Kandungan Vitamin Buah Apel, Cegah Asma, Kanker Hingga Diabetes

Nesiaverse.com – Buah Apel yang pastinya sudah tahu dengan salah satu buah yang satu ini, dimana kandungan vitamin yang terdapat dalam buah Apel yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Apel yang merupakan salah satu buah yang sangat populer di seluruh dunia dengan memiliki warna kulit merah jika sudah masak dan sudah siap dimakan, tetapi ada juga buah Apel yang memiliki warna hijau atau kuning dengan memiliki daging buahnya yang keras dan terdapat biji kecil didalamnya.

Bentuk buah Apel ini yang bulat dengan ujungnya yang pangkal berlekuk datar, dengan memiliki tekstur liat dan sedikit kandungan air didalamnya dengan rasanya yang manis, renyah serta sangat cocok dinikmati dengan salad segar.

Advertisment

Buah Apel yang selain lezat dan menyegarkan dimakan ternyata buah yang satu ini juga yang terdapat banyak manfaatnya yang baik untuk kesehatan yang tidak perlu untuk diragukan lagi, dimana untuk buah Apel ini yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena didalamnya yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Buah Apel yang diketahui mengandung berbagai vitamin dan mineral di dalamnya dan juga rendah kalori, bahkan selain itu juga buah Apel juga yang memiliki kandungan antioksidan, untuk mengetahui lebih jelasnya dengan kandungan gizi atau vitamin buah Apel bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Advertisment

Kandungan Vitamin Buah Apel

Untuk pohon Apel ini yang awalnya berasal dari bagian Timur Eropa dan juga Barat Daya Asia, dan buah Apel ini yang mulai tersebar ke seluruh dunia dengan menghadirkan berbagai varian Apel yang sangat mudah untuk ditemukan.

Dimana buah Apel ini yang memiliki warna yang beragam ada warna kulit merah, hijau atau kekuningan dengan memiliki rasa yang berbeda-beda pula, untuk rasanya ada yang seperti madu dan ada juga yang sedikit asam walaupun buah Apel tersebut sudah matang.

Namun walaupun warna kulit dan rasanya yang berbeda tetapi buah Apel ini yang tetap memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi di dalamnya yang sangat baik untuk tubuh, berikut ini ada beberapa kandungan vitamin buah Apel yang dihitung dalam per 100 gram nya yaitu:

  • 90 mcg vitamin A
  • 0,04 mg vitamin B1
  • 0,03 mg vitamin B2
  • 5 mg vitamin C
  • 0,3 gr protein
  • 14,9 gr karbohidrat
  • 58 kalori
  • 2,6 gr serat
  • 124,20 mg tembaga
  • 84,1 gr air
  • 130,0 mg kalium
  • 10 mg fosfor
  • 0,3 mg zinc
  • 6 mg kalsium
  • 2 mg natrium

Dengan memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan juga antioksidan didalam buah Apel ini tentu saja sangat baik untuk tubuh kita, untuk kamu yang ingin tahu dengan manfaat dari mengkonsumsi buah Apel untuk kesehatan berikut beberapa manfaatnya.

Buah Apel yang Kaya Kandungan Antioksidan

Buah Apel ini yang memang memiliki banyak kandungan didalamnya dan selain itu juga terdapat kandungan lainnya yaitu beta karoten atau vitamin A bermanfaat sebagai salah satu sumber antioksidan, dimana beta karoten ini merupakan pigmen tumbuhan yang akan memberikan warna yang cerah seperti kuning, merah atau oranye.

Untuk manfaat dari beta karoten sendiri yang bisa membantu dalam mengurangi serta mencegah terjadinya stres oksidatif pada tubuh, selain itu juga senyawa ini yang mampu membantu untuk melindungi mata , kulit hingga dengan gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer.

Menurunkan Berat Badan

Buah Apel yang terdapat serat di dalamnya yang bersifat larut dan tidak larut, untuk serat larut yang biasa disebut dengan pektin yang bermanfaat dalam membantu untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah dan pektin ini yang bekerja sama dengan komponen fitonutrien yang akan mengontrol dalam kadar lemak dan kadar gula di dalam darah.

Dengan kandungan serat dan air di dalam buah Apel yang selain dapat menjaga kesehatan pada pencernaan tetapi juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan karena akan lebih cepat kenyang, sehingga dengan mengkonsumsi buah Apel ini  yang bermanfaat dalam membantu untuk menjaga keseimbangan dan juga menurunkan berat badan.

Menjaga Kepadatan dan Kekuatan Tulang

Kandungan mineral yang terdapat didalam buah Apel yaitu terdapat zat besi dan kalium yang bermanfaat untuk membantu menjaga kepadatan dan juga kekuatan pada tulang, selain itu juga senyawa antioksidan serta anti inflamasi yang bermanfaat dalam menjaga serta meningkatkan massa tulang.

Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Dengan mengkonsumsi buah Apel secara rutin ternyata dapat  membantu untuk menjaga dan juga  mencegah terjadinya risiko penyakit jantung, hal ini yang dikarenakan buah Apel yang terdapat kandungan didalamnya yang bisa menurunkan kadar kolesterol didalam darah.

Untuk Salah satu kandungan yang terdapat didalam buah Apel ini ada senyawa polifenol yang berada di bagian kulit yang berfungsi sebagai antioksidan, selain itu juga untuk senyawa polifenol yang berupa flavonoid epicatechin yang mampu membantu untuk menurunkan tekanan darah dan terjadinya risiko stroke.

Menurunkan Penyakit Asma

Antioksidan di dalam buah Apel yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dan terutama untuk menangkal berbagai radikal bebas yang dapat merusak sel, kandungan antioksidan yang dapat melindungi paru-paru dari berbagai kerusakan oksidatif sehingga dapat menurunkan asma.

Kandungan flavonoid di bagian kulit Apel yang mampu membantu dalam mengatur sistem kekebalan tubuh serta mengurangi peradangan.

Mencegah Kanker

Buah Apel yang memiliki warna kulit merah yang berasal dari kandungan antosianin yang bermanfaat mencegah peradangan dan juga kanker, dimana salah satu flavonoid yang terdapat dalam buah Apel yang mampu membantu untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kanker pankreas.

Menurunkan Diabetes

Kandungan polifenol yang mampu membantu untuk mencegah kerusakan jaringan dan juga sel beta pankreas sehingga dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2, dimana sel beta yang bisa menghasilkan insulin dan biasanya sering mengalami kerusakan untuk penderita diabetes tipe 2 dengan kandungan serat dalam buah Apel yang mampu membantu melindungi dan menurunkan diabetes.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai kandungan vitamin buah Apel yang dapat kamu ketahui dan kamu juga bisa mengetahui beberapa manfaatnya dari mengkonsumsi buah Apel, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

apelbuah apelkandungan buah apelvitamin buah apel