5 Ikan yang Mengandung Asam Folat

Nesiaverse.com – Beragam makanan termasuk ikan juga yang mengandung asam folat didalamnya yang tentu saja kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh, lalu apa saja beberapa jenis ikan yang mengandung asam folat? Untuk mengetahuinya bisa simak ulasan pada artikel disini.

Untuk bisa mendapatkan jenis ikan yang mengandung asam folat yang terbilang sangat mudah karena ikan tersebut yang bisa didapatkan di supermarket atau pasar tradisional, bahkan untuk bisa merasakan manfaat dari ikan yang mengandung asam folat tersebut yang tidak perlu merogoh uang terlalu banyak.

Karen berbagai jenis ikan tersebut yang biasanya beberapa diantaranya yang merupakan bahan makanan sehari-hari, untuk membahas lebih jelasnya lagi dengan jenis ikan apa saja yang mengandung asam folat maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Advertisment

Ikan yang Mengandung Asam Folat

Advertisment

Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat penting untuk tubuh harus terpenuhi setiap harinya sebelum dan juga selama kehamilan, dimana bentuk sintesis dari vitamin B9 atau asam folat ini yang diperlukan bumil atau ibu hamil untuk tumbuh kembang janin dan juga membantu mencegah terjadinya cacat lahir pada saraf dan otak bayi.

Walaupun sekarang ini memang suplemen yang mengandung asam folat mudah untuk ditemui tetapi sumber asam folat yang terbaik yaitu berasal dari makanan yang masih utuh, dan untuk bisa mendapatkan asam folat tersebut bisa berasal dari ikan-ikanan dan juga aneka makanan laut lainnya.

Adapun untuk beberapa jenis ikan yang mengandung asam folat yaitu sebagai berikut:

Ikan Salmon

Pastinya sudah kenal dan tidak asing mendengar dengan jenis ikan yang berdaging oranye satu ini yaitu ikan salmon ternyata salah satu jenis ikan yang mengandung asam folat, ikan salmon selain mengandung asam folat didalamnya namun ikan ini juga mengandung asam lemak omega – 3.

Kandungan asam lemak omega 3 dari ikan salmon ini yang sangat baik untuk membantu mendukung pertumbuhan janin, pada masa kehamilan sebaiknya moms mengkonsumsi ikan salmon dalam kondisi yang benar-benar sudah matang, hal ini bertujuan mencegah bakteri yang menimbulkan keracunan serta bisa membahayakan kehamilan.

Ikan Bandeng

Tidak sedikit orang yang menyukai ikan bandeng dan terdapat kabar baik untuk para pecinta ikan bandeng yaitu ikan bandeng ini yang memiliki cukup banyak lemak merupakan sumber protein, fosfor dan juga kalsium yang memiliki rasa yang sangat lezat.

Bahkan tidak hanya itu saja ikan bandeng juga yang dalam setiap 3 ons penyajian ikan tersebut yang mengandung asam folat didalamnya sekitar 16 mcg, sehingga ikan bandeng ini yang dapat menjadi sumber asupan yang bergizi dan enak di masa kehamilan dan pastikan juga mengkonsumsi ikan bandeng dengan takaran yang sewajarnya tidak berlebihan.

Ikan Lele

Sebagian masyarakat Indonesia menyukai atau menggemari ikan lele dan ternyata ikan lele ini selain memiliki harga murah meriah ternyata tinggi akan kandungan asam folat, dimana ikan lele yang sedikitnya terdapat sekitar 10 mcg asam folat yang baik untuk tubuh.

Dengan kandungan asam folat yang terdapat ikan lele ini tentu saja memberikan manfaat untuk membantu dalam mengoptimalkan perkembangan sistem saraf dan otak janin, dengan memiliki daging yang gurih dan lembut membuat ikan tersebut sangat layak untuk dijadikan menu diet pada masa kehamilan yang kaya akan nutrisi didalamnya.

Ikan Sarden

Jenis ikan yang mengandung asam folat yang lainnya bisa kamu konsumsi yaitu ada ikan sarden merupakan salah satu jenis ikan dengan memiliki rasa gurih dan juga kaya akan gizi didalamnya, ikan juga yang termasuk ke dalam jenis ikan yang kaya akan asam folat dan juga asam lemak omega – 3.

Dimana dalam porsi 100 gram ikan sarden yang mengandung sekitar 10 mcg asam folat, dengan mengkonsumsi ikan sarden selama masa kehamilan berlangsung yang akan memberikan manfaat baik untuk tubuh yaitu bisa melindungi diri dari penyakit jantung karena LDL atau kolesterol jahat di pecah dengan baik oleh senyawa yang terkandung didalamnya.

Ikan Halibut

Untuk jenis ikan yang mengandung asam folat yang terakhir yaitu ada ikan halibut atau sebagian masyarakat Indonesia yang lebih akrab dengan sebutan sebagai ikan sebagai, hal tersebut karena wujud ikannya yang berbentuk pipih dan hanya memiliki warna berbeda pada bagian atasnya dan bawahnya.

Telah dilansir dari laman National Institutes of Health dalam porsi 3 ons ikan halibut atau ikan sebelah yang sudah dimasak yang mengandung asam folat sekitar 12 mcg, dimana selain itu juga ikan halibut yang kaya akan kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin A dan vitamin D serta ikan ini yang memiliki vitamin lebih banyak dibandingkan ikan kod.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa jenis ikan yang mengandung asam folat yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan berlangsung untuk mendukung kesehatan moms dan janin dalam kandungan, berbagai jenis ikan ini juga yang akan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh janin dan tubuh moms secara menyeluruh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

asam folatikan