Hukum Mendengarkan Al-Quran di HP

Nesiaverse.com – Hukum mendengarkan Al-Quran di Hp menjadi pertanyaan banyak orang. Saat ini perkembangan teknologi menjadi kian pesat, yang mana memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Begitupun dengan aktivitas ibadah, dimana salah satunya kamu dapat membaca Al-Quran dengan mudah dan praktis melalui HP dengan mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Al-Quran digital.

Dengan adanya Al-Quran digital di HP, maka umat muslim tidak perlu repot lagi membawa-bawa mushaf dan khawatir kotor atau tertimpa. Kamu dapat melakukan aktivitas membaca dan mendengarkan Al-Quran di HP, kapan saja dan tidak lagi ribet. Apalagi banyak sekali aplikasi yang menyediakan berbagai aplikasi tadarus Al-Quran dengan berbagai macam fitur yang bermanfaat di dalamnya dan bisa diakses dengan gratis. 

Hukum Mendengarkan Al-Quran di HP

Advertisment

Kemajuan teknologi yang membawa Al-Quran kini hadir dalam bentuk digital, mengundang banyak pertanyaan apakah hukum dari mendengarkan Al-Quran di HP. Apakah terhitung pahala atau bukan. Hal ini menjadi banyak pertanyaan, khususnya dikalangan para remaja yang memahami mengenai teknologi dan memanfaatkannya secara maksimal.

Advertisment

Meskipun sudah ada kemajuan yang membuat kamu mudah untuk mengakses berbagai macam hal, diantaranya membaca Al-Quran di HP, namun bagaimanakah sebenarnya hukum membaca Al-Quran di HP? Faktanya, para ulama sepakat bahwa membaca Al-Quran di Hp merupakan salah satu aktivitas atau amalan mubah atau boleh hukumnya. 

Menurut Prof. Quraish Shihab sesungguhnya, Alquran ini diturunkan dalam bentuk suara kepada Baginda Rasulullah SAW. Kemudian selanjutnya nabilah yang meminta kepada para sahabatnya, untuk menuliskan wahyu tersebut. Hal ini dilakukan guna mempermudah umat manusia untuk mempelajarinya, hingga hari ini. 

Selama membaca Al-Quran benar, maka tah masalah apakah kamu membaca atau sekedar mendengarkannya melalui suatu media tertentu, misalnya HP. Pahala dari membaca Al-Quran sendiri sebenarnya sama saja, karena bagaimanapun jika terkait dengan pahalanya hanya Allah yang tahu pastinya.Hal ini hanya berbeda medianya saja, ketika membaca dalam bentuk mushaf fisik dan digital. Hal ini diungkapkan dalam hadits Ibnu Mas’ud. 

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran, maka dia akan mendapatkan satu kebaikan. Dan satu kebaikan ini kemudian akan dibalas sepuluh kebaikan yang semisal. Saya tidak mengatakan alif lam mim, karena itu adalah satu huruf”.

Maka, dari sini diketahui bahwa hukum mendengarkan Al-Quran di HP itu mubah dan boleh dilakukan. Namun, jika membahas nominal pahala, hanya Allah yang tahu. Meskipun begitu, kamu harus tetap memahami aturan saat membaca dan mendengarkan Al-Quran di HP.

Terdapat adab yang harus kamu laksanakan, yang mana berkaitan dengan cara memperlakukan Al-Quran. Hal ini misalnya menyentuh mushaf dalam keadaan suci, dimana kamu harus menyimpannya di tempat yang tinggi dan tidak menumpuknya, kecuali dengan kita atau buku lain kecuali bersamaan dengan Al-Quran. Kemudian bagaimana jika tulisan dan ayat suci ini kamu akses melalui ponsel atau HP?

Dijelaskan, dimana menurut para ulama bahwa aplikasi atau situs web Al-Quran yang hadir dalam bentuk soft file, sehingga tidak dapat dihukum sama rata dengan mushaf yang memiliki bentuk fisik atau cetakan dalam bentuk kertas. Korean, tulisan ayat-ayat Al-Quran ini bisa kamu lihat dan akses jika aplikasi diaktifkan, dan hilang ketika di nonaktifkan. 

Hal ini dapat disamakan dengan tulisan Al-Quran yang baru bisa kamu lihat ketika sudah menginstal aplikasinya, dan kemudian hilang ketika dinonaktifkan. Hal ini dapat disamakan dengan tulisan dalam Al-Quran yang tampak dari balik kotak kaca dna tidak dapat disentuh secara langsung. 

