Efek Samping Rebusan Daun Kersen Untuk Kesehatan

Nesiaverse.com – Daun kersen yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh namun ternyata jika terlalu banyak mengkonsumsi daun kersen ini terdapat efek sampingnya, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan efek samping daun kersen maka bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Dimana daun kersen yang dipercaya bisa membantu mengatasi sejumlah keluhan penyakit yang dimulai dari yang biasa dan sampai penyakit kronis, selain itu juga untuk air rebusan dari daun kersen juga yang mampu mencegah berbagai penyakit.

Hal ini yang dikarenakan daun kersen yang memiliki banyak kandungan antioksidan didalamnya dan juga kandungan yang lainnya dengan memiliki peran penting untuk kesehatan  tubuh, namun walaupun daun kersen baik untuk kesehatan tetapi jangan sampai mengkonsumsinya dengan berlebihan.

Advertisment

Dalam mengkonsumsi daun kersen juga yang pastinya terdapat aturan pakai yang perlu diperhatikan, jika melebihi dosis yang telah disarankan maka bisa menyebabkan beberapa efek sampingnya.

Efek Samping Rebusan Daun Kersen Untuk Kesehatan

Advertisment

Ternyata hampir semua bagian pada pohon kersen ini bisa dimanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk juga dengan daun kersen, dimana tanaman ini merupakan pohon yang mudah dan sering dijumpai di taman atau di pinggir jalan hal ini dikarenakan pohon kersen yang memiliki susunan daun yang rindang.

Dimana untuk rebusan dari daun kersen ini yang memiliki kadar serat dan juga karbohidrat yang tinggi dan pada bagian daun kersen yang mengandung protein dan air dengan jumlahnya yang tidak signifikan, daun kersen ini yang memiliki berbagai jenis flavonoid seperti flavan, flavonoid, dan juga biflavan.

Selain itu juga terdapat senyawa kimia yang lainnya yaitu ada triterpene, tanin, polifenol memiliki peran sebagai antioksidan, sehingga tidak heran jika daun kersen ini dipercaya bisa membantu untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Namun daun kersen ini selain bisa membantu untuk mencegah atau mengatasi berbagai macam penyakit, ternyata jika terlalu sering dan berlebihan dalam menggunakan daun kersen juga terdapat efek sampingnya.

Adapun beberapa efek samping dari daun kersen diantaranya yaitu sebagai berikut:

Alergi

Efek samping daun kersen yang dapat kamu rasakan yang pertama yaitu timbulnya alergi dan ini biasanya dialami untuk mereka yang sensitif dengan zat yang terdapat didalam daun kersennya, dimana untuk alergi ini yang dapat ditandai dengan munculnya ruam, gatal-gatal hingga kemerahan pada kulit. tubuh,

Berbahaya Untuk Janin

Untuk ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun kersen hal ini yang bisa menimbulkan efek sampingnya yaitu mempengaruhi pada pertumbuhan janin didalam kandungan, untuk penyebabnya yang berasal dari zat inflamasi dan antiseptik yang terdapat pada daun kersen dan pertumbuhan janin pun akan terganggu dan bahkan bisa saja menyebabkan keguguran.

Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal juga ternyata bisa disebabkan dari mengkonsumsi daun kersen dan ini menjadi salah satu hal efek samping dari daun kersen yang sangat berbahaya bukan, dimana ginjal yang memiliki peran penting sebagai penyaring darah jika mengalami masalah maka kondisi kesehatan yang secara keseluruhan akan bermasalah.

Mual dan Muntah

Efek samping daun kersen yang selanjutnya yaitu mengalami mual dan muntah dan hal ini yang biasanya terjadi untuk mereka yang memiliki pada lambungnya, sehingga untuk kamu yang memiliki masalah pada organ lambung sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi daun kersen ini.

Namun jika memaksakan diri dengan mengkonsumsi daun kersen ini maka bisa menyebabkan kondisi lambung yang semakin buruk dan efek sampingnya yaitu mual dan muntah, jika efek samping ini terjadi maka sebaiknya untuk menghentikan penggunaan daun kersen ini.

Sakit Perut

Efek samping daun kersen yang lainnya yaitu bisa menyebabkan sakit perut dan terutama untuk anak-anak, jika efek samping ini terjadi maka akan membuat kondisi lambung menjadi bermasalah dan dapat membuat sakit perut yang menjadi berkepanjangan.

Gangguan Hati

Daun kersen yang terdapat efek sampingnya yaitu timbulnya gangguan masalah baru pada organ hati atau liver, hal ini yang terjadinya disebabkan karena pemanfaatan daun kersen yang berlebihan sehingga untuk menghindari hal tersebut terjadinya untuk mengkonsumsi daun kersen sesuai aturan tidak berlebihan.

Mungkin hanya itu saja beberapa efek samping daun kersen yang perlu kamu ketahui dan perlu diwaspadai, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.