Cucak Ijo yang Bagus Dari Daerah Mana?

Nesiaverse.com – Burung cucak ijo yang bagus dari daerah mana?Pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh sebagian orang dan mungkin termasuk kamu, nah untuk mengetahuinya bisa simak ulasan di bawah ini dengan baik.

Sampai sekarang ini sudah banyak sekali masyarakat yang memilih untuk memelihara burung sebagai hewan peliharaannya, selain itu juga masih banyak yang bertanya burung cucak ijo yang bagus dari daerah mana?

Untuk pertanyaan tersebut tentu saja menjadi salah satu hal penting harus diketahui juga, karena pasalnya burung cucak ijo yang memiliki habitat wilayah asalnya masing-masing, pada setiap dari wilayah tersebut yang memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda walaupun jenis burungnya sama.

Advertisment

Untuk penilaian burung cucak ijo yang biasanya dapat dilihat dari sudut pandang yang sangat luas, dapat dinilai dari segi fisiknya, gacorannya, dan masih banyak lagi yang lainnya, oleh karena itu untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Cucak Ijo yang Bagus Dari Daerah Mana?

Advertisment

Pastinya sudah tidak asing dengan burung cucak ijo terutama untuk para pecinta burung kicau, karena memang burung cucak ijo yang satu ini terkenal dengan memiliki suara kicau yang sangat merdu dan juga nyaring.

Bahkan tidak hanya itu saja burung cucak ijo juga memiliki bulu dengan warna dominan hijau yang menjadi daya tarik tersendiri, burung tersebut ternyata memiliki jenis-jenis yang ada seperti burung cucak ijo Banyuwangi, burung cucak ijo Kalimantan, burung cucak ijo rante hingga burung cucak ijo mini.

Pada setiap jenis burung kicau tersebut yang memiliki keistimewaan tersendiri baik itu dari kebiasaannya maupun dari suara kicaunya itu sendiri, suara kicauan burung cucak ijo yang mampu untuk menirukan suara dari jenis burung yang lainnya.

Pemilihan jenis burung cucak ijo yang pastinya pilih dengan memiliki ekspektasi tersendiri karena jenis burung tersebut yang mempunyai keunikan tersendiri, terlebih lagi mempunyai harga cucak ijo yang beragam juga.

Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Selanjutnya untuk burung cucak ijo yang bagus yaitu ada burung cucak ijo Banyuwangi yang berasal dari dari daerah Jawa Timur Banyuwangi, burung cucak ijo Banyuwangi yang memiliki harga tergolong cukup mahal dibandingkan dengan burung cucak ijo yang lainnya.

Burung cucak ijo Banyuwangi memiliki ciri khas warna yang dapat dibedakan langsung dari warna bulunya, dengan warna hijau yang sangat mencolok dan juga memiliki bentuk kepala lebih besar, untuk ciri-cirinya yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki bulu warna hijau yang lebih tajam dan jelas dibandingkan burung cucak ijo lainnya, tidak memiliki warna ke kuning-kuningan yang pada umumnya.
  • Sisiknya yang terlihat lebih besar pada saat berumur dewasa.
  • Memiliki ekor panjang dan melengkung dan terlihat lentur.
  • Pada saat ngetrok atau berbunyi jambulnya yang akan berdiri.
  • Memiliki bentuk tubuh terlihat melengkung.

Burung Cucak Ijo Sumatra

Burung cucak ijo Sumatra merupakan salah satu cucak ijo yang bagus yang bisa ditemukan dari daerah Kalimantan dan Banyuwangi, tetapi ada juga yang terdapat dari Sumatera, untuk harga burung cucak ijo Sumatra yang tergolong murah.

Tetapi untuk bisa mengeluarkan suara kicauan yang terbaik harus melakukan perlakuan dan perawatan khusus sehingga membuat burung cucak ijo sumatra berkualitas, untuk ciri-ciri burung cucak ijo sumatra antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki suara kicauan yang variatif.
  • Pada saat melakukan ngentrok jambulnya akan berdiri tegak.
  • Di Atas kepala terdapat warna kuning
  • Memiliki bentuk ekor terlihat kaku dan tidak panjang
  • Postur tubuh yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan burung cucak ijo lainnya.
  • Memiliki warna hijau kekuning-kuningan.
  • Terdapat warna biru di bagian paruh bawah dan pipinya.
  • Panjang tubuhnya sedang.

Burung Cucak Ijo Kalimantan

Burung cucak ijo Kalimantan atau Rantai yang tersebar di Sumatera dengan memiliki ciri-ciri yang mudah dibedakan dibandingkan dengan burung cucak ijo yang lainnya, dengan memiliki warna kuning pada bagian kepala, hitam bagian pipi hingga pematuk bagian bawah, warna hijau bagian dada dan juga warna biru bagian atas dan sayap.

Namun selain itu burung cucak ijo rante juga yang memiliki ciri-ciri lainnya seperti:

  • Memiliki suara kicau yang bervariatif.
  • Suara kicau yang merdu.
  • Warna kaki abu-abu sedikit kebiruan.
  • Memiliki bentuk tubuh kecil.

Burung Cucak Ijo Mini

Burung cucak ijo mini merupakan cucak ijo yang bagus yang terakhir dengan memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan burung cucak ijo lainnya, tetapi secara keseluruhannya tidak berbeda jauh dengan burung cucak ijo Kalimantan.

Untuk ciri-ciri burung cucak ijo mini yang lebih jelasnya yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki suara kicau yang tidak konsisten, terkadang keras dan terkadang pelan.
  • Memiliki suara kicau lebih nyaring dan merdu dibandingkan jenis burung cucak ijo lainnya.
  • Memiliki suara kicau bervariatif.
  • Warna bulu hijau terlihat gelap atau terlihat hijau matang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis burung cucak ijo yang bagus dan berasal burung tersebut, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

cucak ijo