7 Jenis Kucing Afrika Yang Harus Kamu Ketahui

Nesiaverse.com – Membahas tentang kucing pastinya kamu terpikirkan banyak ras kucing yang terdapat hampir di semua benua, termasuk dari benua Afrika yang akan dibahas kali ini. Ternyata di benua Afrika sendiri terdapat spesies atau jenis kucing yang disebut kucing Afrika.

Jenis kucing Afrika ini sangat menarik perhatian banyak orang, dengan tampilannya yang eksotis serta merupakan pemburu yang handal di alam liar. Mungkin untuk sebagian orang yang baru pertama kali melihatnya, mereka akan menyangka kalau itu adalah macan atau cheetah.

Karena memang rupanya kalau dilihat sekilas menyerupai macan ataupun citah, bahkan corak bulunya pun hampir mirip. Makanya banyak sekali yang masih keliru dalam mengenali kucing dari Afrika ini. Tapi, kebanyakan jenis kucing Afrika ini hampir semuanya termasuk kucing liar.

Advertisment

Lalu kalau begitu apa saja jenis kucing Afrika? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang jenis-jenis kucing yang berasal dari Benua Afrika dengan berbagai ciri khasnya masing-masing yang eksotis. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Jenis Kucing Afrika Yang Harus Kamu Ketahui

Advertisment

Spesies kucing di bumi diperkirakan terdapat 38 jenisnya, baik kucing besar, kucing sedang, maupun relatif kecil. Seperti singa, harimau, macan, ataupun cheetah termasuk kucing besar, sedangkan kucing yang relatif kecil dan berukuran sedang tergantung pada ras kucing tersebut.

Kucing diketahui memiliki banyak jenis atau rasnya kurang lebih ada sebanyak 30 ras dan itu belum termasuk semua ras lainnya dari hasil perkawinan silang yang menghasilkan ras baru. Mungkin diperkirakan kurang lebih ada 142 jenis ras kucing yang ada di seluruh dunia ini.

Kucing termasuk dalam salah satu kelompok hewan mamalia karnivora dari famili Felidae. Sebutan kucing domestik atau rumahan mengacu pada kucing yang sudah jinak yaitu Felis catus, sedangkan untuk kucing liar pemangsa berukuran kecil termasuk dalam Felis silvestris.

Bahkan spesies, jenis dan ras kucing tersebar di berbagai benua, termasuk benua Afrika. Afrika termasuk salah satu benua terbesar setelah Asia, dengan luas daratan sebanyak 20,3% dari seluruh total daratan Bumi. Tentu saja dengan daratan seluas itu mempunyai banyak fauna.

Salah satunya adalah kucing Afrika yang dimana jenis kucing disana dikenal dengan kucing liar yang sangat mempesona dan memiliki tampilan Eksotis, membuat kucing tersebut berbeda dari kucing lainnya yang sering kita pelihara. Nah, berikut ada beberapa jenis kucing Afrika:

Caracal (Caracal Caracal)

Kucing caracal merupakan kucing dengan ukuran sedang dengan panjang tubuh untuk kucing caracal dewasa bisa mencapai 74 cm. Caracal banyak tersebar di beberapa wilayah seperti Asia Barat, Asia Selatan, dan Afrika, serta hidup sebagai kucing liar yang jauh dari wilayah manusia.

Nama kucing caracal ternyata berasal dari bahasa Turki atau “karakulak” yang berarti “telinga hitam”. Karena kucing caracal ini memiliki warna telinga yang hitam dengan memiliki rambut hitam di ujung telinganya yang runcing dan panjang, membuat caracal terlihat sangat menarik.

Mereka sangat lihai dan pandai sekali berburu untuk memburu mangsanya, dengan ukuran tubuh yang lebih besar daripada kucing pada umumnya serta memiliki ukuran kaki yang panjang dan kuat, bahkan mampu melompat hingga 10 kaki atau sejauh 3 meter saat berburu.

Kucing caracal terbilang cukup langka jenisnya dan harga yang cukup mahal sekitar 150jt untuk seekor anakan caracal. Bahkan di wilayah-wilayah tertentu kucing caracal ini dilindungi secara hukum, apalagi kucing ini termasuk dalam jenis kucing hutan atau liar yang dibebas liarkan.

Sand Cat (Felis Margarita)

Sand cat atau dikenal sebagai kucing pasir merupakan kucing yang hidup dan sering ditemukan di wilayah padang pasir dan tersebar luas di beberapa wilayah seperti Afrika Utara, Barat Daya, dan Asia Tengah. Uniknya bentuk wajah kucing pasir ini sangat mungil, bulat, dan cukup kecil.

Memiliki tubuh sepanjang 51 cm dan berat tubuh hanya mencapai 2,8 kg saja untuk seukuran kucing pasir dewasa. Mungkin buat kamu yang sudah pernah melihatnya akan langsung tertarik ingin memelihara kucing tersebut, hanya saja kucing pasir tidak teruntuk dipelihara.

Dilansir dari ZME Science menjelaskan bahwa, spesies kucing pasir tidak boleh dipelihara. Karena tentu saja kucing pasir ini tidak akan dapat bertahan hidup dan tidak cocok jika hidup di lingkungan manusia pada umumnya, sesuai dengan namanya mereka hidup di padang pasir.

Selain tidak cocok dipelihara, ternyata kucing pasir juga termasuk kucing liar yang dilindungi secara hukum. Fakta uniknya kucing pasir ini memiliki bulu pada bagian bantalan kakinya guna untuk melindungi kaki kucing dari panasnya pasir, apalagi hidup di wilayah yang gersang.

