6 Jenis dan Macam-Macam Diet Cepat Kurus

Nesiaverse.com – Ada berbagai jenis dan macam-macam diet yang dapat membantu kamu agar cepat kurus. Sehingga kamu dapat mengatur asupan makanan dan minuman dengan baik dan benar, tanpa harus merasa tersiksa karena sistem atau metode diet yang tidak sehat. Ada berbagai jenis metode yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kamu.

Memiliki berat badan dan tubuh yang ideal merupakan impian semua orang, khususnya pada wanita. Selain untuk menjaga penampilan, hal tersebut merupakan salah satu penentu kesehatan seseorang. Metode diet yang membuat pelakunya cepat kurus memang akan banyak diminati. Karena selain cepat mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu tidak akan tersiksa dengan metode yang terlalu lama. 

Jenis dan Macam-Macam Diet Cepat Kurus

Advertisment

Saat ini jenis dan macam-macam diet cepat kurus banyak sekali variasi,seiring berjalannya waktu kadang program diet menjadi salah satu trend juga. Bahkan tidak sedikit yang mengklaim berdasarkan teori medis, nutrisi, kalori hingga pendekatan filosofi dan masih banyak lagi. Sehingga tidak sedikit yang kebingungan untuk memilih metode yang akan digunakan. 

Advertisment

Jika kamu kebingungan untuk memilih jenis dan macam-macam diet yang dapat membuat kamu kurus, kamu bisa melihat kebutuhan dan kondisi kesehatan kamu terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa langsung memutuskan untuk memilih metode atau jenis diet yang akan membantu kamu cepat kurus nantinya. Diet sendiri memiliki banyak manfaat, apalagi jika kamu melakukannya secara rutin.

Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis dan macam-macam diet agar cepat kurus yang bisa kamu jadikan referensi. 

Diet Mediterania

Jenis diet mediterania merupakan diet yang menduduki peringkat pertama jenis diet terbaik. Menurut para pakar dikatakan bahwa diet mediterania sendiri merupakan diet yang baik dan efektif untuk membantu menurunkan berat badan yang disertai kestabilan baik bagi kesehatan dan keseimbangan nutrisi tubuh. 

Diet mediterania sendiri dilakukan oleh masyarakat di sekitar laut mediterania seperti italia dan yunani . Dimana memiliki pelaku diet yang memiliki rata rata usia dan umur yang panjang. Bahkan jarang masyarakat italia dan yunani ada yang mengidap penyakit obesitas, kanker hingga kardiovaskular lainnya. Hal ini karena kebiasaan diet mediterania tersebut. 

Dalam melakukan diet mediterania sendiri kamu hanya boleh mengonsumsi jenis makanan seperti ikan, seafood, sayuran, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, roti, makanan berbahan dasar gandum, cokelat hitam, minyak zaitun, keju feta. Semetara untuk jenis gula, garam, daging merah, junk food dan minyak olahan harus dihindari sama sekali dan tidak boleh mengkonsumsinya. Diet satu ini bekerja dengan baik untuk menurunkan berat badan dengan cepat. 

Diet Rendah Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat, adalah salah satu jenis diet yang cepat membuat kamu turun berat badan sehingga cepat kurus nantinya. Diet satu ini akan memangkas seluruh asupan jenis makanan yang mengandung karbohidrat bagi tubuh. Misalnya konsumsi nasi, pasta, mie instan, roti, hingga minuman mansion sekali pun. 

Diet rendah karbohidrat sendiri tidak hanya membatasi konsumsi atau asupan karbohidrat saja. Namun akan membatasi keberadaannya sebagai sumber energi utama. Sehingga kamu tetap mendapat asupan energi saat menjalani diet dengan mengkonsumsi jus buah, sayuran hijau, buah-buahan, daging tanpa lemak hingga smoothies. 

Dalam beberapa penelitian dikatakan bahwa diet rendah karbohidrat ini bekerja secara efektif untuk membantu memangkas lemak di tubuh. Dengan demikian bekerja untuk menekan nafsu makan seseorang. Namun, diet rendah karbohidrat ini tidak disarankan bagi ibu yang menyusui karena dapat menyebabkan tubuh sang ibu melepaskan keton yang akan berdampak bagi kesehatan si kecil.

