah repetisi dari gerakan tertentu, misalnya melakukan push up atau berlari cepat. 

Mengonsumsi Terlalu Banyak Camilan 

Cemilan sehat merupakan salah satu waktu ngemil selama masa diet berlangsung. Dalam masa diet ini kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi jenis cemilan yang baik atau sehat saha. Misalnya buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian saja. Namun, beberapa makanan sehat juga memiliki jumlah kalori yang sedang, sehingga jika kamu mengkonsumsinya dalam porsi berlebih justru akan meningkatkan asupan kalori dalam tubuh. 

Sehingga tanpa kamu sadari program diet kamu akan gagal kembali. Misalnya almond dan alpukat yang merupakan superfood yang sangat sehat bagi tubuh sebagai camilan atau snack sehat. Jika kamu mengkonsumsinya dalam porsi berlebih hal inilah yang justru akan memicu kenaikan berat badan dan membuat diet kamu gagal tanpa disadari. Lakukanlah pemantauan terhadap porsi camilan yang dikonsumsi. Jika bisa hindarilah konsumsi camilan. 

Tidak Mau Repot Memasak

Selanjutnya kebiasan makan yang bikin diet kamu gagal ini karena kebiasan yang tidak mau repot memasak. Kamu mungkin memang tidak dapat memasak, namun hal inilah yang akan membuat program diet kamu gagal. Karena pada akhirnya kamu memutuskan membeli di luar. Dalam buku Body Clutter, Marla Cilley menyarankan untuk memasak hal ini guna mendukung program diet kamu agar tidak gagal. 

Selain itu kamu dapat menyimpan seporsi kecil di lemari es untuk kamu santap di jam makan lainnya. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot masak berkali-kali dalam sehari. Selain itu kamu juga akan terhindar dari konsumsi makanan berbahaya yang tanpa kamu sadari mengganggu program diet kamu hingga gagal. Karena jika mengolah makanan sendiri, maka porsi yang dikonsumsi dapat ditentukan dengan jumlah yang pas dna tidak berlebihan. 

Tidak Cukup Tidur

Waktu tidur atau istirahat sangat penting dan memiliki peranan dalam mendukung proses penurunan berat badan selama masa diet berlangsung. Dalam sebuah penelitian di Howard Hughes Medical Institute di Stanford University dikatakan, semakin berkurangnya waktu tidur maka semakin berkurangnya leptin, yaitu hormon yang membantu menurunkan berat badan. 

Dengan begitu ketika kamu kekurangan waktu tidur maka akan menyebabkan proses penurunan berat badan juga lambat. Selain itu dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup maka akan membantu mengurangi 200 kalori kebutuhan tubuh setiap harinya. Sehingga proses penurunan berat badan akan berlangsung dengan baik. 

Melewatkan Sarapan

Kesalahan yang membuat diet gagal adalah ketika kamu menghindari jam sarapan. Hanya karena kamu tidak makan pagi atau sarapan, maka bukan berarti asupan kalori kamu berkurang. Justru hal inilah yang akan menyebabkan kamu menjadi sangat lapar dan akan menelan apapun yang dapat masuk di jam makan berikutnya. Karena hal ini disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang merosot. 

Sehingga akan menyebabkan kamu merasa lapar sekaligus emosional. Tanpa kamu sadari mengonsumsi lebih banyak makanan inilah yang justru akan membuat diet kamu gagal. Selain itu dengan melewatkan waktu sarapan metabolisme dalam tubuh kamu akan menurunkan laju yang dulunya normal menjadi lambat. Sehingga diet kamu akan memperlihatkan progress yang sangat lambat. 

Mengira Bahwa Memiliki Metabolisme Yang Lambat Membuat Kamu Makan Sedikit

Dalam sehari tubuh setidaknya harus membutuhkan asupan 1000 hingga 1.500 kebutuhan kalori. Namun, jika metabolisme kamu memiliki laju yang lambat, maka kebutuhan kalori harian kamu akan di bawah angka normal, yaitu 1.200 kalori. Dengan demikian, tentunya kamu harus melengkapinya dengan asupan multivitamin dan pil kalsium 500 mg. 

Kamu harus memastikan juga asupan buah-buahan bergizi yang kaya akan kandungan air dan serat. Sehingga kamu dapat mengembalikan metabolisme dalam tubuh. Lambatnya laju metabolisme ini kerap kali membuat seseorang berpikir untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah kalori yang sangat kecil, padahal hal inilah yang dapat menghambat proses penurunan berat badan juga. 

Mengkonsumsi Minuman Beralkohol 

Terakhir kebiasan yang bikin diet kamu gagal adalah dimana kamu mengonsumsi minuman beralkohol. Hal ini akan mempengaruhi sintesis protein otot atau MPS. Yang dapat mengurangi kemungkinan pembentukan otot, dapat memicu gangguan tidur dan menyebabkan dehidrasi. Yang mana semua hal ini akan berkontribusi pada penambahan berat badan secara signifikan. Ketika kamu mengonsumsi alkohol, hal inilah yang akan mengubah lemak menjadi energi. Selain itu lemak inilah yang cenderung disimpan di dalam sel dan menyebabkan kegemukan. 

Demikian pembahasan mengenai 7 faktor kebiasaan makan yang bikin diet kamu gagal total. Tentunya kamu tidak ingin diet yang mati-matian kau jalani bersifat sia-sia dan tidak menghasilkan apapun bukan? maka, hindarilah 7 kebiasaan yang sudah kami jelaskan diatas sehingga proses penurunan berat badan kamu tidak terganggu dan gagal seperti sebelumnya. 

dietgagal diet