8 Hewan yang Hidup di Gurun atau Padang Pasir

Nesiaverse.com – Di gurun atau padang pasir pun tidak lepas dari hewan yang hidup dan berpenghuni disana. Gurun merupakan wilayah yang kering dan gersang, kebanyakan berpikir bahwa tidak ada hewan yang hidup di sana karena panas dan gersangnya. 

Namun, faktanya, wilayah yang sulit untuk dihuni oleh manusia ini dapat dihuni oleh beberapa hewan, karena ada hewan yang dapat hidup di gurun atau padang pasir. Tentunya hewan yang paling terkenal hidup di gurun tidak lain adalah unta. 

Namun, tahukah kamu jika ada beberapa hewan yang dapat hidup di gurun atau padang pasir selain unta? Makna, penting bagi kamu untuk mengikuti ulasan lengkapnya dalam artikel kami berikut ini. 

Advertisment

Hewan yang Hidup di Gurun atau Padang Pasir

Gurun atau padang pasir merupakan daerah yang tidak memiliki anak air, tumbuhan dan hewan. Memang tidak dipungkiri lagi jika lingkungan gurun saja sangat keras untuk sekedar dijadikan tempat tinggal. 

Advertisment

Namun, hal tersebut bukan berarti gurun atau padang pasir ini tidak memiliki kehidupan. Selain jenis tumbuh tertentu, ada beberapa spesies hewan pemberani yang mampu beradaptasi dengan kerasnya lingkungan gurun atau padang pasir tersebut.

Dari banyaknya hewan yang hidup di gurun, ada beberapa yang bahkan memiliki ukuran yang cukup besar. Berikut beberapa macam hewan yang hidup di gurun atau padang pasir. 

Beruang Gobi

Hewan yang hidup di gurun atau padang pasir adalah Beruang Gobi, yang bersumber dari a-z-animals.com, dijelaskan jika beruang gobi atau ursus arctos gobiensis merupakan spesies beruang yang dapat bertahan dengan panas gurun yang ekstrim dan satu-satunya. 

Beruang gobi termasuk golongan beruang coklat, namun mereka tinggal di gurun gobi. Beruang satu ini memiliki tinggi tubuh berkisaran antara 1 hingga 1,5 meter, dengan panjang 1,6-501,6 meter dan berat badannya di antara 95-137 kg. 

Meskipun beruang gobi memiliki bentuk fisik yang besar, namun beruang gobi termasuk jenis herbivora, yang memiliki kondisi tertentu dan dapat mengonsumsi hewan kecil serta serangga. 

Beruang gobi termasuk makhluk soliter, yang artinya mereka terbiasa hidup sendiri dan jarang terlihat bersama-sama. Mereka hewan yang cukup pemalu dan tentunya sulit ditemui oleh manusia. 

Domba Gurun Bighorn

Domba Gurun Bighorn atau dikenal dengan obics canadensis nelsoni merupakan subspesies domba liar dan mendiami daerah gurun atau padang pasir serta pegunungan di Amerika Utara. 

Domba gurun satu ini terkenal karena bentuk tanduknya yang sangat besar, yang digunakan untuk bersaing sesama domba jantan lainnya. Domba gurun bighorn memiliki berat sekitar 68-136 kg, tinggi 0,7-1 meter dan panjang 1,2-1,8 m.

Domba gurun bighorn sendiri adalah pendaki yang handal atau terampil. Karena mampu bergerak dengan lancar bahkan ke daerah tebing dan lereng pegunungan yang cukup ekstrim dan curam. 

Memiliki kemampuan mendaki yang dapat membantunya mencari makanan sekaligus menghindari dari pemangsa. Dimana gurun bighorn ini bertahan hidup terhadap suhu panas, dan mampu menghindari suhu panas yang berlebihan. 

Burung Unta

Burung unta termasuk hewan yang hidup di gurun atau padang pasir, hewan satu ini dikenal dengan struthio camelus juga. Memiliki tubuh yang cukup besar bagi burung terbesar di bumi dengan tinggi hingga 2, meter dan berat 99-158 kg. 

Burung unta ini dapat menghasilkan telur dengan panjangnya mencapai 15 cm dan berat hingga 1,5 kg. Burung unta ini populer karena memiliki kecepatan dalam berlari yang mengalahkan seluruh jenis burung. 

Burung unta yang bergerak dengan berlari tidak terbang seperti burung pada umumnya. Burung unta memiliki kecepatan berlari hingga 70 km/jam. Hewan satu ini dapat hidup di tempat dengan suhu yang cukup panas, kering dan ekstrim seperti gurun atau padang pasir. 

