Habitat Burung Kolibri di Alam Liar

Nesiaverse.com – Burung kolibri terkenal sebagai salah satu burung dengan memiliki ukuran terkecil dari burung lainnya, dengan memiliki banyak keunikannya membuat siapa saja ingin memeliharanya tetapi sedikit orang yang tahu dengan habitat burung kolibri.

Sudah kita ketahui bahwa di dunia ini yang memiliki banyak sekali berbagai fauna sangat menarik dan unik, salah satu fauna memiliki banyak penggemarnya yaitu ada burung kolibri dan bahkan sekarang ini sudah banyak yang memeliharanya di rumah sebagai hewan peliharaan.

Burung kolibri sendiri merupakan jenis burung dengan memiliki ukuran tubuh kecil dengan warna bulu yang cerah sangat menarik menjadi daya tarik tersendiri, burung kolibri memiliki bentuk serta warna berbeda dibandingkan dengan jenis burung yang lainnya.

Advertisment

Sehingga dengan begitu membuat burung kolibri tersebut yang mudah dikenali perbedaannya, sama halnya dengan jenis burung yang lainnya burung kolibri juga yang memiliki habitat dan ternyata masih banyak orang yang belum tahu habitat burung kolibri tersebut.

Umumnya burung yang memiliki bentuk paruh dan kakinya disesuaikan dengan tempat hidup atau habitatnya masing-masing, dimulai dari cara mencari makan dan juga jenis makanannya, seperti misalnya burung kolibri yang memiliki bentuk paruh panjang dan menyempit pada bagian ujungnya.

Advertisment

Dengan bentuk paruh tersebut yang berguna atau berfungsi untuk menghisap nektar dari dalam bunga, untuk kamu yang ingin tahu dengan habitat burung kolibri maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Habitat Burung Kolibri

Walaupun memang burung kolibri yang masih jarang dipelihara namun burung kolibri yang sudah menarik hati banyak orang dan mungkin termasuk kamu, burung kolibri sendiri adalah salah satu dari sekitar 320 spesies burung kecil yang berwarna merah dari famili Trochilidae.

Biasanya burung kolibri ditempatkan bersama dengan burung walet di dalam ordo Apodiformes namun terkadang dipisahkan dalam ordonya sendiri yaitu Trochidiformis, meskipun burung kolibri berada di dalam kelompok famili begitu besar tetapi ada banyak spesies burung kolibri.

Semua jenis burung kolibri yang memiliki ukuran kecil dan termasuk spesies burung terkecil di dunia, terdapat spesies burung kolibri terbesar yaitu jenis burung kolibri raksasa (Patagonia gigas) berasal dari Amerika Selatan di bagian barat dengan memiliki panjang 20 cm dan berat 20 gram.

Sementara untuk spesies burung kolibri terkecil yaitu burung kolibri lebah (Mellisuga, kadang Caliphate helena) berasal dari Kuba dan Pulau Pinus, untuk ukuran burung kolibri lebah yaitu kurang lebih sekitar 5,5 cm dengan ekor dan paruh berukuran sekitar setengahnya.

Burung kolibri yang memiliki tubuh kompak, berotot kuat, sayap serta paruh panjang menjadi ciri khasnya, paruh yang panjang serta runcing seperti jarum digunakan sebagai tabung mengambil nektar dari bunga, nektar dari bunga  menjadi makanan utama burung kolibri.

Sedangkan sayapnya panjang berguna untuk terbnag ke depan, lurus keatas, kebawah, kesamping dan bahkan mundur kebelakang, sayap tersebut bisa terbang dengan cepat karena memiliki berat yang ringan sehingga burung kolibri memiliki kecepatan kepakan sayap sangat cepat.

Untuk habitat burung kolibri sendiri  yang banyak ditemukan di belahan bumi bagian barat yaitu seperti Alaska, Kanada Utara sampai Amerika Selatan, terdapat 12 spesies ditemukan secara teratur di amerika Serikat dan Kanada.

Bahkan selain itu juga spesies bersarang di Amerika Utara pada umumnya bermigrasi, walaupun banyak burung kolibri yang lainnya tinggal di daerah tropis subur sepanjang tahun, sarang burung kolibri yaitu cangkir kecil dari serat tumbuhan jaring laba-laba, lumut kerak serta lumut menempel pada ranting, cabang, bercabang, daun besar hingga langan batu.

Dimana untuk sementara spesies tertentu yang dikenal sebagai pertapa (Phaethornis) yang sarangnya digantung dengan tangkai sempit dari bawah langkan atau atap gua dan juga gorong-gorong, selain itu di bawah ini terdapat habitat burung kolibri berdasarkan jenis atau spesies burung kolibri yaitu sebagai berikut:

  • Burung kolibri wulung yang berukuran 10 cm ini yang memiliki warna di bagian mahkota dan bagian atas tubuh hijau tua serta mengkilap untuk jantan, jenis burung kolibri yang satu ini memiliki habitat aslinya berada di kaki gunung.
  • Burung kolibri gunung mempunyai ukuran tubuh sekitar 13 cm ini memiliki habitat aslinya berada di pegunungan atau dataran tinggi.
  • Burung kolibri sangihe dengan postur atau ukuran tubuh sekitar 12 cm ini yang memiliki habitat khusus di gunung Sahendaruman.
  • Burung kolibri sriganti yang berhabitat asli di rumput semak belukar banyak ditumbuhi oleh bunga yang memiliki nektar berlimpah di dalamnya.
  • Burung kolibri leher merah yang memiliki habitat aslinya berada di hutan tropis dengan memiliki ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut (mdpl).
  • Burung kolibri rimba yang berukuran sekitar 12,7 -15 cm ini dengan memiliki habitat aslinya berada di hutan dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut (mdpl).

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan habitat asli burung kolibri yang bisa kamu ketahui dan jumpai, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.