Dampak Positif Media Sosial Yang Jarang Orang Sadari

Nesiaverse.com – Dibalik maraknya dampak negatif dari media sosial, ternyata terdapat banyak dampak positif media sosial yang sangat membantu mempermudah kita dalam berbagai hal. Semakin kamu bijak dalam memanfaatkan media sosial, maka banyak dampak positif yang bisa kamu dapatkan dari hal tersebut.

Sebagian orang memang sering mengabaikan hal itu dan kurang mahir dalam memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik. Kebanyakan dari mereka, menggunakan media sosial hanya untuk dijadikan ajang pamer, cyberbullying, atau bahkan melakukan penjualan ilegal seperti video-video tidak senonoh.

Makanya, saat ini media sosial itu sering dibilang pembawa dampak negatif. Padahal, mereka saja yang tidak tau penggunaan yang tepat dalam bermedia sosial dan mendapatkan dampak positif yang tidak akan kamu sangka-sangka. Lantas, apa saja sih dampak positif media sosial? Kalau begitu, langsung saja simak ulasannya!

Advertisment

Dampak Positif Media Sosial Yang Jarang Orang Sadari

Advertisment

Perkembangan ilmu pengetahuan membawakan dunia pada era modernisasi, yang mana memperbaharui banyak aspek dalam berbagai industri. Salah satu diantaranya adalah industri digital dan komunikasi.

Media sosial memiliki kemampuan untuk menghubungkan informasi dengan pembaca dan memungkinkan arus informasi yang tak terbatas membanjiri ruang publik. Jika digunakan dengan benar, media sosial dapat memberikan manfaat yang baik bagi penggunanya.

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, media sosial merupakan “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Nah, kehidupan sosial masyarakat sendiri telah banyak dipengaruhi oleh keberadaan media sosial. Semua perubahan yang terjadi dalam suatu masyarakat mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk perubahan dalam interaksi sosial.

Selain itu, perubahan ini mempengaruhi nilai-nilai, sikap, dan perilaku di antara kelompok-kelompok masyarakat. Makanya tidak jarang kita menemukan, media sosial digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lansia. Hal ini membuktikan pengaruh media sosial sangatlah besar dalam menciptakan kebiasaan baru di zaman serba modern ini.

Berbicara soal dampak positif dari penggunaan media sosial, berikut adalah dampak positif media sosial yang jarang orang sadari. Diantaranya adalah:

Memudahkan Komunikasi Tanpa Batas Waktu dan Jarak

Zaman dulu, jarak dan waktu kerap menjadi penghalang untuk seseorang dapat berkomunikasi. Bagaimana tidak? komunikasi dengan cara bertukar surat saja perlu usaha dan biaya yang tidak sedikit, bahkan memerlukan beberapa hari untuk nantinya dapat saling berbalas pesan.

Sedangkan, di era modern ini, kita dapat berbalas pesan hanya bermodalkan jari. Bahkan dalam hitungan detik, pesan yang dikirim sudah bisa diterima oleh orang yang berada di luar negeri. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk komunikasi adalah WhatsApp.

Sarana Yang Mudah Untuk Mencari Informasi

Salah satu dampak positif media sosial lainnya adalah kemudahan dalam pencarian informasi. Sebelumnya, pencarian informasi cenderung terbatas dan memerlukan waktu yang relatif lebih lama, akan tetapi sekarang dengan media sosial, pencarian apapun menjadi lebih mudah dan cepat.

Ragam informasi dapat kamu peroleh hanya dengan berselancar di media sosial, mulai dari informasi seputar olahraga, politik, ekonomi, kesehatan, fashion, kecantikan, atau hiburan, dan lain-lain. Semuanya dapat kamu peroleh secara mudah dan gratis di media sosial hanya dengan scrolling.

Memfasilitasi Untuk Berbisnis Online

Media sosial tak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, akan tetapi dapat menjadi peluang bisnis secara online. Salah satunya adalah dalam pemasaran. Media sosial memungkinkan perusahaan untuk memasarkan produk dan jasa secara luas, meningkatkan loyalitas pelanggan, serta meningkatkan customer engagement.

Selain itu, media sosial juga dapat digunakan untuk melakukan storytelling, riset pasar, dan interaksi dengan pelanggan. Dengan demikian, media sosial berpeluang untuk digunakan bisnis, baik dengan skala kecil maupun besar.

Sebagai Sarana Hiburan

Para pengguna media sosial juga memanfaat hal ini sebagai sarana rekreasi atau hiburan, seperti halnya membuat vlog, menonton video lucu dan menghibur, saling share meme dengan orang terdekat, mengekspresikan diri melalui komen like atau share, mengikut akun dengan konten-konten menarik, mengikuti event atau livestreaming, ikut forum yang membahas topik-topik seru, maupun hal-hal lainnya yang dapat mengisi waktu luang.

Dampak positif media sosial yang kamu dapatkan tersebut, bisa mengurangi rasa bosan, jenuh, atau bahkan stress akibat urusan real life.

Namun, selalu ingat untuk tidak dilakukan secara berlebihan dalam waktu yang lama. Biasanya kalau udah scrolling-scrolling medsos, pasti bakal langsung lupa waktu.

Tempat Untuk Belajar Banyak Hal

Sebuah studi pada Journal of Educational Computing Research, menyatakan bahwa melalui media sosial, para pelajar dapat aktif belajar secara mandiri dan lebih kreatif sehingga kualitas pelajaran dapat semakin meningkat baik, entah itu dari segi pengetahuan maupun kualitas outputnya.

Selain itu, pemanfaatan sosial media untuk forum diskusi dan belajar bisa mengefektifkan sesi berbagai secara online. Bahkan, para pelajar dapat menikmati ragam konten yang menyajikan informasi atau wawasan secara menarik, sehingga tidak mudah bosan dalam belajar.

Mencari Relasi dan Kawan Baru

Fungsi media sosial sebagai media komunikasi memudahkan kita selaku pengguna untuk memperluas jejaring sosial. Saat ini, banyak orang berkenalan satu sama lain melalui media sosial. Mereka bahkan membuat komunitas dan bertukar pesan secara aktif. Perkenalan ini akhirnya menjadi hubungan yang baik untuk bisnis di kemudian hari. Uniknya, hubungan romantis saat ini juga sering dimulai dari media sosial.

Itulah beberapa dampak positif yang bisa kamu dapatkan dengan cara aktif bermedia sosial. Terlepas dari manfaat-manfaat baik yang dapat ditemukan dari media sosial, kamu juga harus tetap waspada terhadap pengaruh-pengaruh buruk dari penggunaan media sosial secara berlebihan.

Pada kasus tertentu, seseorang yang terlalu candu menggunakan media sosial dapat mengalami gejala halusinasi berlebihan akibat terlalu senang mendapat respon positif dari orang lain, meskipun konten yang dihadirkan tidak berdasarkan kenyataannya. Bahkan di beberapa tahap terburuknya, penggunaan media sosial secara berlebihan dapat menyebabkan stress, cemas, bahkan depresi.

Itulah beberapa dampak positif media sosial, yang mungkin dengan kamu mengetahui hal tersebut jadi bisa lebih baik dan bijak dalam penggunaan media sosial.

Jadi, berbijaklah dalam menggunakan media sosial agar pengalaman tersebut berdampak positif pada kehidupan kamu. So, Good Luck! Semoga bermanfaat.