3 Efek Samping Minum Rebusan Kulit Manggis

Nesiaverse.com – Kulit manggis yang terkenal dengan memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, tetapi masih banyak orang yang belum tahu ternyata minum rebusan kulit manggis juga bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Kulit manggis sendiri adalah salah satu bagian pada buah manggis yang terdapat diluar berwarna ungu kehitaman dengan memiliki tekstur keras dan juga tebal, selain itu kulit manggis juga yang kaya akan kandungan senyawa atau sifat antioksidan didalamnya.

Dimana menurut Kementerian Kesehatan yang menunjukan bahwa manfaat dari kulit manggis ini yang berasal dari kandungan xanthone yang terdapat dalam kulit manggisnya yaitu senyawa fitokimia yang pemberi warna pada kulit manggis berwarna ungu kehitaman ini.

Advertisment

Tetapi kulit manggis ini yang memiliki rasa yang pahit sehingga kerap membuat kebanyakan orang enggan untuk mengkonsumsi kulit manggis tersebut, padahal kulit manggis memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Oleh karena itu untuk bagian luar buah manggis yaitu kulitnya ini yang kebanyakan memilih untuk diolah menjadi produk siap konsumsi yaitu seperti minuman herbal maupun suplemen, produk ini juga yang bisa ditemukan dengan mudah.

Advertisment

Selain itu kulit manggis juga yang bisa kamu olah sendiri dirumah dengan cara yang sederhana yaitu hanya cukup menghaluskan kulit manggis dan merebusnya dengan air secukupnya, bisa ditambahkan madu atau gula secukupnya agar terasa manis.

Lalu apa saja efek samping minum rebusan kulit manggis? Nah untuk kamu yang penasaran dengan apa saja efek sampingnya maka bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Efek Samping Minum Rebusan Kulit Manggis

Tidak hanya buahnya saja yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan namun kulit manggis juga yang bisa memberikan banyak manfaatnya, dan untuk merasakan manfaatnya bisa dengan minum rebusan kulit manggis.

Beragam manfaatnya seperti membantu dalam menurunkan risiko kanker, mencegah infeksi, melawan peradangan, hingga menunjang kesehatan gigi dan mulut, dengan banyak manfaat pada kulit manggis yang tidak menutup kemungkinan terdapat efek samping minum rebusan kulit manggis.

Karena pada setiap kelebihan ada kekurangannya termasuk juga pada kulit manggis yang satu ini, sebenarnya beragam efek samping dari minum rebusan kulit manggis yang bisa kita halau dengan cara memperhatikan jumlah rebusan kulit manggis yang kita minum jangan sampai berlebihan.

Adapun untuk beberapa efek samping minum rebusan kulit manggis yang harus kamu ketahui dan waspadai yaitu sebagai berikut:

Dapat Mengalami Masalah Pencernaan

Salah satu efek samping meminum rebusan kulit manggis yang paling umum terjadi yaitu bisa mengalami masalah sistem pencernaan, dimana sebenarnya kulit manggis yang kaya akan kandungan serat di dalamnya berfungsi mendukung pertumbuhan bakteri baik pada usus.

Kandungan serat ini tentu saja sangat penting untuk kesehatan pencernaan karena bisa membantu melancarkan sistem kinerja usus,

Tetapi jika minum rebusan kulit manggis terlalu banyak bisa menyebabkan adanya rasa tidak nyaman di bagian perut yaitu seperti diare dan juga kembung, untuk menghindari sebaiknya mengkonsumsi rebusan kulit manggis dalam jumlah pas.

Dapat Mengganggu Kemoterapi

Pada berbagai percobaan hewan yang membuktikan bahwa kulit manggis ini yang mempunyai sifat antikanker yang berfungsi dalam menurunkan risiko penyakit tersebut, namun dilansir dari laman Healthifyme yang melakukan eksperimen pada manusia yang tidak bisa menjamin hasil manfaatnya sama.

Dimana menurut sebuah penelitian pada tahun 2006 produk kulit manggis bentuk suplemen dikonsumsi oleh sejumlah pasien kanker yang bisa mengganggu pengobatannya, sehingga dengan begitu kondisinya yang justru bisa berimbas pada rusaknya kadar gula di dalam darah pasien.

Selain itu berdasarkan dengan penelitian yang lain sifat antioksidan dalam kulit serta daging buah manggis ini yang terutama suplemen bisa mengganggu radikal bebas di dalam tubuh, hal ini yang sangat baik jika dalam keadaan normal.

Mekanisme radikal bebas ini yang seperti digunakan di dalam radioterapi dan kemoterapi yang bisa terganggu oleh kandungan antioksidan ini, untuk pencegahannya yang sebaiknya menghindari minum rebusan kulit manggis atau suplemen kaya akan antioksidan selama terapi ini berjalan.

Dapat Memperlambat Pembekuan Darah

Dimana telah dilansir dari Healthline untuk penelitian awal yang menunjukan bahwa kandungan xanthone yang bisa memperlambat proses pembekuan darah, termasuk juga jenis makanan kaya akan kandungan xanthone.

Dengan mengkonsumsi kulit manggis yang ternyata bisa mengganggu proses pembekuan darah di dalam tubuh, padahal untuk proses ini yang sangat penting dan berguna dalam menghentikan pendarahan pada saat seseorang mengalami cedera atau terluka.

Sehingga untuk itu agar terhindar dari efek samping meminum rebusan kulit manggis ini maka sebaiknya untuk mengkonsumsinya dalam jumlah pas tidak berlebihan, karena jika meminum rebusan kulit manggis berlebihan tidak aman untuk mereka rentan mengalami pendarahan berlebih.

Selain itu dengan mengkonsumsi kulit manggis juga bisa meningkatkan risiko perdarahan selama dan juga setelah menjalankan operasi, dengan melihat efek samping minum rebusan kulit manggis ini yang sebaiknya tidak konsumsi kulit manggis bentuk olahan apapun yang setidaknya 2 minggu sebelum melaksanakan operasi.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa efek samping minum rebusan kulit manggis yang harus kamu ketahui dan waspadai untuk menghindari efek sampingnya sebaiknya konsumsi rebusan kulit manggis dengan jumlah yang tepat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah manggiskulit manggisrebusan kulit manggis