5 Efek Samping Makan Ayam Potong Setiap Hari

Nesiaverse.com – Pada dasarnya memakan dengan jumlah yang banyak atau secara berlebihan tentunya akan menyebabkan efek samping untuk kesehatan, termasuk juga memakan ayam potong setiap hari yang terdapat efek samping harus kamu ketahui.

Daging ayam memang menjadi bahan masakan dalam berbagai menu masakan yang enak dan lezat, bahkan tidak jarang juga banyak orang setiap harinya tanpa henti mengkonsumsi makanan dengan bahan utamanya daging ayam potong.

Walaupun daging ayam merupakan bahan makanan yang paling fleksibel atau mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis sajian masakan, tetapi mengkonsumsi masakan dengan bahan utama daging ayam secara rutin setiap harinya tanpa henti yang tidak memberikan efek yang begitu baik juga untuk tubuh.

Advertisment

Tidak jarang juga banyak orang yang memilih untuk menyimpan daging ayam mentah sebagai salah satu bahan makanan setiap harinya karena daging ayam yang terdapat berbagai poin plus yang dimilikinya, bahkan tidak hanya fleksibel saja diolah menjadi apa saja tetapi daging ayam juga yang lebih aman dikonsumsi oleh lintas usia.

Hal tersebut karena daging ayam yang mengandung protein yang tinggi didalamnya dan rendah lemak, sangat berbeda dengan daging merah atau daging sapi yang memiliki kandungan lemak di dalamnya yang tinggi, tetapi ternyata daging ayam potong jika dikonsumsi secara rutin yang bisa menyebabkan risiko pada kesehatan tubuh.

Advertisment

Dimana mengenai efek samping makan ayam potong setiap hari masih banyak orang yang belum menyadari dan mengetahuinya, nah agar terhindar dari efek samping tersebut sebaiknya mengetahuinya terlebih dahulu agar lebih berhati-hati atau waspada.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai dengan beberapa resiko atau efek samping makan ayam potong setiap hari, untuk itu yuk simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Efek Samping Makan Ayam Potong Setiap Hari

Daging ayam yang memang secara luas dianggap sebagai salah satu jenis protein paling serbaguna, dan bahkan memang banyak orang yang cenderung menggunakan daging ayam dalam banyak olahan masakan, selain mudah disiapkan namun daging ayam juga termasuk daging tanpa lemak.

Sehingga dengan begitu daging ayam menjadi salah satu makanan paling disukai banyak orang untuk kebutuhan sehari-hari, daging ayam yang mengandung banyak protein yang tinggi dengan sedikit lemak, walaupun daging ayam sebagai salah satu daging yang sehat tetapi para ahli gizi melarang mengkonsumsi daging ayam setiap hari.

Dengan terlalu banyak makan daging ayam bisa menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan tubuh seperti menambah berat badan dan bahkan memberikan efek berbahaya pada jantung, dengan terlalu banyak makan daging ayam juga bisa menyebabkan keracunan makanan dalam beberapa kasus.

Berikut terdapat beberapa resiko atau efek samping makan ayam potong setiap hari perlu diketahui dan waspadai yaitu sebagai berikut:

Mengalami Keracunan Makanan

Dalam menangani ayam yang memang selalu merepotkan dan jika kamu belum memasak daging ayam hingga matang, atau secara kebetulan sayuran yang bersentuhan dengan ayam mentah yang kemungkinan bisa membuat makanan menjadi terkena salmonella dan campylobacter.

Bakteri tersebut yang terkenal dengan efek buruk pada tubuh manusia karena bisa menyebabkan penyakit yang cukup parah, oleh karena itu sangat penting untuk kelompok orang yang rentan seperti anak-anak, lansia, ibu hamil menghindari jenis kontaminasi tersebut dengan cara apapun dan efek samping makan ayam potong setiap hari bisa menyebabkan keracunan makanan lebih besar.

Terkena Risiko Penyakit Jantung

Salah satu efek samping dari makan ayam potong setiap hari tanpa hentinya yang bisa menyebabkan terkena risiko penyakit jantung, dimana makan terlalu banyak daging ayam menyebabkan kolesterol yang menjadi lebih tinggi atau meningkat.

Sehingga tidak heran jika hal ini yang terkait dengan penyakit kardiovaskular, karena memakan daging ayam dan produk lain kaya protein dengan berlebihan secara tidak langsung dapat meningkatkan masalah kardiovaskular atau gangguan kesehatan bisa menyebabkan kematian.

Peluang Resistensi Antibiotik yang Lebih Tinggi

Sebenarnya sudah menjadi praktik umum di kalangan peternak unggas untuk memasukkan antibiotik pada ternaknya, dengan memakan ayam tersebut yang kemungkinan dia yang kemudian bisa menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut,

Namun tentu saja hal ini juga yang bisa menyebabkan atau menimbulkan risiko sangat nyata pada saat menghadapi infeksi dan orang yang harus minum antibiotik, kemungkinan obat tersebut yang tidak bekerja sebagaimana mestinya dan ini menjadi efek samping makan ayam potong setiap hari.

Mengandung Protein yang Tinggi

Dimana idealnya sekitar 10 sampai 35% asupan kalori harian yang harus terdiri dari protein, dengan makan terlalu banyak mengandung protein didalamnya bisa menyebabkan tubuh menyimpannya sebagai lemak, hal ini yang berarti bisa menaikkan berat badan dan juga peningkatan kadar lipid darah.

Dengan memakan atau mengunyah sepotong besar daging ayam setiap harinya tanpa henti yang akan berisiko berkontribusi pada sebagian besar asupan protein, sehingga dengan begitu bisa dipastikan untuk selalu memperhatikannya dalam mengkonsumsi daging ayam potong jangan sampai berlebihan.

Kesulitan dalam Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Dengan mengkonsumsi daging ayam atau terlalu banyak protein hewani yang bisa memberikan efek samping atau risiko yang bisa mempersulit dalam menjaga berat badan agar tetap sehat dan juga ideal, untuk kamu yang sedang menjaga berat badan agar tetap bagus dan ideal sebaiknya memperhatikan saat memakan daging ayam potong.

Menurut beberapa laporan yang menyatakan bahwa jika dibandingkan dengan vegetarian, untuk orang yang mengkonsumsi daging ayam potong setiap harinya tanpa henti yang lebih cenderung memiliki BMI yang lebih besar.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa efek samping yang perlu kamu ketahui dari memakan ayam potong setiap hari tanpa henti yang perlu kamu waspadai, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

ayam