Jenis Pasir Kucing Yang Bisa Dicuci

Nesiaverse.com – Pasir adalah media yang digunakan kucing untuk buang air, biasanya mereka sering pup dengan menggali tanah di luar sebagai toiletnya. Namun, sekarang sudah banyak menyediakan berbagai jenis pasir khusus teruntuk kucing-kucing peliharaan di rumah.

Gunanya pasir tersebut tentu saja untuk kucing dapat buang air besar ataupun buang air kecil agar tidak sembarangan buang air dimana saja selama mereka berada di rumah. Jenis pasir untuk kucing banyak macamnya, salah satunya adalah jenis pasir kucing yang bisa dicuci.

Jenis pasir ini bisa didaur ulang dan digunakan kembali dengan cara dicuci menggunakan desinfektan. Cocok untuk kalian para cat lovers yang ingin berhemat biaya pengeluaran untuk kebutuhan atau keperluan si kucing di rumah, karena jenis pasir yang bisa dicuci relatif hemat.

Advertisment

Lalu kalau begitu apa saja jenis pasir kucing yang bisa dicuci? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait jenis pasir untuk kucing yang bisa dicuci kembali. Jadi langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Jenis Pasir Kucing Yang Bisa Dicuci

Advertisment

Kucing merupakan hewan yang terbiasa hidup di alam liar sebagai predator kecil yang gesit. Mereka mampu bertahan hidup untuk mencari makan dengan cara berburu atau skill bertahan hidup lainnya seperti berkelahi, dan grooming sama halnya cara mereka mandi serta buang air.

Mungkin untuk kamu yang pernah melihat kucing buang air, pastinya sudah tak asing lagi bagaimana caranya mereka pup atau pipis yaitu dengan cara menggali tanah lalu menguburnya setelah selesai buang air. Begitulah caranya bagi para kucing liar yang hidup bebas di alam liar.

Berbeda dengan ras kucing rumahan yang biasa dipelihara serta tinggal bersama pemiliknya di rumah, tentu saja memerlukan media teruntuk mereka saat ingin buang air. Salah satunya adalah pasir yang dijadikan toilet khusus untuk kucing ketika ingin buang air besar atau kecil.

Biasanya pasir ini akan disimpan ke dalam litter box sebagai toilet kucing dan mereka bisa pup atau pipis di atas permukaan pasir tersebut. Tapi, perlu untuk kamu ketahui kalau ingin membuat kucing bisa terbiasa buang air di pasir harus dilatih terlebih dahulu sampai terbiasa.

Membahas soal pasir, tentunya kamu akan terpikir pasir yang biasa kamu lihat di luar kan? Namun, ternyata pasir kucing ini berbeda jenisnya. Jadi sebutan pasir ini lebih mengacu pada bentuknya yang dibuat khusus seperti butiran atau serbuk seperti pasir tapi lebih besar.

Pasir yang biasa digunakan kucing untuk buang air atau sebagai toiletnya, ternyata memiliki jenis-jenisnya yang berbeda. Maka dari itu mari kenali terlebih dahulu mengenai jenis pasir kucing! Berikut dibawah ini ada 4 macam jenis pasir untuk kucing dan penjelasanya, yaitu:

  1. Pasir Bentonite atau disebut juga sebagai pasir gumpal karena pasir jenis ini akan langsung menggumpal ketika terkena urin ataupun feses si kucing. Pasir bentonite memiliki tekstur yang halus dan sangat mudah dibersihkan dengan cara mengambil bagian pasir yang menggumpal menggunakan scoop khusus, lalu masukan ke plastik dan buang. Selain praktis pasir jenis ini juga memiliki aroma yang beragam mulai dari aroma buah-buahan atau kopi, jadi tidak perlu khawatir akan berbau saat kucing buang air.
  2. Pasir Kristal adalah pasir yang terbuat dari silika gel berbentuk seperti butiran-butiran kristal serta memiliki daya serap yang lebih tinggi dibandingkan jenis pasir kucing lainnya. Hanya saja pasir ini mudah menempel di kaki si kucing dan resiko termakan oleh si kucing. Hal itu dapat membahayakan kucing karena jenis pasir ini kemungkinan terdapat zat kimia beracun untuk kucing, tapi bagusnya pasir ini bebas debu serta tidak berbau walaupun terkena urin atau feses si kucing jadi sangat aman bahkan untuk kitten.
  3. Pasir Organik adalah jenis pasir yang terbuat dari bahan-bahan organik alami seperti ampas tahu, kedelai, kertas, serat kayu, dan sangat ramah lingkungan. Bagusnya pasir ini bisa dibuang langsung melalui toilet tanpa perlu khawatir akan tersumbat, karena pasir tersebut akan langsung hancur saat terkena air. Bebas debu juga jadi sangat aman untuk pernafasan kucing walaupun memang harganya lebih mahal tapi tidak akan merugikan.
  4. Pasir Zeolit adalah pasir yang terbuat dari batuan zeolit yang dihancurkan secara halus maupun kasar dan paling banyak digunakan oleh kebanyakan pemilik kucing karena harga yang sangat terjangkau serta bisa dipakai kembali hanya dengan mencucinya.
  5. Seperti yang telah dijelaskan di atas terkait jenis-jenis pasir kucing serta jenis pasir kucing yang bisa dicuci adalah pasir Zeolit. Jenis pasir zeolit pada dasarnya memang bukan pasir asli, melainkan berasal dari batu yang dihaluskan atau dihancurkan menjadi serbuk pasir.

Biasanya jenis pasir zeolit memang banyak diminati para cat lovers, hanya saja daya serapnya sangatlah rendah. Sebab pasir zeolit terbuat dari bebatuan, makanya daya serap pasir ini sangat kurang tidak seperti jenis pasir bentonite, kristal, ataupun pasir organik yang daya serap tinggi.

Selain itu pasir zeolit tidak beraroma dan tidak cukup efektif untuk menyerap bau dari kotoran kucing. Jadi wajar saja jika masih tercium bau kotoran, terutama saat kucing pipis air urinnya bisa jadi menggenang di litter boxnya jika dibiarkan terlalu lama dan harus rutin dibersihkan.

Sebenarnya mencuci pasir zeolit ini mudah dilakukan, cukup dengan membersihkan bagian pasir yang kotornya dengan air bersih lalu direndam selama 30 menit menggunakan cairan desinfektan agar kuman dan bakterinya bisa terbasmi dan keringkan di bawah sinar matahari.

Pasir ini cocok untuk kamu yang ingin berhemat, cuma perlu mengeluarkan effort yang lebih banyak lagi untuk mencucinya dan sebaliknya buat kamu yang ingin lebih praktis atau gak mau ribet bisa memilih jenis pasir yang berbeda serta gunakan jenis pasir yang sekali pakai saja.

Meskipun pasir zeolit lebih murah, mudah ditemukan, dan bisa di daur ulang, tapi masih banyak kekurangannya. Mudah kotor atau bahkan kotorannya bisa menempel kembali di bulu si kucing, cukup ribet juga karena harus rutin dicuci dan harus melalui proses pencuciannya.

Walaupun begitu semuanya tergantung pada keputusan dari pemilik an kenyamanan si kucing. Karena mau bagaimanapun semua jenis pasir kucing memiliki keunggulan atau kekurangannya masing-masing, ada harga ada barang dan ada pula plus atau minusnya tersendiri.

Itulah beberapa jenis pasir kucing yang bisa dicuci, mungkin perlu untuk kamu ketahui apa saja jenis pasirnya. Dengan begitu kamu dapat membedakan jenis pasir untuk kucing dan dapat mengetahui seperti apa saja keunggulannya maupun kelemahan dari masing-masing jenisnya.

Usahakan untuk rutin membersihkan jenis pasir Zeolit agar kucing merasa nyaman saat buang air dan jangan lupa juga bersihkan litter boxnya sebelum menuangkan kembali pasir ke dalamnya, supaya lebih higienis serta terhindar dari kuman. Good Luck semoga membantu.

kucingpasir kucing