Prof. Dr. Khalid Al Musyaiqih mengatakan, bahwa kewajiban bersuci tidak berlaku untuk mushaf elektronik. Selain itu ponsel juga boleh dibawa kemana-mana, salah satunya toilet. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan kamu menonaktifkan aplikasi Al-Quran terlebih dahulu. Begitupun ketika kamu tengah membacanya.

Kamu tidak wajib berwudhu karena tak dapat memungkinkan untuk bersentuhan secara langsung dengan berisikan huruf dalam Al-Quran. Pastikan saja kamu dalam kondisi yang suci sehingga menjadi bentuk penghormatan dari kecintaan hambanya terhadap Al-Quran. 

Jadi kesimpulannya tidak masalah jika kamu ingin mendengarkan Al-Quran di HP, dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang setiap harinya. Hal ini diperbolehkan atau mubah, sementara jika membahas soal pahala itu adalah urusan Allah SWT. Nah, berikut kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk membaca Al-Quran di HP. 

Muslim Pro : Quran Athan Prayer

Aplikasi untuk membaca dan mendengarkan murottal Al-Quran  yang pertama adalah Muslim Pro : Quran Athan Prayer. Aplikasi satu ini merupakan salah satu aplikasi Al-Quran yang paling populer di Indonesia. Aplikasi Muslim Pro sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di PlayStore. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan gratis tentunya. 

Selain untuk membaca dan murotal, aplikasi Muslim pro memiliki berbagai macam fitur-fitur yang menarik dan bermanfaat untuk mendukung ibadan kamu. Diantaranya terdapat

  • Fitur kompas kiblat animasi dan peta yang akan menunjukan arah ke Mekkah.
  • Lokasi restoran halal dan masjid sekitar ketika kamu berjalan keluar
  • Tasbih yang dapat menghitung dzikir kamu
  • Asmaul Husna
  • Kalender Hijriah
  • Kumpulan doa harian 
  • Komunitas sesama Muslim

Al-Quran Indonesia

Selanjutnya, ada aplikasi yang sudah diunduh hingga 10 juta kali, dimana aplikasi kali ini menawarkan Al Quran digital dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Aplikasi ini bahkan memiliki user interface yang sangat sederhana, sehingga ramah bagi para pemula. 

Al Quran Indonesia sendiri memiliki fitur audio yang mencangkup murottal full 114 surat, 30 juz tanpa adanya batasan apapun. Selain itu kamu memiliki opsi untuk memiliki Qori tersebut. Dalam aplikasi Al Quran Indonesia, kamu bisa mendapatkan fitur gratis lainnya, diantaranya sebagai berikut. 

  • Fitur copy, share dan bookmark ayat-ayat dalam Al Quran
  • Mencari ayat Al-Quran dengan kata kunci di terjemahan. 
  • Penggunaan kalender jadwal sholat dan imsakiyah
  • Widget jadwal sholat untuk dipasang pada homescreen
  • Fitur mode offline, dimana semua fitur tetap bisa digunakan meskipun dalam mode offline

Umma : Quran Majeed Prayer Time

Umma merupakan salah satu aplikasi Alquran digital buatan Indonesia, yang mana menyediakan berbagai jenis fitur yang akan memenuhi kebutuhan ibadah seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya membaca dan murotal Al-Quran saja, namun didalamnya terdapat sesi tanya jawab yang menarik. Bahkan memungkinkan kamu untuk mengajukan pertanyaan seputar ibadah seorang muslim. 

Di dalam aplikasi Umma ini terdapat beberapa fitur tambahan yang dapat kamu akses dan dapatkan dengan mudah. 

  • Media sosial aplikasi, yang mana kamu dapat mencari berbagai konten islami di dalamnya, mulai dari video kotbah, foto isami, artikel, berita dan masih banyak lainnya. 
  • Dapat melihat konten trending harian sehingga kamu up to date mengenai isu-isu yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
  • Berinteraksi dengan Ustaz dengan mengikuti profil mereka dalam komunitas aplikasi Umma.

Demikian pembahasan mengenai hukum mendengarkan AL-Quran di HP, kamu juga memikirkan beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat mendukung aktivitas kamu beribadah sebagai seorang muslim. Memanfaatkan teknologi dengan baik untuk mendukung kemajuan aktivitas beribadah dan lebih dekat dengan sang pemilik adalah suatu hal positif untuk dilakukan.

al-quran