Serval (Leptailurus Serval)

Kucing serval atau dikenal juga sebagai Tier Boskat yang merupakan kucing liar di wilayah Afrika. Menurut studi DNA menunjukan bahwa kucing serval ini masih berkaitan erat dengan kucing emas Afrika dan Caracal yang dikenal sebagai pemburu handal dengan ukuran sedang.

Serval memiliki ukuran kaki yang panjang sekitar 59-92 cm yang mampu melompat tinggi saat berburu. Mungkin karena masih dalam satu turunan dengan caracal atau golden cat Africa, makanya kemampuan dalam hal berburu mereka sama-sama sangat menakjubkan dan lihai.

Uniknya kucing serval ini mampu berenang di dalam air, lho! Mereka tidak takut terhadap air sama sekali, berbeda dengan kebanyakan kucing. Hal itu sangat wajar, karena kucing serval hidup di alam liar dan berenang pun termasuk dalam skill berburu mereka dan bertahan hidup.

Memiliki bentuk telinga yang panjang dan runcing serta memiliki corak warna layaknya macan tutul, membuat orang-orang sering salah tangkap atau keliru dalam mengenali kucing serval ini bahkan sering disangka cheetah ataupun macan karena sama-sama terdapat corak totol-totol.

Black Footed Cat (Felis Nigripes)

Black footed cat atau kucing berkaki hitam dan dikenal sebagai kucing Gyra merupakan kucing terkecil di Afrika, terutama sering ditemukan di Afrika bagian Selatan, Namibia dan beberapa terdapat di Zimbabwe. Memiliki tubuh yang mungil dengan panjang kisaran antara 36-52 cm.

Sesuai dengan namanya black footed yang memiliki warna kaki hitam, tepatnya di bagian bawah telapak kaki dengan warna hitam pekat dan terdapat bulu untuk melindungi kakinya dari panasnya pasir. Kucing Gyra juga memiliki corak warna bulu sama persis macan tutul.

Fakta mengejutkan dari kucing gyra atau black footed ini ternyata mereka merupakan kucing yang paling mematikan. Karena keunggulannya dalam berburu, bahkan mengalahkan singa dalam hal berburu. Kucing gyra memiliki tingkat kesuksesan dalam berburu mencapai 60%.

Mereka akan lebih aktif untuk berburu pada malam hari dan termasuk salah satu kucing nocturnal. Pada siang hari mereka akan mencari sarang untuk beristirahat. Walaupun mereka memiliki tubuh mungil dan kecil, ternyata kucing gyra ini kecil-kecil cabe rawit ya hihi..

African Golden Cat (Profelis Aurata)

African golden cat merupakan kucing liar yang terdapat di wilayah Afrika dan hidup sebagai kucing yang misterius, karena keberadaan mereka sangat sulit sekali untuk ditemukan sampai saat ini. Bahkan pola hidup kucing African golden cat ini belum diketahui secara pasti dan jelas.

Kucing emas Afrika memiliki ukuran dua kali lipat lebih besar dari kucing domestik pada umumnya. Dengan panjang atau ukuran tubuh mencapai 62-101 cm, panjang ekor 16-35 cm, tinggi bahu kurang lebih 38-55 cm serta mempunyai berat tubuh 8-16 kg dengan kaki berotot.

Diketahui jenis kucing African golden cat ini terdapat dua subspesies, yaitu Caracal aurata aurata yang terdapat di Afrika Timur dan Tengah, serta Caracal aurata celidogaster yang terdapat di Afrika Barat. Keberadaan mereka pun terbilang cukup langka dan sulit diketahui.

Kucing Liar Afrika (Felis Silvestris Lybica)

Kucing liar Afrika merupakan subspesies dari kucing liar yang muncul di Afrika Utara dan tersebar luas di wilayah pinggiran Jazirah Arab, tepatnya di sekitar Laut Kaspia. Pasalnya kucing ini terdaftar sebagai Concern Least atau spesies yang habitatnya rendah oleh IUCN.

Kucing ini sangat aktif pada malam hari atau senja dan pada siang hari mereka akan bersembunyi di semak-semak. Mereka sering berburu hewan kecil seperti mencit, tikus, kadang suka berburu burung, hewan reptil, amfibi, dan serangga untuk dijadikan mangsa makanannya.

Kucing Hutan (Felis Chaus)

Kucing hutan merupakan kucing liar yang suka berada di kawasan rawa Afrika untuk berburu hewan pengerat dan burung. Kucing ini memiliki ciri khas dengan mempunyai moncong putih dengan warna bulu seperti pasir, memiliki kaki panjang dengan telinga yang runcing dan besar.

Memiliki sejarah dengan adanya penemuan mumi dari kucing hutan di dalam makam raja-raja Mesir Kuno. Uniknya kucing ini malah lebih suka berada di rawa-rawa atau sering disebut juga reed cat. Mereka cenderung menghindari daerah hutan, walaupun dijuluki kucing hutan.

Itulah beberapa jenis kucing Afrika yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya dapat kamu kenali berbagai jenis kucing secara luas. Siapa tau kamu tertarik mengetahui jenis kucing Afrika yang dikenal sangat unik dan eksotis membuat siapapun yang melihatnya akan tertarik.

Mari untuk selalu memelihara, membudidayakan, melindungi, serta mempertahankan spesies kucing yang ada di berbagai penjuru dunia, supaya keberadaannya tidak terancam punah. Karena cukup banyak ras kucing yang langka dan hampir punah. Good Luck semoga membantu.

jenis kucingkucingkucing afrika