5 Jadwal Makan dan Cara Diet Sehat

Nesiaverse.com – Untuk mendapatkan hasil diet yang memuaskan, kamu harus mengatur jadwal dan cara diet yang tepat dan sehat berdasarkan kondisi kesehatan kamu. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika kamu akan memulai program diet tidak hanya metode diet saja, namun kamu harus mempertahankan jadwal atau waktu makan saat menjalani program diet yang tepat. Sehingga dapat mendukung program diet dengan baik. 

Aturan makan sendiri meliputi waktu sarapan, makan siang, makan malam hingga waktu cemilan sehat hal ini perlu diperhatikan. Karena memiliki peranan penting dalam proses penurunan berat badan ketika kamu melakukan program diet. Waktu yang tepat untuk mengonsumsi makan akan meningkatkan proses diet kamu dengan baik juga. 

Jadwal Makan dan Cara Diet Sehat

Advertisment

Dengan memperhatikan jadwal dan cara diet sehat maka kamu akan memperhatikan pergantian waktu makan. Selain itu dengan menjalaninya secara tepat waktu, maka jam makan yang teratur ini dapat mendukung program diet kamu dengan baik. Selain itu dapat membatasi asupan kalori juga. 

Advertisment

Kamu harus memperhatikan jam makan, karena hal inilah yang akan membantu proses penurunan berat badan sekaligus mempengaruhi sistem metabolisme dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat mencerna makanan dengan baik sehingga menghindari kamu dari risiko terkena obesitas dan masih banyak hal lainnya. 

Aturan Jadwal Makan Saat Diet

Dengan mengkonsumsi makan sesuai jadwal dan cara diet sehat yang tetap maka dapat mendukung proses penurunan berat badan dan mengontrol berat anda secara efektif. Oleh karena itu ketika kamu sedang melakukan program diet, harus mematuhi aturan jadwal jam untuk makan. Hal ini akan memberikan hasil penurunan berat badan yang baik. 

Jam makan untuk diet yang tidak teratur ini tidaklah baik, bahkan akan menghadirkan dampak buruk pada proses metabolisme dalam tubuh. Hingga dapat memicu peningkatan nafsu makan dan berat badan secara signifikan. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan? 

Hal tersebut dikarenakan ketika kamu makan tidak memiliki jadwal yang tetap atau tidak teratur. Sheng nantinya dapat mengganggu jam biologis tubuh dan mempengaruhi sistem penyerapan energi serta pencernaan makanan. Apalagi jika kamu menyertainya dengan jenis makanan yang tidak sehat, seperti makanan dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi. 

Saat kamu diet, kamu tidak disarankan untuk memangkas jadwal atau porsi makan, khususnya ketika sarapan. Dalam beberapa penelitian ketika kamu melewatkan waktu sarapan, hal inilah yang justru akan memicu kamu makan berlebih pada waktu makan siang dan makan malam. Sehingga kamu akan mengkonsumsi makanan secara implisit dan peningkatan berat badan yang sulit diturunkan. 

Adapun panduan jadwal makan saat kamu melakukan program diet secara sehat. Cara diet sendiri bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kesehatan kamu. Maka, alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi kepada ahlinya terlebih dahulu jika kamu memang memiliki kondisi tertentu. 

Sarapan Pukul 06:00 – 09:45

Jadwal dan cara diet sehat pratama adalah waktu sarapan, saat menjalani program diet kamu sangat dilarang untuk menghindari waktu sarapan. Sarapan sangat diperlukan baik kamu tidak menjalani diet maupun melakukan program diet, kamu tidak boleh melewatkannya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena akan berdampak buruk jika kamu mengabaikannya.

Waktu sarapan saat kamu menjalani program diet dalam jam 06:00 hingga 09:45. Kamu dianjurkan untuk sarapan pagi tidak kurang dari jam 06:00 dan tidak lebih dari jam 09:00. Dengan sarapan secara teratur, akan membuat kamu memiliki energi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Selain itu 30 menit sebelum sarapan kamu dapat mengonsumsi air hangat 1 gelas, hal ini berguna untuk memberikan efek kenyang sehingga porsi kalori sarapan kamu akan berkurang. 

Dalam sebuah penelitian juga dikatakan bahwa sarapan sangat baik ketika kamu menjalani program diet. Bahkan kamu diajarkan untuk sarapan 1 jam setelah bangun tidur dan pastikan tidak sarapan melebihi jam 10 pagi. Hal ini akan mengganggu sistem metabolisme makanan dalam tubuh. 

