Efek Samping Minum Rebusan Daun Ciplukan

Nesiaverse.com – Mungkin kamu akan berpikir apa saja efek samping dari minum rebusan daun ciplukan, karena pada dasarnya semua tumbuhan maupun lainnya memiliki efek sampingnya dan untuk kamu yang penasaran akan hal tersebut bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Tanaman ciplukan yang bisa ditemukan dengan mudah karena biasanya tanaman ini tumbuh liar, ciplukan atau memiliki nama latin Physalis angulata L. ini sebenarnya tumbuhan berasal dari kawasan atau wilayah tropis Amerika Latin.

Kemudian tanaman ciplukan ini yang tersebar luas ke berbagai penjuru dunia yang termasuk juga Indonesia, di Indonesia tanaman ciplukan ini  yang sering di jumpai di daerah kebun, persawahan, pinggir kebun maupun di tepi hutan.

Advertisment

Namun sayangnya keberadaan tanaman ciplukan ini yang sekarang sudah jarang ditemukan, dengan kelangkaan ini yang membuat tanaman tersebut yang memiliki harga cukup tinggi dan dengan tingginya harga jual buah ciplukan membuat banyak orang yang mengernyitkan dahi.

Efek Samping Minum Rebusan Daun Ciplukan

Advertisment

Daun ciplukan memang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, karena daun ciplukan ini yang mengandung berbagai senyawa penting seperti saponin, polifenol, flavonoid,asam sitrat, fisalin, asam malat, tanin, vitamin C, hingga crypto xantin.

Beragam kandungan senyawa tersebut memiliki peran penting dan andil besar terhadap kesehatan manusia, untuk bisa merasakan berbagai manfaat dari daun ciplukan yang bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan sebagai ramuan caranya sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu siapkan daun ciplukan sekitar 15 hingga 20 lembar dan juga air sekitar 3 gelas.
  • Kemudian cuci daun ciplukan hingga bersih dengan air yang mengalir.
  • Jika sudah bersih daun ciplukannya di rebus dengan airnya hingga mendidih dan sampai menyisakan sekitar 1 gelas.
  • Selanjutnya diamkan biar agak dingin dulu lalu saring.
  • Minum ramuan daun ciplukan sehari sekali atau sesuai dengan kebutuhan.

Jika mengenai dengan efek samping minum rebusan daun ciplukan yang sejauh ini dari beberapa hasil penelitian sudah dilakukan yang masih belum ditemukan adanya efek samping yang cukup serius dari mengkonsumsi ciplukan baik itu buahnya maupun daunnya bahkan akarnya atau batangnya.

Sehingga dengan begitu hal ini yang menandakan bahwa tanaman ciplukan yang aman untuk dikonsumsi, dan tanaman ini juga yang benar-benar mempunyai beragam manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh, oleh karena itu dengan membudidayakan tanaman ciplukan di pekarangan rumah menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan beragam manfaat untuk kesehatan.

Untuk kamu yang penasaran dengan beragam manfaat yang bisa didapatkan dari minum rebusan daun ciplukan, maka berikut beberapa manfaatnya yaitu sebagai diantaranya:

Menurunkan Kolesterol

Kondisi kolesterol dalam darah yang tinggi bisa terjadinya penyakit jantung dan hipertensi, sehingga untuk pengidap kolesterol tinggi disarankan memperbanyak olahraga dan menjaga asupan makanan agar kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah menjadi tidak semakin tinggi.

Dengan daun dan buah ciplukan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL), manfaat ini berkat kandungan asam oleat dan juga linoleat didalamnya.

Kaya Akan Antioksidan

Daun ciplukan yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi di dalamnya yang berperan penting menjadi sumber alami dalam pencegahan serangan penyakit kronis, zat antioksidan ini seperti polifenol dan karotenoid yang berfungsi membantu menetralkan radikal bebas masuk dalam tubuh.

Terdapat sebuah penelitian menjelaskan jika kombinasi senyawa polifenol dan karotenoid ini mampu membantu  menghentikan penyebaran berbagai jenis penyakit kanker, dengan begitu daun ciplukan menjadi sumber ramuan alami anti kanker serta sumber makanan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi Peradangan

Ramuan daun ciplukan dipercaya bisa membantu mengatasi masalah peradangan, karena daun ciplukan mempunyai senyawa withanolides didalamnya yang berperan penting dalam membantu meningkatkan aliran darah ke daerah terasa nyeri.

Senyawa tersebut dipercaya bisa mengurangi rasa sakit atau nyeri diakibatkan peradangan, senyawa withanolides juga akan bekerja dalam melawan efek peradangan diakibatkan oleh radang usus sehingga kandungan senyawa ini berpotensi menurunkan risiko kanker usus besar.

Sebagai Anti Inflamasi

Ramuan air daun ciplukan yang bisa memberikan manfaat membantu mengurangi berbagai jenis penyakit salah satunya masalah peradangan, karena daun ciplukan memiliki efek anti inflamasi dan juga analgesic didalamnya berfungsi menenangkan sekaligus membantu mempercepat proses penyembuhan.

Berbagai macam masalah kesehatan yaitu seperti radang sendi, wasir dan juga asam urat ternyata bisa diatasi dengan memanfaatkan daun ciplukan, daun ini memberikan nasihat dapat meningkatkan kesehatan jantung, mencegah atau memperlambat perkembangan aterosklerosis untuk penyakit jantung koroner.

Membantu Mengatasi Sariawan

Ramuan dari daun ciplukan yaitu mampu membantu mengatasi masalah sariawan, masalah ini kerap menimbulkan rasa perih pada bagian area mulut dan kondisi ini yang bisa menyebabkan nafsu makan menjadi turun drastis.

Masalah sariawan juga adalah kondisi umum terjadi pada saat tubuh kekurangan vitamin C, sehingga masalah ini yang bisa diatasi dengan memanfaatkan kandungan vitamin C terdapat dalam daun ciplukan dengan cara merebus daun ciplukan sebagai minuman ramuan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan efek samping minum rebusan daun ciplukan yang tidak ada efek sampingnya sehingga sangat aman justru memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, namun pastikan juga untuk dikonsumsi dalam porsi yang tepat tidak berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

daun ciplukan