10 Efek Makan Kentang Rebus Setiap Hari Untuk Diet

Nesiaverse.com – Kentang rebus merupakan salah satu sumber karbohidrat, mengkonsumsinya setiap hari akan memberikan 2 jenis efek. Diantaranya adalah efek negatif dan efek positif dari mengkonsumsinya secara rutin. Kentang bukanlah makanan pokok masyarakat di Indonesia. Namun, memiliki fungsi sebagai alternatif pengganti nasi juga, bahkan jumlah kalori yang lebih rendah dari nasi membuat para penggiat diet ini memanfaatkan kentang rebus sebagai pengganti nasi. 

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah diolahnya, bahkan memiliki rasa yang sangat lezat. Namun pengolahan yang sehat dengan cara merebusnya memiliki manfaatnya tersendiri bagi tubuh. Bagi kamu yang menyukai kentang mengkonsumsinya secara rutin bukanlah suatu hal yang mustahil, namun tahukah kamu apa efek makan kentang rebus setiap hari?

Efek Makan Kentang Rebus Setiap Hari Untuk Diet

Advertisment

Kentang merupakan salah satu jenis makanan alternatif pengganti nasi. Menjadi salah satu pangan yang banyak dikonsumsi karena memberikan efek kenyang lebih lama, kentang rebus menjadi salah satu pilih dan alternatif yang mendukung proses penurunan berat badan atau diet. Selain itu kentang juga memiliki harga yang terjangkau dan ada berbagai macam cara pengolahan yang unik. Namun, dapatkan kentang rebus mengganti posisi nasi dengan mengkonsumsinya setiap hari ? 

Memiliki kandungan gizi yang tinggi di dalamnya, kentang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Namun, meskipun memiliki efek manfaat kentang juga memiliki efek negatif atau efek samping dalam beberapa kondisi. Hal ini tertentu terkait dengan kondisi kesehatan seseorang. Karena tidak semua orang dapat mengkonsumsi kentang rebus secara rutin. Karena ada beberapa kondisi orang yang tidak dianjurkan mengonsumsi kentang.

Advertisment

Efek Makan Kentang Rebus Setiap Hari Untuk Diet

Berikut kami akan menjelaskan mengenai efek makan kentang rebus setiap hari, yang terbagi sebagai efek positif yang berguna bagi tubuh dan kesehatan dan efek negatif yang mengancam kesehatan. 

Meningkatkan Kesehatan Otak

Efek manfaat dari mengkonsumsi kentang rebus secara rutin adalah dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan otak dan pertumbuhannya. Kentang rebus ini memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi otak khususnya otak laki-laki yang akan mencapai usia 25 yahu. Sementara untuk perempuan akan memasuki fase sempurna ketika usianya lebih dari 21 tahun.

Hal ini disebabkan dalam kentang rebus terdapat enzim asam alfa lipoat, yang bermanfaat untuk membantu proses pencapaian pada fase sempurna otak. Selain itu kentang rebus juga memiliki kandungan kolin yang bermanfaat untuk fungsi kognitif atau fisik manusia. Sehingga kandungan koli ini akan meningkatkan daya ingat otak kamu dalam menerima informasi. 

Selain itu fungsi dari kandungan kolin dalam kentang rebus sangatlah luas, karena dapat mengatur suasana hati atau mood dan melindungi dari penyakit alzheimer. Untuk fisik sendiri kolin bekerja untuk meningkatkan kekuatan otot dalam tubuh. 

Menangkal Radikal Bebas

Saat ini polusi udara dan teriknya matahari menjadi salah satu sumber radikal bebas terbesar yang masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk menangkal radikal bebas ini kamu dapat mengkonsumsi kentang rebus. Kentang rebus memiliki efek positif atau manfaat untuk menangkal radikal bebas. 

Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan vitamin C serta antosianin. Namun, terdapat satu rekomendasi dari jenis kentang yang kaya akan kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas, yaitu kentang ungu. Mengkonsumsi kentang rebus dapat menghindari kamu dari berbagai penyakit yang dipicu oleh radikal bebas, diantaranya penyakit kronis seperti kanker dan jantung. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi kentang rebus setiap hari adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kentang rebus memiliki kandungan karotenoid yang bermanfaat untuk mencegah oksidasi kolesterol hagar dalam tubuh. Selain itu kandungan vitamin B6 di dalamnya akan mempermudah proses metilasi dan perbaikan gen dalam tubuh. Pati dalam kentang sendiri akan meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah ke tubuh dan sebaliknya. 

Mengobati Masalah Ginjal

Mengkonsumsi kentang rebus setiap hari akan memberikan efek positif dimana mampu mengobati masalah ginjal. Kamu hanya perlu merebus selama 10 menit, saja dna mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan kentang rebus memiliki kandungan kalium yang tinggi disertai magnesium di dalamnya, sehingga dapat mengobati berbagai masalah ginjal salah satunya dapat menekan resiko kambuhnya batu ginjal. 

