Kandungan Vitamin Kulit Mangga

Nesiaverse.com – Ternyata selain daging buahnya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, kulit kulit buah Mangga juga memiliki manfaat untuk tubuh lalu apa saja kandungan yang terdapat pada kulit Mangga dan kamu bisa mengetahuinya dengan simak penjelasannya disini.

Pastinya sudah tidak asing dengan buah yang satu ini dengan memiliki warna kulit hijau jika masih mentah atau muda dan sudah matang berubah menjadi warna kuning cerah dan itu buah Mangga, dengan memiliki rasa yang manis, harum dan juga menyegarkan sehingga banyak orang yang menyukai buah yang satu ini.

Dalam mengkonsumsi buah Mangga kebanyakan orang yang kerap sekali membuang kulit Mangga, namun ternyata kulit Mangga juga yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh yang masih banyak belum orang ketahui.

Advertisment

Kandungan kulit Mangga yaitu mengandung banyak nutrisi dan juga fitokimia seperti tanin, polifenol dan juga karotenoid didalamnya, selain itu juga mengandung antioksidan didalamnya seperti norathyriol, mangiferin dan juga resveratrol, bahkan kulit Mangga juga yang merupakan salah satu sumber yang kaya akan serat makan, mineral dan juga vitamin yang memiliki peran penting untuk tubuh.

Namun sebelum kamu mengkonsumsi kulit Mangga ini sebaiknya untuk memastikan bahwa sudah mencuci kulit Mangga dengan bersih menggunakan air hangat ditambah garam, hal ini bertujuan agar lebih sehat dan bisa mendapatkan manfaatnya dengan baik untuk tubuh.

Advertisment

Kandungan Vitamin Kulit Mangga

Dengan beragam kandungan dari kulit Mangga ini sehingga membuat kulit Mangga ini yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan dan merasakan manfaatnya, adapun untuk beberapa manfaat dari kulit Mangga yaitu sebagai berikut:

Sifat Antioksidan

Dimana kulit Mangga yang diperkaya dengan kandungan polifenol, antioksidan alami didalamnya yang memiliki peran penting dalam membantu melawan radikal bebas dan juga membantu mencegah kerusakan pada sel, selain itu juga kulit Mangga ini yang terdapat antioksidan seperti narathyriol. mangiferin dan juga resveratrol didalamnya.

Dimana sebuah penelitian yang menemukan bahwa ekstrak kulit Mangga yang memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat, hal ini dikarenakan konsentrasi polifenol yang sangat tinggi yang akan membantu melawan stres oksidatif yang bisa menyebabkan penyakit diabetes, dimana kulit Mangga ini juga yang mengandung senyawa tanaman seperti triterpenoid dan triterpenoid yang berfungsi untuk mencegah kanker dan juga diabetes.

Melawan Penyakit Kanker dan Jantung

Kulit Mangga yang mengandung fitokimia didalamnya seperti tanin dan juga polifenol yang memiliki peran penting dalam membantu mencegah dan melawan berbagai penyakit seperti penyakit kanker dan juga penyakit jantung, dimana kandungan fitokimia ini yang merupakan senyawa kimia yang terdapat pada tanaman.

Kandungan fitokimia yang memiliki efek untuk terhadap penyakit kronis yaitu seperti penyakit jantung, kanker atau diabetes, selain itu juga kandungan fitokimia juga yang bisa membantu dalam menjaga dan mengontrol tekanan darah dan juga mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh penuaan.

Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan tanin dalam kulit Mangga yang ternyata bertindak sebagai agen anti inflamasi yang berfungsi untuk membantu memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh alergi atau infeksi yang lainnya.

Bahkan selain itu juga dengan mengkonsumsi kulit Mangga ini yang akan membantu untuk membersihkan tubuh kamu dengan cara membuang racun di dalamnya, sehingga dengan  begitu bisa meningkatkan fungsinya.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Ternyata kulit Mangga yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan sekaligus membantu meningkatkan kolesterol baik, manfaat ini yang berasal dari kandungan pektin dalam kulit Mangga yang memiliki peran dalam menurunkan kolesterol.

Dimana dengan mengkonsumsi sekitar 100 gram kulit Mangga mentah pada setiap harinya selama 6 minggu yang akan membuat kadar kolesterol jahat menjadi lebih rendah sekaligus membantu meningkatkan kolesterol baik, dengan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh yang bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Menurunkan Berat Badan

Kulit Mangga ini yang rendah kalori namun kaya kana serat makanan didalamnya yang ternyata bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, dengan kandungan serta makanan yang tinggi bisa membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama sehingga dengan begitu kamu tidak akan mengkonsumsi banyak makanan.

Selain itu juga dengan kandungan serat yang tinggi juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki pencernaan dan juga mencegah mengalami sembelit, membantu melawan kanker usus besar dan juga masalah pencernaan yang lainnya.

Mungkin hanya itu saja beberapa kandungan yang terdapat pada kulit Mangga yang perlu kamu ketahui dan dengan mengkonsumsi kulit Mangga juga yang bisa memberikan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah manggakulit buah manggamanfaat buah mangga