Efek Samping Makan Buah Mangga Jika Berlebihan

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak kenal dengan buah Mangga tentunya semua orang mengetahui buah yang satu ini dengan memiliki rasa yang manis dan juga menyegarkan ditambah lagi memiliki manfaat dan khasiat yang sangat melimpah, namun walaupun buah Mangga memiliki banyak manfaat tetapi jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan maka bisa memicu timbulnya efek samping.

Mangga merupakan salah satu buah tropis dengan memiliki warna kuning yang cerah dan rasanya yang manis dan menyegarkan, tidak heran jika banyak orang menyukai buah yang satu ini ditambah lagi dengan beragam manfaat berasal dari kandungan didalam buah Mangga.

Memang berbicara dengan manfaat dari buah Mangga ini yang tidak diragukan lagi untuk kesehatan tubuh dengan beragam kandungan mineral dan vitamin yang bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh, tetapi tidak semua bisa mengkonsumsi buah Mangga dikarenakan ada beberapa orang yang justru menghindari buah ini yang dikarenakan dengan alasan yang tertentu.

Advertisment

Kebanyakan orang yang menyukai buah yang satu ini sehingga banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka mengkonsumsi buah Mangga ini secara berlebihan, pada dasarnya sesuatu yang berlebihan tidak baik termasuk juga dengan mengkonsumsi buah Mangga.

Untuk kamu yang mungkin belum tahu apa saja efek samping dari makan buah Mangga jika berlebihan, untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Advertisment

Efek Samping Makan Buah Mangga Jika Berlebihan

Buah Mangga yang terkenal sebagai salah satu superfood yang bisa mengatasi berbagai penyakit yang berbahaya seperti menangkal kanker, bahkan untuk beberapa tempat buah ini yang dijuluki dengan nama raja buah dan julukan ini memang tidak berlebihan melihat buah Mangga yang memiliki beragam kandungan yang penting untuk kesehatan tubuh.

Dalam satu cangkir buah Mangga atau setara 165 gram yang mengandung sekitar 99 kalori dan juga 2,6 gram serat didalamnya, namun selain itu juga terdapat vitamin A, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, zat besi serta antioksidan seperti kalium, niasin, mangan tiamin, magnesium, folat, tembaga dan juga riboflavin.

Kandungan dalam buah Mangga ini yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, mengurangi diabetes, menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit dan juga rambut, namun semua manfaat tersebut bisa kamu dapatkan jika kamu mengkonsumsi buah Mangga ini secara rutin dengan batas yang wajar.

Jika kamu mengkonsumsi buah Mangga ini secara berlebihan yang bisa memicu timbulnya penyakit untuk tubuh atau efek sampingnya, adapun untuk beberapa efek samping makan buah Mangga jika berlebihan yaitu sebagai berikut.

Alergi

Efek samping makan buah Mangga jika berlebihan yaitu bisa menyebabkan reaksi alergi untuk mereka yang memiliki alergi terhadap makanan termasuk buah-buahan seperti buah Mangga, dimana gejala ini yang dapat berupa masalah pernapasan, bersin, pilek, mata berair, sakit perut dan bahkan mengalami syok dalam kasus yang ekstrim.

Kadar Gula Darah Meningkat

Dimana buah Mangga yang memiliki tingkat indeks glikemik (GI) yang rendah sampai sedang yaitu 51 hingga 56 dan indeks glikemik ini yang menjadi acuan untuk mengetahui seberapa cepat kadar gula darah meningkat setelah mengkonsumsi makanan, dengan mengkonsumsi buah Mangga yang secara berlebihan yang bisa memicu kadar gula darah yang meningkat atau tinggi dan ini dapat memicu lonjakan gula darah berbahaya untuk penderita diabetes.

Iritasi

Efek samping makan buah Mangga jika berlebihan yang lainnya yaitu bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan, hal ini yang dikarenakan getah buah Mangga yang merembes keluar dari Mangga matang yang merupakan iritan yang sangat kuat dan ini bisa menyebabkan iritasi.

Pastikan juga setelah kamu mengkonsumsi buah Mangga ini sebaiknya tidak boleh minum dengan air dingin hal ini yang bisa menyebabkan iritasi yang lebih lanjut, karena air dingin yang bisa menyebabkan koagulasi getah.

Mengalami Masalah Gastrointestinal

Dengan efek samping makan buah Mangga jika berlebihan yang ternyata bisa menyebabkan masalah gastrointestinal terutama jika mengkonsumsi buah Mangga yang masih mentah, masalah gastrointestinal ini seperti gangguan atau masalah pada sistem pencernaan.

Mengalami Infeksi Salmonella

Buah Mangga yang bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya infeksi salmonellosis, dimana terdapat sekitar 78 pasien dari 13 negara yang terinfeksi strain wabah dan 15 pasien yang dirawat dirumah sakit, 2 orang meninggal diantara 28 pasien yang telah terdaftar di dalam studi kasus serta terdapat 14 orang (50%) yang telah melaporkan jika mereka telah mengkonsumsi buah Mangga dalam 5 hari sebelum terkena penyakit.

Jumlah Kalori Meningkat

Buah Mangga mengandung karbohidrat yang tinggi  yaitu sekitar 15 gram karbohidrat atau 60 kalori, sehingga efek samping makan buah Mangga jika berlebihan yaitu bisa membuat jumlah kalori yang meningkat dan ini dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

Sehingga untuk kamu yang ingin menjalankan program diet dengan mengkonsumsi buah Mangga ini pastikan untuk mengkonsumsinya dengan jumlah yang wajar tidak berlebihan, jika mengkonsumsi Mangga secara berlebihan yang justru akan menghambat upaya menurunkan berat badan.

Berpotensi Karsinogenik

Dimana untuk beberapa para pedagang buah mangga yang biasanya menggunakan kalsium karbida yang bertujuan untuk membuat buah Mangga lebih cepat matang, ternyata zat kalsium karbida ini yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada kesehatan tubuh dan juga bisa berpotensi karsinogenik.

Sehingga efek samping makan buah Mangga jika berlebihan yang bisa berpotensi mengalami karsinogenik dan efek buruk dari kalsium karbida ini yang bisa mengalami mati rasa, sensasi kesemutan dan juga neuropati perifer.

Mulut Mangga

Untuk efek samping makan buah Mangga jika berlebihan yang terakhir yaitu bisa menyebabkan menderita suatu kondisi yang biasanya disebut dengan mulut mangga, dimana gejala ini yang meliputi bengkak, gatal dan juga melepuh pada sekitar bibir, ujung lidah dan juga mulut dan biasanya efek samping ini yang terjadi pada mereka yang alergi makan buah Mangga yang masih mentah.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa efek samping makan buah Mangga jika berlebihan yang perlu kamu ketahui dan perlu diwaspadai dan pastikan mengkonsumsi buah Mangga dengan batas yang wajar, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

buah manggaefek samping buah mangga