Kapan Ibu Habis Melahirkan Boleh Mengerjakan Pekerjaan Rumah?

Nesiaverse.com – Penantian panjang ibu yang seolah terbayarkan sudah setelah melalui proses persalinan berhasil, dan fase post partum atau nifas yang sudah dimulai, namun setelah ini banyak ibu yang masih belum tahu dengan kapan ibu habis melahirkan boleh dan bisa mengerjakan pekerjaan rumah?

Umumnya tubuh yang akan mengalami beberapa perubahan yang sangat luar biasa selama kehamilan dan juga setelah melahirkan dan tubuh nantinya akan kembali lagi ke kondisi sebelum hamil yang secara berangsur-angsur, dimana untuk beberapa perubahan yang terjadi setelah proses persalinan seperti mengalami penurunan kadar hormon yang secara tiba-tiba, kembalinya volume darah normal dan juga pelepasan kelebihan air yang tertahan selama masa kehamilan.

Tentu saja dengan perubahan tersebut yang bisa menyebabkan kelelahan yang sangat luar biasa, ditambah lagi di waktu yang sama ibu juga yang harus merawat bayi yang baru saja dilahirkan ke dunia, nah untuk ibu yang ingin tahu kapan boleh mengerjakan pekerjaan rumah setelah ibu melahirkan.

Advertisment

Untuk mengetahui jawaban tersebut maka ibu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini mengenai kapan ibu yang selesai melahirkan boleh beraktivitas kembali seperti semula.

Kapan Ibu Habis Melahirkan Boleh Mengerjakan Pekerjaan Rumah?

Advertisment

Dimana untuk masa pemulihan pasca persalinan yang akan berlangsung cukup lama antara 4 sampai 6 minggu dan bahkan untuk sebagian ibu yang mungkin harus melewati waktu yang lebih lama untuk bisa merasa pulih yang secara sepenuhnya, dalam waktu ini ibu yang harus memperhatikan kesehatan ibu dan bayi dengan meningkatkan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Biasanya untuk ibu yang melakukan persalinan dengan melalui operasi caesar yang biasanya akan terdapat lebih banyak batasan yang bisa dilakukan pada hari-hari dan minggu-minggu setelah melahirkan, pada fase nifas ibu yang harus merawat diri sendiri dengan sangat baik untuk mengembalikan dan membangun kembali kekuatan baik secara fisik maupun secara mental.

Sehingga umumnya untuk ibu yang baru selesai melahirkan yang membutuhkan banyak istirahat, nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga bantuan untuk beberapa minggu pertama, untuk beberapa minggu pertama setelah menjalani proses melahirkan yang merupakan masa transisi besar.

Dimana jadwal tidur yang tidak teratur, tantangan menyusui bayi, perubahan hormonal dan masih banyak lagi yang lainnya yang tentu saja hal ini yang tidak akan mudah untuk dilalui oleh seorang diri, nah untuk pertanyaan mengenai kapan ibu habis melahirkan boleh mengerjakan pekerjaan rumah yang dapat dilakukan 1 minggu setelah persalinan untuk beberapa pekerjaan rumah tangga bersifat ringan.

Sementara untuk beberapa hari setelah proses persalinan ibu yang harus fokus terhadap proses pemulihan dan juga perawatan bayi terlebih dahulu, untuk ibu yang menjalankan proses persalinan caesar maka hindari untuk melakukan aktivitas apa pun yang dapat membuat tubuh atau luka sayatan yang menjadi tegang.

Jangan lakukan membungkuk, mendorong dan juga mengangkat beban berat, tingkatkan aktivitas yang secara bertahap pada saat tubuh mulai mendapatkan kembali energi dan kekuatannya, selain itu juga ibu yang harus mendengarkan isyarat tubuh dan jangan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan rumah.

Selain itu ibu yang bisa dengan berjalan kaki pelan di pagi hari yang akan memberikan sejumlah manfaat termasuk membuat tubuh menjadi lebih bugar, mendapatkan sinar matahari yang sehat dan juga mengurangi stres dan untuk melakukan aktivitas ini yang bisa dilakukan 2 minggu setelah melahirkan.

Jika ibu ingin berjalan kaki atau olahraga ringan maka lakukan secara perlahan jangan tergesa-gesa dan pastikan juga untuk menghindari mencoba melakukan olahraga yang berat dengan gerakan ekstrim pada periode ini, mungkin hanya itu saja ulasan mengenai kapan ibu habis melahirkan boleh mengerjakan pekerjaan rumah yang bisa membantu dan bermanfaat.

ibu melahirkan