Singa

Singa atau panthera leo yang merupakan salah satu jenis kucing terbesar nomor dua di dunia dan berasal dari Afrika. Hewan satu ini memiliki kepandaian dalam beradaptasi di berbagai tempat. 

Meski tidak sering ditemukan di gurun, namun singa juga termasuk salah satu jenis hewan yang bisa hidup di gurun. Singa memiliki tubuh dengan panjang 1,3 hingga 2 meter, sementara ekornya sendiri memiliki panjang hingga 1 meter. 

Dengan tubuh singa yang panjang dirinya memiliki berat hingga 500 pon atau 226,7 kh. Jarang diketahui jika singa mampu berjalan hingga 30 jam secara terus menerus. Namun, ketika berlalu untuk mengejar maga singa dapat meraih kecepatan 80-81 km per jamnya. 

Unta

Unta merupakan salah satu hewan yang hidup di gurun atau padang pasir. Hewan satu ini dianggap sebagai salah satu hewan yang paling populer dengan habitat gurun dan padang pasirnya. 

Unta memiliki 2 spesie yaitu Bkatria atau Camelus bactiranud dan unta Dromedari atau camelus dromedarius. Memiliki ukuran yang cukup tinggi dan besar, membuat hewan satu ini tidak bisa disepelekan. 

Unta memiliki tinggi yang dapat mencapai 2 meter, dengan panjang tubuh 3,5 meter dan berat hingga 498 kg. Unta juga memiliki ciri khas dengan lehernya yang panjang dan punuknya yang mampu bertahan di habitatnya yang panas, yaitu gurun.

Katak Banteng Afrika

Bagi kamu yang berpikir katak seharusnya hidup di area basah atau lembab, maka tidak dengan katak banteng afrika. Karena amfibi satu ini merupakan salah satu spesies katak yang dapat beradaptasi di segala lingkungan, termasuk gurun. 

Dilansir dari Fact Anima, dijelaskan jika kemampuan adaptasi dari katak gurun ini dapat membuatnya bertahan menghadapi kerasnya dan panasnya gurun di Afrika, youtube gurun Kalahari. Saat periode kering, dirinya hanya kehilangan 38% tubuhnya.

Katak satu ini tidak hanya mampu bertahan di bawah titik beku ketika malam hari. Selama cuaca panas dirinya akan menggali dan mengubur dirinya ke dalam tanah, inilah yang membuatnya dapat menahan kelembaban tubuh sekaligus menyimpan tenaganya juga. 

Kucing Pasir

Kucing satu ini sama seperti kucing kebanyakan yang memiliki wajah yang sangat lucu dan dapat membuat jatuh hati pada pecinta kucing. Namun, kamu harus waspada, meskipun memiliki tubuh yang mungil dan terlihat imut serta lucu, kucing pasir adalah pemburu paling berbahaya di gurun pasir. 

Dikutip dari Smithsonian National Zoo, kucing pasir merupakan salah satu penghuni asli gurun Sahara. Memiliki ukuran yang kecil dan kurang dari 1 meter, namun dirinya dapat memburu apa saja, diantaranya ular beracun sekalipun. 

Selain itu kucing satu ini memiliki fisik telinga yang cukup besar, fungsinya membantu kucing pasir memiliki pendirian yang luar biasa, dan mendeteksi mangsanya. Sehingga kemampuan satu ini sangatlah bermanfaat untuk memangsa. 

Rubah Fennec

Selanjutnya adalah rubah fennec yang dikenal sebagai rubah terkecil di dunia. Rubah satu ini sama halnya seperti kucing gurun, memiliki ukuran yang kecil namun tidak membuatnya gentar menjadi salah satu predator yang berbahaya di gurun.

Dilansir dari National Geographic , dijelaskan jika rubah fennec ini mampu hidup dalam komunitas kecil dengan berisi 10 individu. Nantinya mereka akan berburu hewan pengerat, reptil, telur dan serangga di malam hari. 

Namun, tidak seperti kucing gurun, rubah fennec ini juga dapat memakan tumbuhan, jika tidak mendapatkan buruan. Telinga rubah fennec juga dapat membantu melancarkan sirkulasi panas tubuh dan membuatnya tetap dalam kondisi tubuh yangs ejuk. 

Rubah fennec juga memiliki rambut yang cukup tebal sehingga dapat melindunginya dari sengatan sinar matahari hingga dinginya malam.

Itulah beberapa jenis hewan yang hidup di gurun dan padang pasar, sehingga kamu sekarang tahu jika yang hidup di gurun atau padang pasir tidak hanya unta saja.

gurunhewanpadang pasir