10 Ikan Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis ikan yang harus dihindari dan tidak boleh dimakan oleh ibu hamil loh. Tidak semua ikan baik dan cocok dikonsumsi khususnya oleh ibu yang sedang hamil muda dan harus berhati-hati.

Pasalnya, ada beberapa jenis makanan seperti jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena dapat memberikan pengaruh kurang baik pada kesehatan janin. Maka, penting untuk mengetahui jenis ikan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

Ikan memang merupakan salah satu asupan yang kaya dan tinggi akan gizi dan nutrisi di dalamnya. Sehingga tentunya baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Namun, kamu harus mengetahui bahwa tidak semua jenis ikan aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Advertisment

Ikan Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil 

Advertisment

Pada dasarnya makanan laut memang merupakan sumber protein yang sangat baik, khususnya bagi ibu hamil. Asam lemak omega-3 di dalamnya inilah yang mampu mendukung proses perkembangan otak dan mata janin did alma kandungan sang ibu.

Namun, ada beberapa jenis ikan yang diketahui memiliki kandungan merkuri yang tentunya sangat berbahaya bagi janin maupun ibu hamil. Hal ini dikarenakan dapat mengancam kesehatan sang bayi.

Dilansir dari Mayo Clinic, imana dikatakan jika mengkonsumsi merkuri yang etrkanduanagnd id alam ikan, hal ini akan mengancam kesehatan janin, bahkan dapat mengancam dan membahayakan sistem saraf bayi. Sehingga kamu harus menghindari beberapa jenis ikan yang dilarang.

Itulah kenapa Food and Drug Administration atau FDA, mengingatkan ibu hamil guna menghindari beberapa jenis ikan dengan kadar merkuri yang tinggi.

“Namun, sayangnya ada beberapa jenis ikan yang mengandung merukir, yang dapat mempengaruhi janin serta perkembangan neurologis anak” ucap Mira Ilic , R.R., ahli nutrisi di Cleveland Clinic Foundation.

Kemudian Dari banyaknya jenis ikan, maka ikan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Ikan Kerapu

Di posisi pertama ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ikan kerapu. Hal ini dikarenakan meski memiliki rasa yang nikmat ikan kerapu sendiri menjadi salah satu jenis ikan yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Ikan kerapu menjadi ikan yang kerap kali dijadikan lauk untuk santap bersama, namun ikan kerapu tetaplah menjadi jenis ikan raksasa 

Ukuran yang besar ini justru menandakan jika ikan kerapu menyimpan banyak racun yang menumpuk di tubuhnya. Sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. 

Jenis ikan satu ini wajib dihindari oleh perempuan yang tengah hamil atau mengandung. 

Lele Impor Terkontaminasi Bakteri Listeria

Selanjutnya, jenis ikan lain yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah ikan lele impor. Hal ini dikarenakan ikan lele impor sendiri memiliki tingkat kontaminasi dalam varietas yang cukup tinggi. 

Ikan lele menjadi salah satu ikan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Kareena ikan lele impor sendiri umumnya sudah terkontaminasi oleh bakteri listeria. Meskipun begitu, memang hingga kini belum diketahui jika tingkat kontaminasi dalam varietas tersebut. 

Selain itu, kadar kolesterol di dalam ikan lele ini memang dinilai cukup tinggi. Sehingga ada baiknya bagi ibu hamil tua sedang mengandung menghindari jenis ikan satu ini. 

Pacific Cod 

Selanjutnya, jenis ikan yang tidak boleh dimakan ibu hamil adalah pacific Cod. Ikan satu ini terdapat perbedaan yang cukup besar dalam kadar racun jika dibandingkan dengan ikan dari samudra atlantik dan samudra pasifik. 

Ikan pacific cod sendiri memiliki jumlah yang cukup banyak dan jauh lebih terkontaminasi daripada cod atlantik yang menga terancam punah. Maka, ikan pacific cod termasuk ke dalam deretan ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Sablefish atau Black Cod 

Sablefish atau black cod adalah jenis ikan yang mudah ditemukan di daerah samudra pasifik. Ikan satu ini juga dikenal dan kerap kali dijuluki dengan butterfish karena memiliki rasanya yang bermentega. 

Namun, bagi ibu hamil atau sedang mengandung, harus dihindari, karena biasanya dikonsumsi secara segar atau mentah. Bagi ibu hamil ikan satu ini tidak dianjurkan dan harus dihindari. 

Pacific Ocean Perch

Ada salah satu jenis ikan yang banyak disajikan di berbagai restoran namun termasuk ke dalam daftar ikan yang dilarang, yaitu pacific ocean perch. Ikan satu ini harus dihindari oleh ibu yang sedang hamil.

Pacific ocean ini termasuk salah satu jenis ikan yang memiliki tingkat atau kadar kontaminasi yang sangat tinggi. Sehingga tentunya tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat mengancam kesehatan bahkan hingga nyawa bayi maupun ibu. 

Blue Fish

Ikan blue fish merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan atau sumber protein dan omega-3 yang baik. Nutrisi ini memang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan berlangsung. 

Namun, sayangnya bluefish ini justru menjadi salah satu ikan yang kerap kali terkontaminasi oleh pestisida yang aman merupakan jenis racun yang berbahaya dan merkuri di dalamnya. Hal ini membuatnya menjadi jenis ikan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. 

Ikan satu ini dapat terkontaminasi oleh air yang tercemar dan meliputi penggunaan bahan kimia pertanian, produk sampingan industri, serta obat-obatan jenis farmasi yang mengalir ke dau hingga lautan. 

Orange Roughy

Ada jenis ikan yang harus dihindari oleh ibu hamil berikutnya bernama orange roughy. Ikan satu ini dapat hidup selama 150 tahun. 

Nah, bayangkan jika selama masa hidupnya sudah berapa banyak merkuri atau racun lainnya yang terkumpul dan mengendap did lama daging ikan orange roughy satu ini. 

Selain itu orange roughy menjadi salah satu ikan yang memiliki kadar omega-3 yang sangat rendah di dalamnya, sehingga mengkonsumsinya tidak hanya memiliki ancaman atau risiko yang buruk saja. Namun, kamu juga tidak mendapatkan manfaat omega-3 yang baik dari ikan satu ini. 

Tilefish

Tilefish merupakan salah satu jenis ikan yang diolah sebagai menu makanan di banyak restoran. Hal tersebut dikarenakan tilefish sendiri merupakan jenis ikan yang memiliki rasa dingin yang ringan,sehingga banyak ditoleransi oleh banyak orang. Selain itu tiles menjadi jenis ikan yang memiliki rasa seperti lobster. 

Meskipun begitu Tilefish sendiri merupakan jenis ikan yang mempenga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut karena tilefish juga berukuran besar, sehingga tentunya berpotensi memiliki kandungan banyak racun di dalamnya.

King Mackerel Spanyol

King mackerel memiliki kemiripan dengan ikan tenggiri Spanyol dan tuna. Jenis ikan satu ini memang dapat tumbuh besar hingga sepanjang 3 kali. Hal ini dikarenakan king mackerel ini hidup dekat pantai sehingga tentunya mudah terkontaminasi oleh racun dan ada di samudra dna aktivitas manusia. 

Merkuri yang ada di dalamnya juga cenderung tinggi. Dimana semakin tua dia semakin besar ikan, maka semakin tinggi pula jumlah merkuri yang terkumpul di dalamnya. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis ikan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan mengetahui jenis ikan-ikan yang dilarang tersebut, nantinya kamu akan terhindar dari permasalahan kesehatan atau ancaman pada bayi atau janin tersebut.

ibu hamilikan