Jam Yang Tepat Untuk Jalan Pagi Ibu Hamil

Nesiaverse.com – Ketika seorang ibu hamil ini jalan pagi, tentunya ada jam yang tepat untuk melakukannya. Mengingat jalan pagi sendiri merupakan salah satu bentuk olahraga paling simpel yang dapat dilakukan oleh setiap orang, begitupun dengan ibu hamil. Meskipun dalam kondisi hamil, menjaga kesehatan merupakan suatu hal yang penting selain untuk menjaga kesehatan diri sendiri, tentunya bagi sang janin. 

Bagi para ibu yang masih ragu untuk melakukan aktivitas olahraga selama masa hamil, justru kamu disarankan untuk berolahraga loh. Dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin, hal ini akan mendukung proses kesehatan bayi sejak di dalam masa kandungan. Namun, akan berdampak baik juga karena kamu sebagai ibu tidak mudah lemas nantinya.

Jam Yang Tepat Untuk Jalan Pagi Ibu Hamil 

Advertisment

Dilansir dari laman Mom Junction, dikatakan bahwa ibu hamil yang rutin melakukan aktivitas olahraga cenderung merasa lebih rileks dan tenang ketika menjalani masa kehamilannya. Ketika ibu hamil melepaskan hormon endorphin, hal inilah yang dapat membuat suasana hatinya menjadi lebih baik. NantInya janin di dalam kandungan sang ibu akan menjadi merasa lebih nyaman dan tenang. 

Advertisment

Tidak hanya itu saja, olahraga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mendukung perkembangan janin, karena mendukung aliran darah dalam tubuh mengalami peningkatan. Sehingga, perkembangan organ-organ di dalam janin akan bekerja secara optimal. Maka, olahraga memang penting dilakukan oleh para ibu hamil sekalipun. 

Banyak sekali jenis olahraga aman yang dapat dilakukan ketika hamil, diantaranya adalah senam hamil, yoga hamil yang tentunya khususnya bagi ibu hamil. Namun, ada salah satu olahraga simpel yang tidak ribet dan memiliki banyak manfaat, yaitu dapat mencoba berjalan kaki di pagi hari. 

Umumnya, ketika seseorang tengah hamil, aktivitas berjalan kaki bisa dilakukan pada waktu pagi hingga sore hari. Namun, adakah jam yang tepat untuk jalan pagi ibu yangs ednag hamil? nah, berikut penjelasan terkait dengan jam yang tepat untuk jalan pagi ibu yang sedang hamil. 

Jalan Kaki Ibu Hamil dan Waktu Yang Tepat

Berjalan kaki adalah salah satu jenis olahraga ringan dan aman yang cocok dilakukan untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan jalan kaki termasuk olahraga yang simple dan tidak ribet untuk dilakukan. 

Dilansir dari laman Babycenter, dikatakan bahwa berjalan kaki , menjadi salah satu olahraga yang melatih aktivitas jantung dan paru-paru agar lebih sehat lagi. Tidak hanya itu, berjalan kaki juga sangat baik untuk mendukung kesehatan lutut dan pergelangan kaki kamu menjadi lebih kuat lagi. 

Aktivitas jalan kaki ini dapat dilakukan pada jam pagi ataupun sore hari. Khusus untuk ibu hamil, jam yang tepat untuk jalan pagi adalah sekitar jam 6.00 hingga jam 8.00 pagi. Hal ini dikarenakan matahari tidak terlalu panas, dan menjadi jam ideal yang dapat kamu lakukan secara rutin di jam yang sama tentunya. 

Kamu dapat berjalan kaki di sekitar kompleks rumah, atau memilih lapangan dan taman yang memiliki banyak pepohonan sehingga udaranya sejuk dan kamu dapat menghirup udara yang segar di pagi hari. Selain itu dikutip dari laman What to Expect, berjalan kaki ketika hamil dapat kamu lakukan sejak trimester pertama kehamilan juga. 

Mulailah dengan berjalan secara berkala dari 1 menit -10 menit hingga 15 menit setiap harinya, tidak dianjurkan untuk melakukan dalam durasi yang lama untuk pertama kalinya. Lakukanlah secara bertahap. Aktivitas jalan kaki ibu hamil di pagi hari ini dapat dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu. 