Mencerahkan Kulit Wajah

Siapa sangka mengkonsumsi kentang rebus bermanfaat untuk kecantikan, dimana dapat membantu untuk mencerahkan kulit wajah. Namun, kamu tidak mengkonsumsinya dari dalam dengan memakan kentang rebus saja. Kamu juga bisa membuatnya menjadi masker dengan merebus dan kemudian membukanya hingga halus. Selain itu kamu dapat memberikan perasan lemon dan madu. Manfaat ini dapat memberikan kecerahan pada kulit wajah.

Efek Negatif Makan Kentang Rebus Setiap Hari

Setelah mengetahui efek positif makan kentang rebus setiap hari, berikut kami sudah merangkum efek negatif dari makan kentang rebus setiap hari. 

Menyebabkan Sakit Perut

Mengkonsumsi kentang rebus setiap hari akan menyebabkan efek negatif dimana kamu akan merasakan sakit perut berlebih. Hal ini dikarenakan kandungan pati yang tinggi dari kentang rebus yang dapat meningkatkan produksi gas dalam perut. Mengonsumsi kentang tanpa tambahan asupan protein atau pendamping dapat memicu risiko sakit perut lebih tinggi, bahkan senasinya tidak akan nyaman di area perut. Sehingga kamu akan mengalami kesulitan menjalani aktivitas haria.,

Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Mengkonsumsi kentang setiap hari dapat menyebabkan peningkatan berat badan secara drastis, apalagi jika kamu tidak memperhatikan asupan kalori harian dan mengkonsumsi kentang secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan kalori dalam kentang yang tidak jauh berbeda dari nasi, sehingga jika kamu menganggap kentang memiliki kalori yang lebih kecil dari nasi maka hal tersebut salah. 

Hal tersebut akan membuat seseorang melakukan konsumsi makanan secara sembarangan dalam porsi yang besar. Tanpa disadarai asupan kalori hariannya melebihi kebutuhan kalori harian. Sehingga dapat emmecom kenaikan berat badan jika mengkonsumsi kentang rebus setiap harinya. 

Meningkatkan Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Selanjutnya efek negatif atau efek samping dari konsumsi kentang rebus setiap hari adalah kadar gula darah dalam tubuh yang meningkat. Meskipun kentang rebus ini lebih sehat daripada nasi, tetap saja memiliki risiko yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan.

Karena karbohidrat dari kentang yang masuk dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa, kemudian akan diangkut oleh hormon insulin guna menjadikannya energi bagi tubuh. Selain itu dalam sebuah studi ilmiah ditemukan bahwa kentang memiliki nilai indeks glikemik yang sedang hingga tinggi. 

Dalam beberapa varietas kentang memiliki kemungkinan yang kecil untuk meningkatkan kadar gula darah daripada jenis kentang lainnya. Namun mengkonsumsi kentang dalam jumlah berlebihan memang salah. Konsumsilah kentang rebus dengan kulitnya, sehingga indeks glikemik dari kentang juga akan menjadi lebih rendah lagi. 

Memicu Tekanan Darah Tinggi

Terakhir, efek samping dari makan kentang rebus setiap hari dapat memicu tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan tiga mineral di dalam kentang yaitu kalium, kalsium dan magnesium. Dalam sebuah penelitian juga dikatakan bahwa mengkonsumsi kentang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. 

Dalam sebuah studi ilmiah di tahun 2016 mengemukakan bahwa terdapat fakta yang mana ketika seorang perempuan mengkonsumsi kentang rebus, kentang panggang dan kentang tumbuh empa kali atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan risiko terkena hipertensi sebanyak 11%. Jika dibandingkan seseorang yang mengonsumsi kentang sebulan sekali. Maka, perhatikanlah asupan kentang rebus setiap harinya.

Selain itu ada beberapa kondisi orang yang tidak boleh mengkonsumsi kentang rebus. 

  • Penderita diabetes, hal ini dikarenakan kandungan pati dan indeks glikemik yang sedang dan tinggi dari kentang rebus. Sehingga akan mengakibatkan lonjakan kadar gula darah yang akan meningkat dengan cepat dan mampu memperburuk kondisi diabetes tersebut.
  • Penderita darah tinggi, kentang memiliki hubungan langsung dengan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini terkait dalam kandungan garam dalam kentang jika dikonsumsi dengan cara yang salah. Karena akan terjadi penumpukan yang memicu tekanan darah tinggi karena kadar natrium dari kentang yang berlebihan. 

Demikian pembahasan mengenai efek makan dari kentang rebus setiap hari, memiliki manfaat dan juga efek sampingnya tersendiri. Kamu harus memperhatikan kondisi kesehatan kamu dan juga porsi dari kentang rebus yang dikonsumsi.

dietkentangkentang rebus