Kapan Anak Kucing Bisa Makan?

Nesiaverse.com – Kapan anak kucing bisa makan? Mengingat hal ini harus diketahui dan diperhatikan oleh para pemelihara kucing. Karena tidak jauh berbeda dengan bayi manusia, anak kucing yang baru lahir juga tentunya membutuhkan perhatian dan perawatan khusus, khususnya masalah makanan.

Kucing yang baru lahir ini membutuhkan ASI eksklusif dari induknya, selain itu dengan perawatan yang tepat, anak kucing nantinya akan tumbuh sehat di masa perkembangannya. Namun, tentunya kamu mungkin menemukan bayi kucing terlantar tanpa sang induk. 

Sehingga hal tersebut membuat kamu kebingungan ketika mengadopsinya, dimana merawatnya sendiri dirumah dan tidak mengetahui persoalan mengenai anak kucing. Salah satunya kapan anak kucing bisa diberi makan?

Advertisment

Nah, untuk mengetahui jawabannya, berikut kami sudah merangkumnya dalam artikel di bawah ini. Sehingga dapat membantu untuk menjawab pertanyaan kamu terkait waktu makan anak kucing

Kapan Anak Kucing Bisa Makan?

Advertisment

Anak kucing yang baru lahir sama dengan bayi manusia, yang mana membutuhkan asupan ASI dari induknya. Setidaknya ASI ini perlu dipikirkan pada anak kucing hingga dirinya menginjak usia 4 atau 5 minggu dari kelahirannya. 

Sayangnya, untuk anak kucing yang terlantar dan tanda induk, kamu perlu mencoba dan menemukan kucing induk menyusui. Sehingga kucing tetap dapat terawat dengan baik dan tumbuh sehat. Jika hal tersebut masih menjadi permasalahan, kamu dapat mengunjungi dokter hewan atau shelter setempat. 

ASI sendiri merupakan makanan terbaik untuk setiap bayi mamalia, sebelum memberi susu botol pada anak kucing dan susu formula tambahan. Kamu disarankan untuk mencari induk kucing untuk menyusuinya. 

Anak kucing akan tumbuh 15 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan bayi manusia. Selain itu ukuran perut bayi kucing juga hanya akan membesar bahkan sebesar ibu jari saja. Sehingga kamu tidak boleh memberikannya makan terlalu banyak. 

Kamu dapat memberikannya makan secara berkala dengan kebutuhan kucing tersebut. Kamu dapat melihat berapa usia yang tepat untuk anak kucing bisa diberi makan selain susu. Jadi kapan anak kucing bisa makan? Yaitu ketika usia anak kucing ini menginjak usia 6 hingga 12 minggu. 

Dimana pada usia 6 hingga 12 minggu ini anak kucing memiliki aturan konsumsi atau pemberian makanan tertentu. Yaitu sebanyak 4 kali dalam sehari, tentunya dengan porsi yang disesuaikan dan tidak berlebihan ingatlah jika ukuran perut anak kucing kecil. 

Sehingga kamu dilarang untuk memberikan banyak makanan dalam porsi yang besar pada anak kucing di usia 6-12 minggu tersebut. Selain itu ketika usianya menginjak 12 minggu keatas, sebaiknya kamu mulai memberikan makanan sebanyak 3 kali sehari. 

Nah, ketika anak kucing menginjak usia 12 minggu keatas, maka kamu dianjurkan mengurangi waktu makannya namun dapat menambahkan porsinya. Kamu juga dapat mulai memberikan anak kucing susu pengganti atau tambahan. 

Ketika kucing menginjak usia 6 bulan, kamu dapat mulai mengurangi waktu makannya menjadi sebanyak 2 kali dalam sehari saja. Namun, porsi makannya juga berubah daripada usai di bawahnya dengan porsi yang lebih banyak dan jenis makanan yang berbeda. 

Dalam memberi makan kucing, kamu harus memperhatikan jam makannya. Selain itu karena telat memberi makan anak kucing hal ini dapat mengancam dan membahayakan kesehatan hingga nyawanya. Sehingga kamu harus berhati-hati. 

Jika kamu sedang makan kemudian kucing itu tergoda untuk mengkonsumsi makanan tersebut maka kamu sebaiknya tidak tergoda untuk memberikannya makanan. 

Hal tersebut tentunya akan berdampak pada kesehatannya, karena anak kucing tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Kamu cukup memberikan makanan khusus kucing di waktu yang tepat. Sehingga akan terpenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan sang kucing. 

Selain usia, porsi makanan waktu makan kamu tidak boleh melupakan kebutuhan air minum sang kucing. Dimana kamu dianjurkan menyediakan air minum di sekitar sang kucing. 

Anak kucing memiliki telinga dan hidung yang cukup peka, sehingga dirinya dapat menangkap bau yang mengganggu juga. Hal inilah yang menyebabkan kucing senang minum dari genangan air jika dibandingkan dengan air yang disediakan

Nah, demikian pembahasan mengenai kapan anak kucing bisa makan? Kami sudah menjelaskan dalam ulasan diatas berdasarkan usia sang kucing dan kebutuhan serta porsi makan yang tepat. Sehingga anak kucing dapat memenuhi kebutuhannya dan tumbuh sehat.

anak kucingkucing