Nantinya, ketika kamu sudah terbiasa melakukan aktivitas berjalan kaki hingga menembus waktu 15 menit, maka kamu dapat menemukannya lagi, Hanya saja pastikan tidak melakukannya melebihi waktu atau durasi 30 menit. Kamu hanya dianjurkan untuk melakukan aktivitas jalan di pagi hari dengan rutin dan konsisten saja. 

Aktivitas jalan pagi ibu hamil ini memiliki banyak manfaat, nah berikut beberapa manfaat dari aktivitas olahraga ringan, berjalan kaki bagi ibu hamil. 

Meningkatkan Kebugaran

Di masa kehamilan sang ibu akan mengalami perubahan, pada tubuh. Hal ini dikaitkan dengan morning sickness, perubahan pada payudara hingga seringnya muncul sensasi kram hingga pegal. Keluhan kram dan pegal yang dirasakan ini sering kali menjadi salah satu faktor yang membuat tidak nyaman. 

Namun, dengan melakukan aktivitas berjalan kaki di pagi hari, maka mampu mengurangi gejala tersebut. Kamu dapat mengoptimalkan sistem kerja jantung dalam proses memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga nantinya fokus kamu akan ke arah sini, dan dapat menghindari rasa kram dan pegal yang mengganggu. Ketika aliran darah lancar, maka organ did alma tubuh juga akan bekerja dengan baik. 

Memperkecil Resiko Preeklamsia 

Manfaat lainnya adalah dapat memperkecil resiko Preeklamsia. Preeklampsia merupakan salah satu kondisi dimana tekanan darah ibu hamil mengalami kenaikan secara tiba-tiba, tentunya hal ini akan membahayakan kondisi ibu beserta bayi di dalam kandungan. Preeklamsia ini tentunya cukup berbahaya dna dapat menyebabkan bayi lahir secara prematur dan paling parah adalah keguguran. 

Jika kamu sudah membiaskan aktivitas olahraga rutin seperti jalan kaki selama 30 menit, maka akan berdampak baik dimana nantinya tekanan darah kamu akan terjaga dan stabil, kemudian terhindar dari risiko preeklampsia yang menjadi semakin kecil lagi. 

Meningkatkan Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

Ketika hamil, seringkali terjadi lonjakan hormon dalam tubuh. Hal ini dapat membuat ibu hamil mengalami mood swing. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini akan membuat sang ibu rentang mengalami stres. Tentunya akan berbahaya bagi kesehatan dan kondisi snag ibu hamil berikut bayi di dalam kandungannya. 

Kemudian, aktivitas olahraga kecil seperti berjalan kaki ini dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Karena kegiatan ini dapat mengeluarkan hormon endorphin yang membuat ibu hamil akan merasakan sensasi bahagia, santai dan rileks. Manfaat inilah yang dibutuhkan oleh semua ibu hamil. 

Selanjutnya, ada beberapa poin penjelasan kepada seorang ibu hamil disarankan untuk berjalan di pagi hari. 

  • Berjalan dapat menjaga kesehatan jantung ibu hamil, sekaligus mengencangkan otot sehingga akan meningkatkan kemampuan fisik sang ibu ketika membawa bayi di dalam kandungannya. 
  • Membantu ibu hamil untuk menjalani persalinan dengan tingkat komplikasi yang minim. 
  • Membebaskan sang ibu dari sembelit yang umum dialami wanita hamil dan meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak lagi. 
  • Ibu hamil menjadi lebih aktif, berdampak pada tubuh yang sehat, bugar dan lebih tahan terhadap berbagai tantangan fisik selama kehamilan, nyeri ketika persalinan hingga pasca kelahiran. 
  • Berjalan secara teratur selama masa kehamilan mampu mengurangi resiko keguguran, obesitas hingga caesar lahir bahkan diabetes gestasional

Nah, itulah pembahasan mengenai jam yang tepat untuk olahraga jalan pagi ibu yang hamil. Dimana kamu dianjurkan untuk berjalan pagi selama 30 menit dan bertahap, dilakukan pada pukul 06.00 hingga pukul 08.00 pagi. Kamu dilarang melakukan aktivitas jalan kaki di jam selain itu, karena efek dari sinar matahari dan kondisi udara yang tidak baik.

ibu hamiljalan pagi