Dosis Minyak Ikan Untuk Kucing

Nesiaverse.com – Memberikan minyak ikan untuk kucing sebagai suplemen atau vitamin harian mereka sangatlah penting. Selain dari makanan, minyak ikan juga bisa dijadikan sumber vitamin atau nutrisi yang tidak terdapat pada makanan untuk mengisi kekurangannya.

Walaupun kandungan nutrisi dalam makanan lengkap, tapi berbeda dengan suplemen yang memenuhi kandungan tertentu yang dibutuhkan si kucing dalam jumlah yang cukup banyak. Lebih tepatnya suplemen ini sebagai vitamin booster yang kucing tidak dapatkan di makanan.

Salah satunya ada dengan pemberian minyak ikan, tapi harus sesuai dosis minyak ikan untuk kucing. Karena untuk mendapatkan manfaatnya, tentu saja dalam pemberian minyak ikan untuk kucing harus dengan dosis yang benar dan berikan secara rutin sesuai saran pemberian.

Advertisment

Lalu kalau begitu berapa banyak dosis minyak ikan untuk kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait dosis minyak ikan untuk kucing secara menyeluruh agar dapat kamu pahami dengan baik. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Dosis Minyak Ikan Untuk Kucing

Advertisment

Sebelum itu apa sih minyak ikan untuk kucing? Minyak ikan merupakan sumber vitamin atau suplemen untuk kucing dengan bahan utama minyak dari ikan laut seperti salmon, COD, hiu, dsb. Mengandung banyak nutrisi baik seperti asam lemak omega 3 dan 6, DHA, serta EPA.

Selain itu dilengkapi dengan berbagai antioksidan seperti vitamin A, E, D, dan C. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan kucing kamu, dan kamu bisa dapatkan semua itu dari minyak ikan. Memiliki banyak manfaat bagus untuk kesehatannya, seperti berikut ini:

  • Kandungan omega 3 dan 6 yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing
  • Menjaga kesehatan jantung si kucing dan mencegah penggumpalan darah
  • Mengurangi produksi zat pro-inflamasi yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal
  • Menurunkan produksi prostaglandin kuat yang dapat merangsang peradangan sendi
  • Kandungan DHA membantu meningkatkan kemampuan belajar si kucing agar lebih aktif
  • Mengobati kucing yang mengidap penyakit jantung, pankreatitis dan radang usus

Seperti yang telah kamu ketahui manfaat minyak ikan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kucing agar bisa hidup lebih lama. Biasanya dosis pemberian minyak ikan untuk kucing ini tergantung keterangan pada kemasannya, di situ ada petunjuk mengenai dosisnya.

Selain itu dosis minyak ikan untuk kucing yang aman sebanyak kurang lebih 40 mg EPA per kg sesuai berat badan kucing dan 25 mg DHA per kg sesuai berat badan kucing untuk per harinya. Bagi kucing rumahan biasanya dosis pemberian minyak ikan cukup hanya 1 softgel per harinya, atau beri 2 kali dalam seminggu.

Jika kucing kamu sudah cukup dewasa beri 1 butir utuh, sedangkan untuk kitten 1/2 butir minyak ikan. Namun, ada juga minyak ikan yang tekstur dan bentuknya cair, bukan softgel ataupun kapsul. Kalau cair kamu tinggal teteskan pada makanan atau minumannya sesuai aturan atau saran dalam pemberian minyak ikan yang terdapat pada kemasan produknya.

Kamu juga bisa konsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan sebelum memberikan minyak ikan, agar mendapatkan arahan yang lebih lanjut dari ahlinya. Jika memang diperlukan dan kamu cukup khawatir salah, bisa tangani langsung dengan pergi ke klinik dokter hewan terdekat.

Supaya lebih jelasnya, disini akan memberikan beberapa keterangan terkait dosis minyak ikan untuk kucing, sebagaimana dilansir dari PetCareRx berikut ada panduan umum pemberian dosis minyak ikan untuk kucing sesuai berat badan mereka. Diantaranya adalah:

  • 2-4 pon pemberian EPA 35 mg, DHA 21 mg, dan omega-3 71 mg
  • 5-9 pon pemberian EPA 69 mg, DHA 41 mg, dan omega-3 143 mg
  • 10-14 pon pemberian EPA 104 mg, DHA 62 mg, dan omega-3 214 mg
  • 15-20 pon pemberian EPA 138 mg, DHA 83 mg, dan omega-3 285 mg
  • 20+ pon pemberian EPA 173 mg, DHA 104 mg, dan omega-3 356 mg

Note: 1 pon = 0,45 kg

Adapun pemberian minyak ikan yang berbentuk kapsul atau softgel kamu boleh berikan setiap harinya asalkan sesuai dosis yang tepat. Berikan 1 kapsul minyak ikan untuk kucing kecil dengan berat badan 1-4 kg per hari, 2 kapsul untuk kucing sedang dengan berat 4-12 kg, dan 3 kapsul untuk kucing besar dengan berat >12 kg per harinya.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memberikan minyak ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 kepada kucing, supaya bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan si kucing. Seperti halnya berikut di bawah ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya yaitu:

  • Sesuaikan dengan ras dan ukuran kucing kamu, karena setiap ras kucing itu pastinya berbeda. Mulai dari ukuran dan sistem kekebalan tubuhnya, serta hal itu menentukan pemberian Polyunsaturated Fatty Acid (PUFA) yang berbeda untuk menjaga kesehatan sel agar lebih optimal.
  • Pemberian omega-3 dan DHA kepada anak kucing yang berada di awal pertumbuhan, tentunya membutuhkan jumlah yang lebih banyak untuk perkembangan retina dan otak.
  • Teruntuk kucing dengan masalah kesehatan jantung, ginjal, persendian, dan peradangan, lebih membutuhkan EPA-DHA dalam jumlah yang lebih banyak.

Meskipun begitu, jika kandungan omega-3 sudah terdapat pada pakan atau makanan kucing, sebenarnya pemberian minyak ikan ini tidak begitu diperlukan. Dengan begitu sebisa mungkin berikan setiap minggu sekali atau sesuai kebutuhan kucing kamu, supaya lebih aman.

Itulah beberapa penjelasan mengenai dosis minyak ikan untuk kucing yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, supaya bisa memberikan minyak ikan sesuai dosis yang tepat. Dengan begitu kucing juga akan mendapatkan banyak manfaatnya dan bisa membantu tumbuh sehat,

Berikan secara rutin dan konsisten untuk hasil yang maksimal, kamu juga bisa beli minyak ikan untuk kucing di pasaran atau petshop terdekat dengan beragam harganya. Akan lebih bagus kalau memilih minyak ikan khusus untuk kucing agar sesuai. Good Luck semoga membantu.

kucingminyak ikan