14 Kandungan Ubi Ungu dan Manfaatnya

Nesiaverse.com – Ubi ungu yang terkenal sebagai pengganti nasi ditambah lagi memiliki rasa yang manis yang sangat khas membuat siapa saja menyukai ubi tersebut, lalu apa saja kandungan gizi yang terkandung didalam ubi ungu? Untuk mengetahuinya yuk simak bersama-sama.

Ubi ungu sendiri berasal dari keluarga Dioscoreaceae dan untuk jenis ubi yang satu ini berasal dari Afrika dan juga Asia biasa tumbuh dengan sangat baik di daerah tropis dan juga subtropis termasuk juga di Indonesia yang bisa kita temui dengan mudah di pasaran.

Ubi ungu merupakan salah satu jenis ubi dari lebih 600 spesies ubi, tetapi hanya terdapat sekitar 15 sampai 20 jenis ubi saja yang bisa dan aman dimakan, tanaman umbi-umbian ini umumnya pada bagian akarnya dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat.

Advertisment

Ubi ungu yang memiliki nama latin Ipomoea batatas L. dalam bahasa Inggris ubi ungu dikenal dan populer dengan sebutan nama purple sweet potato, okinawa sweet potato, sweet potato, dan juga purple yam, ubi yang satu ini memiliki warna ungu yang mencolok dan warna ungu pada ubi ini yang disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan dan juga antosianin didalamnya.

Tidak hanya itu saja ubi ungu yang memiliki aroma yang lebih khas dan rasanya yang bervariatif ada yang sangat manis, sedikit manis, pahit dan sedikit pahit, bentuk ubi ungu yang merujuk pada tempat asal mereka tumbuh dan bentuknya juga hampir menyerupai kentang.

Advertisment

Ubi ungu yang biasanya dibuat menjadi bubuk atau pasta digunakan untuk mewarnai kue manis, roti hingga makanan panggang lainnya, saat dimasak ubi ungu merupakan sumber vitamin dan juga antioksidan yang baik.

Mungkin kebanyakan orang yang lebih akrab dan lebih sering mengkonsumsi ubi kuning dibandingkan dengan ubi ungu, namun jangan salah kandungan nutrisi yang terdapat dalam ubi ungu juga yang tidak kalah penting dari ubi kuning.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan kandungan ubi ungu, maka dibawah ini kita akan membahasnya secara detailnya untuk itu yuk simak informasinya disini dengan seksama.

Kandungan Ubi Ungu

Ubi ungu adalah sumber beta karoten sangat baik untuk tubuh, tetapi jenis ubi yang satu ini mengandung lebih banyak pigmen antosianin memberikan warna ungu, senyawa antosianin merupakan antioksidan kuat bisa mengurangi inflamasi dan juga meningkatkan imun tubuh.

Bahkan tidak hanya itu ubi ungu juga yang mengandung antosianin 3 kali lebih banyak daripada buah bluberi, selain itu dalam porsi 100 gram ubi ungu yang telah dimasak mengandung nutrisi yaitu sebagai berikut:

  1. 87 kalori
  2. Karbohidrat 20 gram
  3. Serat 3,3 gram
  4. Protein 2 gram
  5. Lemak kurang dari 1 gram
  6. Tembaga 21% dari kebutuhan harian
  7. Vitamin B6 18% dari kebutuhan harian
  8. Vitamin C 14% dari kebutuhan harian
  9. Potasium 8% dari kebutuhan harian
  10. Sodium 0,83% dari kebutuhan harian
  11. Vitamin A 4% dari kebutuhan harian
  12. Zat besi 4% dari kebutuhan harian
  13. Kalsium 2% dari kebutuhan harian
  14. Mineral lain yaitu seperti tembaga, mangan dan juga zat besi.

Ubi ungu yang mengandung potasium lebih tinggi daripada buah pisang, tidak hanya itu ubi ungu juga yang kaya serat namun rendah natrium, dengan beragam kandungan ubi ungu di atas tentu saja bisa memberikan beragam manfaatnya baik untuk kesehatan tubuh.

Apalagi ubi  ungu ini merupakan sumber protein, beta karoten, vitamin C yang baik serta kaya antosianin, untuk salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari ubi ungu untuk kesehatan yang terbesar yaitu tingkat antosianin yang tinggi.

Antosianin merupakan pigmen larut dalam air yang berwarna ungu dan ini bisa ditemukan juga pada buah anggur, beri, dan juga beberapa buah tropis lainnya, kandungan antosianin tersebut yang memiliki banyak khasiat penyembuhan dan juga pencegahan diantaranya:

  • Kanker
  • Diabetes
  • Peradangan
  • Infeksi mikroba
  • Obesitas
  • Penyakit  kardiovaskular

Walaupun demikian ubi ungu ini yang bukan ditujukan sebagai obat dari berbagai penyakit tersebut, tetapi ubi ungu ini yang bagus untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit di atas.

Bahkan tidak hanya dagingnya saja namun kulit ubi ungu juga yang mengandung beta karoten tinggi didalamnya, hal ini merupakan nutrisi diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

Fitokimia yang berperan dalam meningkatkan kesehatan tubuh yang secara keseluruhan dan juga membantu mencegah berbagai penyakit, selain itu ubi ungu yang terbukti bisa mengatur metabolisme dan juga meningkatkan fungsi jantung.

Dengan makan makanan seimbang dengan ubi ungu ini yang bisa membantu dalam mengontrol berat badan dan juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, selain itu ubi ungu terbukti bisa mengurangi lemak di hati, memperbaiki sekum dan juga usus besar setelah seseorang konsumsi makanan yang berlemak.

Dimana ubi ungu ini yang akan meningkatkan kesehatan usus dengan meningkatkan bakteri baik di dalam perut, dengan metabolisme teratur dan juga kesehatan usus lebih baik maka tubuh akan terasa lebih baik secara keseluruhan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa kandungan ubi ungu yang memiliki peranan penting dalam memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

kandungan ubi unguubi ungu