Paleo Diet

Paleo diet atau disebut juga dengan diet manusia gua ini akan menggunakan metode pola makan alami yang dilakukan oleh nenek moyang saat masa berburu dan meramu. Dimana kamu akan mengonsumsi makanan utuh dan alami saja. Sehingga akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan,salah satunya untuk membuat kamu cepat kurus. 

Umumnya pelaku diet paleo ini memiliki kepercayaan dimana penyakit datang akibat gaya hidup yang terlampau populer, sehingga mempengaruhi proses pengolahan makanan sehingga tidak sehat. Selain itu dalam menjalankan diet paleo ini kamu harus menghindari konsumsi gula rafinasi, kacang-kacangan, biji-bijian hingga produk susu olahan yang diolah melewati proses yang panjang. 

Diet Keto

Diet keto merupakan diet yang bekerja dengan mengurangi asupan karbohidrat bagi tubuh. Nettonya kamu akan berfokus pada asupan protein dan lemak sehat saja. Diet keto sendiri merupakan jenis diet yang disebut ketogenik, tujuan diet ini sendiri adalah untuk membuat kondisi tubuh seseorang menggunakan lemak sebagai sumber utama energi tubuh. Sehingga proses penurunan berat badan juga terjadi dengan cepat. 

Selain itu dalam diet satu ini kamu akan mengonsumsi lemak baik , lemak baik bisa kamu dapatkan dari buah alpukat, keju, yoghurt, susu, minyak ikan, minyak zaitun hingga biji-bijian. Namun, dalam menjalankan diet keto ini kamu harus menghindari konsumsi sayuran seperti wortel, kentang yang aman memiliki kandungan pati yang tinggi. 

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam menjalani diet keto dengan rutin adalah akan mengurangi lemak tubuh secara sekaligus. Sehingga dapat menurunkan berat badan, diet ini merupakan terapi alami bagi penderita diabetes tipe II serta bagi anak-anak penderita epilepsi sangat bermanfaat juga. 

Intermittent Fasting

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis diet satu ini, IT itu intermittent fasting adalah diet sembari puasa. Diet satu ini dinilai memiliki kemampuan yang akan membuat kamu cepat kurus, karena penurunan berat badan yang tergolong cepat. Hal ini dikarenakan kamu dapat menjalankan diet dengan menggunakan metode 16/8 hingga 5:2. 

Maksudnya, 16/8 adalah dimana kamu memiliki periode makan sebanyak 8 jam, dan selama 16 jam kamu harus berpuasa dan tidak mengkonsumsi apapun. Sementara bagi kamu yang menggunakan 5:2 adalah dimana kamu berpuasa dengan mengkonsumsi jumlah kalori sebanyak 500 hingga 600 kalori selama 2 kali dalam seminggu saja. 

Metode satu ini akan menerapkan pola makan sedikit buah dan sayuran mentah, khususnya pada siang hari. Sementara kamu dapat mengkonsumsi makan dengan porsi besar pada malam hari, ataupun sebaliknya. Diet satu ini memang berfokus pada pembatasan asupan kalori harian. Sehingga akan mudah untuk menurunkan berat badan. Maka, diet IF ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. 

Diet Defisit Kalori

meilki metode atau sistem yang tidak jauh berbeda dengan intermittent fasting, diet defisit kalori sendiri memiliki kemampuan untuk membuat kamu cepat kurus. Dari jenis dan macam -macam diet yang membuat kamu cepat kurus, defisit kalori merupakan salah satu diet yang memiliki banyak penggemar. 

Diet defisit kalori ini akan membatasi konsumsi makanan harian kamu berdasarkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh kamu. Jika pada normalnya kamu harus mengkonsumsi 2.000 kalori dalam sehari, maka aku akan emmangkasnya menjadi 1.000 kalori per harinya. Sehingga diet satu ini akan cepat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis dan macam-macam diet yang mampu membuat kamu cepat kurus. Dengan begitu kamu dapat memiliki referensi diet mana yang akan kamu gunakan. Pastikan kamu memilih metode diet yang sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan kamu, sehingga akan bekerja dengan maksimal. Kunci konsisten dan olahraga rutin merupakan kunci kesuksesan program diet kamu.

dietjenis dietmacam-macam diet