5 Dampak Buruk Malas Bagi Kelangsungan Hidupmu

Nesiaverse.com – Merasa malas itu wajar, yang tidak wajar itu ketika rasa malas mulai mempengaruhi pada kualitas hidupmu. Dampak malas memang tidak akan terlihat begitu saja dalam waktu yang singkat. Tetapi, di suatu hari kamu dapat merasakannya dan ada begitu banyak hal yang akan kamu sesali nanti di masa depan.

Masih banyak orang diluar sana yang seringkali mengabaikan dampak buruk dari malas berkepanjangan, dan tidak sedikit juga orang-orang menyesali perbuatannya itu pada saat mereka bermalas-malasan. Setiap orang berhak menentukan jalan hidupnya, hanya saja jangan sampai rasa malas membawakanmu pada keterpurukan.

Lantas, apa saja sih dampak malas? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait dampak dari rasa malas yang berkepanjangan dan tidak segera diatasi. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Advertisment

Dampak Buruk Malas Bagi Kelangsungan Hidupmu

Advertisment

Malas merupakan sikap atau sifat yang sangat meresahkan. Bahkan untuk melawan rasa malas ini sungguh sulit dilakukan, memerlukan tekad dan keinginan yang kuat.

Mungkin untuk sebagian orang yang memiliki keinginan kuat atau motivasi yang mendorong mereka untuk mencapai sesuatu, masalah malas adalah hal yang sepele. Karena, tujuan dan motivasi mereka lebih besar, dibandingkan rasa malasnya.

Namun, tidak semua orang memiliki tekad dan mental yang kuat dalam menjalani atau mencapai suatu tujuan. Seperti halnya, kamu yang merasa tidak bersemangat, hilang motivasi, atau bahkan tidak menemukan tujuan hidup yang jelas, pastinya keinginan untuk bergerak atau melakukan sesuatu pun akan terasa berat dan malas.

Apa sih yang membuat kita seperti itu? Banyak faktor yang membuat mental seseorang breakdown hingga berujung pada kemalasan atau ketidakberdayaan untuk menjalankan aktivitas seperti biasa. Penyebabnya bisa dari faktor lingkungan atau keluarga, serta pola hidup dan kebiasaan kita sebelumnya yang sering menunda-nunda sesuatu sehingga membuat diri kita menjadi malas, bahkan jadi mudah putus asa.

Disinilah cikal bakal rasa malas tersebut jadi semakin berdampak buruk pada kehidupanmu. Kualitas hidup kian menurun, bahkan bersosial pun jadi semakin terhambat. Masih banyak lagi dampak buruk malas bagi kelangsungan hidupmu, seperti berikut dibawah ini, yaitu:

Kehilangan Banyak Peluang dan Waktu Jadi Terbuang Dengan Sia-Sia

Ketika berbicara persoalan dampak buruk dari malas bagi kelangsungan hidup, maka tidak dapat dipisahkan dari kehilangannya peluang serta waktu yang terbuang secara sia-sia. Rasa malas membuat kamu terbutakan oleh kenyamanan sesaat, terlena, lalu tenggelam di dalamnya, sampai kamu tidak menyadari bahwa hal tersebut dapat berpotensi untuk menghambat kemajuan kamu dalam mencapai tujuan hidup.

Misalnya, dalam konteks lingkungan kerja, rasa malas dapat mengakibatkan penurunan kinerja pegawai, yang pada gilirannya dapat memengaruhi kemajuan karir dan stabilitas finansial seseorang. Apalagi kita hidup di zaman yang mana teknologi berkembang begitu cepat dan pesat, besar kemungkinan kita akan tertinggal dan pada akhirnya akan berdampak pada kualitas hidup kita sebagai manusia modern.

Kesehatan Jadi Terganggu

Dilansir dari laman WHO, gaya hidup sedentary atau mager diidentifikasi sebagai salah satu dari sepuluh penyebab kematian terbesar di dunia. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) pada tahun 2008 menemukan bahwa kematian yang disebabkan oleh kebiasaan malas gerak dua kali lipat lebih banyak daripada kematian yang disebabkan oleh obesitas. Pola makan yang tidak seimbang dan kebiasaan tidak sehat seperti merokok serta minum alkohol meningkatkan kemungkinan mengalami masalah kesehatan yang lebih parah.

Tak hanya secara fisik, dampak buruk dari malas juga berakibat pada kesehatan mental kamu. Kamu cenderung dapat mudah merasa sedih dan gelisah jika tidak mendapatkan sinar matahari dan udara segar di luar. Bahkan mungkin kesulitan tidur, lebih parahnya insomnia. Saat bangun, kamu mungkin cenderung merasa lelah, pusing, atau kekurangan energi. Nah, sinar matahari dan udara segar inilah yang dapat membantu mengatasi persoalan tersebut, maka dari itu bergeraklah.

Mudah Merasa Insecure atau Tidak Percaya Diri

Dampak buruk dari malas selanjutnya adalah timbul rasa insecure dan tidak percaya diri. Ketika kamu merasa malas, hal itu dapat menghambat kamu dalam mengembangkan potensi diri, yang pada gilirannya dapat memicu timbulnya perasaan insecure.

Selain itu, rasa malas juga dapat membuat kamu kehilangan semangat dan menjadi tidak percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sering Merasa Tidak Berdaya dan Putus Asa

Rasa malas dapat berdampak buruk, termasuk dalam menimbulkan perasaan tidak berdaya dan putus asa. Ketika kamu terlalu sering merasa malas, hal ini tentunya dapat menurunkan produktivitas, menghambat perkembangan pribadi, dan mengurangi kualitas hidup kamu.

Rasa malas yang berlebihan dapat memicu timbulnya perasaan tidak puas akan potensi diri, yang kemudian dapat menyebabkan rasa insecure serta tidak percaya diri. Kondisi tersebut berpotensi terjadi ketika kamu terlalu malas untuk mengasah potensi diri, sehingga membuat kamu lebih sering membandingkan diri dengan orang lain dan merasa tidak mampu mencapai standar yang diinginkan. Pada akhirnya akan menimbulkan perasaan tidak berdaya dan putus asa.

Menjadi Kurang Produktif

Lebih sering bermalas-malasan tentu dapat berdampak buruk pada produktivitas diri kamu akibat menurunnya tingkat efisiensi dan kemampuan kamu dalam menyelesaikan tugas. Saat kamu terlalu sering merasa malas, hal ini dapat menghambat aliran ide, menyebabkan kehilangan kesempatan, dan mengurangi kualitas kerja.

Selain itu, rasa malas juga dapat menghambat perkembangan pada kepribadian kamu, sebab kurangnya motivasi untuk memperoleh pengalaman baru dan meningkatkan keterampilan pada bidang tertentu. Meskipun ada pandangan yang menyatakan bahwa rasa malas dapat membuat seseorang menerapkan “kerja cerdas” dan berpotensi meningkatkan kreativitas, namun sayangnya dampak negatifnya terhadap produktivitas jauh lebih besar ketimbang pandangan tersebut.

Itulah beberapa dampak malas yang perlu kamu waspadai, jika tidak ingin hidupmu jadi berantakan. Jangan selalu jadikan beban atas segala kewajiban atau hal-hal yang perlu kamu kerjakan. Cobalah untuk menyelesaikannya sedikit demi sedikit, dan mengatur kembali atau menata kembali apa yang akan menjadi tujuanmu nanti. Tetap semangat, dan good luck semoga membantu.

dampak malasmalas