6 Jus Buah Pelancar Asi Untuk Ibu Menyusui

Nesiaverse.com – Pada saat menyusui biasanya kebutuhan nutrisi yang sangat mempengaruhi pada kualitas dan juga kuantitas ASI, dengan begitu ibu yang harus memastikan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik dan sekarang ini sudah terdapat beberapa jus buah pelancar ASI yang dapat ibu coba konsumsi secara rutin.

Dimana pasokan ASI tersendat yang menjadi salah satu masalah untuk para pejuang ASI apalagi jika pasokan ASI ini yang semakin minum, sehingga dengan begitu hal ini  yang tidak akan mendukung kebutuhan bayi selama masa menyusui dalam masa pertumbuhannya.

Dikutip dari laman Romper Dr Vonne Jones, MD, FACOG, yang merupakan seorang obgyn di Total Women Care di Houston yang menyatakan bahwa “banyak sekali pasien yang datang setelah melakukan proses persalinan dan mereka yang mengkhawatirkan suplai ASI mereka”.

Advertisment

Selain itu Dr, Jones yang menambahkan bahwa banyak ibu menyusui menyadari bahwa mereka yang tidak mempunyai persediaan ASI yang cukup untuk membantu mendukung bayi dalam proses bertumbuh kembangnya, Dr. juga yang menyarankan kepada ibu menyusui sebelum menjadwalkan belanja beberapa herbal sebagai booster ASI sebaiknya ibu ber konsultan laktasi atau berbicara dengan obgyn mengenai kekhawatiran tersebut.

Nah untuk kamu yang ingin memiliki ASI yang lancar untuk memenuhi kebutuhan bayi, makan dibawah ini ada beberapa jus buah pelancar ASI yang dapat ibu konsumsi dan untuk mengetahui apa saja jenis jus buahnya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Advertisment

Jus Buah Pelancar Asi Untuk Ibu Menyusui

Terdapat banyak sekali cara yang dapat ibu lakukan untuk memperlancar produksi ASI dan salah satu caranya dengan mengkonsumsi jus buah yang mengandung nutrisi khusus seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, kalsium, zat besi dan juga nutrisi lainnya yang bermanfaat dalam mendukung meningkatkan produksi ASI untuk ibu menyusui.

Dimana mengutip dari Kuvings yang tidak terdapat larangan untuk ibu menyusui dalam mengkonsumsi jus buah tetapi ibu harus memperhatikan asupan gula, dalam pembuatan jus buah yang sebaiknya untuk tidak menambahkan gula dan biarkan hanya sumber manis alami yang tetap dari buah tersebut.

Berikut beberapa jenis jus buah yang dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui dan juga sekaligus dalam membantu melancarkan proses produksi ASI yaitu sebagai berikut:

Jus Buah Melon Jingga

Buah Melon jingga atau kerap disebut dengan nama kantalup yang merupakan salah satu jenis buah yang dapat dijadikan sebagai jus untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui yang menjadi jus buah pelancar ASI, hal ini dikarenakan buah Melon jingga yang mengandung vitamin C dan juga kadar kandungan air yang tinggi yang akan membantu ibu jika mengalami dehidrasi pada saat memberikan ASI, selain itu juga buah ini yang bisa membantu memberikan energi yang dibutuhkan pada saat menyusui dna juga membantu melancarkan produksi ASI.

Jus Buah Alpukat

Salah satu jenis jus buah yang dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui sebagai pelancar ASI yaitu jus buah Alpukat hal ini karena buah Alpukat yang mengandung lemak sehat di dalamnya yang merupakan sumber energi untuk ibu menyusui, selain itu juga buah Alpukat ini yang mengandung beragam kandungan nutrisi lainnya yang memiliki peran penting dalam meningkatkan proses produksi ASI.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Alpukat diantaranya ada vitamin B, vitamin E, vitamin K, kalium dan juga folat, selain itu juga buah Alpukat ini yang merupakan sumber asam amino yang sebagai pelancar produksi ASI yang dapat menyusun protein yang akan membantu dalam pertumbuhan sel di dalam tubuh bayi dan juga ibu selama memberikan ASI.

Jus Buah Pisang

Buah Pisang yang terkenal dengan memiliki manfaat untuk kesehatan dan rasanya yang enak dan bahkan buah ini menjadi buah favorit banyak orang, selain itu juga ternyata jus buah Pisang ini yang termasuk ke dalam salah satu jenis jus buah pelancar asi yang dapat ibu konsumsi selama masa menyusui.

Dimana mengutip dari Kidspot yang menyatakan bahwa buah Pisang ini merupakan buah yang berkalori tinggi dan juga dapat membantu meningkatkan kadar asam folat ibu menyusui, bahkan selain itu juga buah Pisang ini yang mengandung potasium yang berperan untuk membantu ibu menyusui tetap menjaga kadar cairan dan juga elektrolit serta membantu menjaga aliran ASI dengan sangat baik.

Jus Buah Jeruk

Dimana jus buah Jeruk yang sangat menyegarkan selain menyegarkan jus buah Jeruk juga yang memiliki manfaat untuk ibu menyusui dan juga bayi, hal ini dikarenakan buah Jeruk yang mengandung vitamin C di dalamnya yang sangat baik dan dibutuhkan oleh ibu menyusui untuk membantu dalam memberikan energi tambahan sehingga dengan begitu produksi ASI yang semakin terbantu sehingga jus buah Jeruk ini termasuk ke dalam salah satu jenis jus buah pelancar ASI.

Jus Buah Strawberry

Jus buah Strawberry yang bisa membantu dalam meningkatkan produksi ASI hal ini dikarenakan buah Strawberry yang memiliki kandungan vitamin C, kalsium, zat besi kalium, hingga magnesium, selain itu juga kandungan air yang terdapat didalam buah Strawberry ini yang cukup banyak sehingga bisa membantu untuk hidrasi tubuh ibu selama proses pemberian ASI.

Jus Buah Kurma

Jus buah Kurma yang merupakan salah satu jenis jus buah pelancar asi yang dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui, dimana sebuah penelitian yang menunjukan bahwa buah Kurma ini yang dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan produksi ASI dan membantu meningkatkan kadar hormon prolaktin yang sebagai pendorong produksi ASI, bahkan tidak hanya itu saja buah Kurma ini yang mengandung zat besi di dalamnya yang baik untuk ibu menyusui dan juga bayi.

Mungkin hanya itu saja beberapa jus buah pelancar ASI yang perlu ibu ketahui dan bisa ibu konsumsi secara rutin selama masa menyusui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

asiibu menyusuijus buah