Camilan Harian

Bagi kamu yang melakukan program diet, camila sehat dibutuhkan. Hal ini berguna sebagai salah satu asupan tambahan bagi tubuh yang bermanfaat. Kamu dapat mengonsumsi jenis camilan sehat bagi tubuh. Kamu juga tidak diharuskan untuk mengkonsumsi cemilan selama masa diet. 

Namun, jika kamu meminimalisir porsi makan dan merasa lapar, kamu dapat mengkonsumsi cemilan sehat alih-alih menambahkan porsi makan dengan jumlah kalori yang tinggi. Kamu dapat mengkonsumsi cemilan ringan hanya pada waktu setelah sarapan menuju makan siang. Kamu harus menghindari konsumsi camilan dari jam makan siang menuju makan malam. 

Adapun waktu kamu mengonsumsi cemilan sehat ini, yaitu dengan frekuensi atau selang waktu 2 hingga 4 jam dari sarapan pagi. Kamu dapat mengkonsumsi camilan yang kaya akan kandungan serat dan protein saja. Jenis camilan ini adalah biji-bijian atau kacang-kacangan. Mengonsumsinya juga dengan porsi yang cukup dan tidak berlebih, karena jika berlebih bukan camilan lagi. 

Makan Siang Pukul 11:00 – 13:00

Berikutnya, jadwal makan siang bisa kamu lakukan pada pukul 11:00 hingga jam 13:00. Pada siang hari kamu dianjurkan untuk melakukan makan siang guna mengisi kembali perut yang kosong karena sudah beraktivitas dari pagi hari. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang cukup berat pada jam makan siang ini. 

Usahakan kamu makan siang paling lambat pada pukul 11:00, jika sebelumnya kamu sarapan pada pukul 06:00 pagi. Kemudian hindari mengkonsumsi makan siang melebihi jam 13.00 siang. Karena kamu sudah melewati batasan waktu makan siang. Sehingga jika dilakukan akan mengganggu sistem biologis tubuh dalam melakukan metabolisme atau aktivitas organ tubuh lainnya. Kamu harus mematuhi aturan waktunya untuk hasil yang baik. 

Makan Malam Pukul 18:00-20:00

Selanjutnya adalah waktu makan malam, yang mana kamu dianjurkan untuk makan setelah pukul 18:00 dan berhentis ebelum pukul 20:00. Karena jika sudah memasuki jam di atas 20:00 tubuh sudah tidak dapat menerima asupan makanan dengan baik dan dapat mengganggu sistem pencernaan dan metabolisme. 

Hal ini justru akan memicu peningkatan berat badan dan berbagai masalah seperti risiko kesehatan lainnya. Oleh karena itu kamu dianjurkan makan tepat waktu setiap harinya. Kamu harus menghindari waktu makan menjelang tidur. Karena hal tersebut dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh dan berdampak menimbulkan permasalahan pada kesehatan dimasa depan.

Makan malam wajib kamu lakukan 3 jam sebelum waktu menjelang kamu tidur. Jam tersebut merupakan salah satu kondisi yang optimal dan tidak akan mengganggu program diet kamu. Salah waktu makan pada malam hari dapat meningkatkan berat badan kamu dan membuat program diet gagal begitu saja. Maka, harus berhati-hati.

Dalam mengatur jam makan sendiri kamu bisa menyelesaikannya sesuai dengan metode diet yang kamu jalani. Namun, yang pasti kamu tidak dianjurkan melakukan sarapan pagi kurang dari jam 6 pagi dan tidak makan malam melebihi jam 8 malam. 

Hal tersebut merupakan salah satu aturan mutlak bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain waktu, kamu harus memperhatikan jumlah kalori dan gizi dalam piring. Hindarilah jumlah lemak dan kandungan gula yang tinggi, karena dalam program diet kamu dianjurkan untuk meningkatkan jenis makanan yang kaya akan serat dan protein. 

Setelah mengetahui jadwal makan dan cara diet yang sehat, kamu harus melakukannya secara konsisten dan rutin. Hal ini merupakan salah satu kunci utama dalam menjalankan diet, yaitu konsisten. Jika kamu sudah melakukan program diet dengan jadwal dan cara diet sehat dengan baik, maka penurunan berat badan bukanlah suatu hal yang mustahil.

cara diet sehatdietdiet sehatjadwal makan diet sehat